Perusahaan Ingin Sukses? Wajib Pahami Analisis SWOT Bisnis

August 15, 2023
Category: Business

perusahaan juga amat ditentukan oleh strategi pemasaran yang tepat. Misalnya saja mengidentifikasi target pasar yang paling relevan, mengenali segala kelebihan dan keterbatasan produk, mengantisipasi potensi hambatan bisnis, serta menggali peluang-peluang yang bisa digunakan untuk mengembangkan usaha.

Guna mengetahui seluruh hal tersebut, Anda perlu mengetahui apa saja kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman bagi perusahaan. Di sinilah peran analisis SWOT bisnis sangat diperlukan. Untuk itu, mari pahami lebih dalam mengenai analisis SWOT bisnis di artikel ini. 

Apa Itu Analisis SWOT?

Analisis SWOT yang merupakan singkatan dari kekuatan (Strengths), kelemahan (Weaknesses), peluang (Opportunities), dan ancaman (Threats) ialah sebuah pendekatan strategis yang memungkinkan bisnis untuk mengevaluasi faktor internal dan eksternal berkaitan dengan kinerja.  Melalui identifikasi kekuatan dan kelemahan internal, serta peluang dan ancaman eksternal, bisnis dapat mengambil langkah-langkah yang tepat untuk merancang strategi yang tepat. 

Manfaat Analisis SWOT

  1. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik

Analisis SWOT membantu manajemen dalam mengambil keputusan strategis yang lebih baik. Dengan mengetahui kekuatan yang bisa dimaksimalkan, kelemahan yang harus diatasi, peluang yang bisa dimanfaatkan, dan ancaman yang harus dihadapi, perusahaan dapat merencanakan tindakan yang lebih efektif.

  1. Pengembangan Strategi

Analisis SWOT membantu mengembangkan strategi bisnis yang lebih tepat. Perusahaan dapat menggunakan informasi ini untuk memanfaatkan peluang yang relevan, meminimalkan dampak dari ancaman yang mungkin muncul, memanfaatkan kekuatan internal, dan mengatasi kelemahan.

  1. Pemantauan Kinerja

Analisis SWOT bisa menjadi dasar pemantauan kinerja perusahaan. Dengan mengevaluasi secara berkala bagaimana perusahaan mengatasi kelemahan dan ancaman, serta memanfaatkan kekuatan dan peluang, manajemen dapat mengukur sejauh mana keberhasilan strategi dan tindakan yang diambil.

  1. Pemahaman Pasar

Analisis SWOT juga membantu perusahaan memahami posisi kompetitif di pasar, mulai dari mengidentifikasi cara-cara untuk membedakan diri dari pesaing hingga mengantisipasi perubahan di lingkungan bisnis. Tak hanya itu, analisis SWOT turut membantu perusahaan untuk mengenali tren pasar yang sedang berlangsung. Dengan begitu, perusahaan dapat mengadaptasi strategi untuk memanfaatkannya.

  1. Perencanaan Krisis

Dengan mengidentifikasi ancaman potensial melalui analisis SWOT, perusahaan dapat merencanakan respon dan strategi untuk menghadapi situasi krisis jika diperlukan.

Tujuan Analisis SWOT

  1. Mengetahui Kekuatan Perusahaan

Dengan melakukan analisis SWOT, Anda dapat mengidentifikasi dan memanfaatkan kekuatan dan keunggulan perusahaan guna mendorong kemajuan lebih lanjut.

  1. Menggali Kelemahan

Menganalisis kelemahan yang ada dalam perusahaan dapat meminimalisasi potensi kerugian.

  1. Mencari peluang

Analisis SWOT sangat berguna dalam merenungkan peluang yang terbuka di lingkungan bisnis. Hal ini membantu perusahaan untuk mengambil tindakan yang tepat waktu demi kelangsungan dan penerimaan di pasar.

  1. Mengantisipasi ancaman

Melalui analisis SWOT, Anda dapat mengantisipasi dan merencanakan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk menghindari dampak negatif.

Langkah untuk Melakukan Analisis SWOT

  1. Bentuk Tim Analisis

Bentuk tim atau kelompok yang terdiri dari individu-individu yang memiliki pemahaman yang kuat tentang organisasi dan lingkungan bisnis. Pastikan pula kelompok yang dibentuk juga mencakup berbagai perspektif, sehingga analisis dapat lebih holistik. 

  1. Identifikasi Kekuatan dan Kelemahan Internal

Langkah pertama dalam analisis SWOT adalah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan yang melekat dalam organisasi. Perhatikan faktor-faktor seperti sumber daya, kompetensi inti, infrastruktur, dan aspek lain yang memengaruhi performa organisasi.

  1. Identifikasi Peluang dan Ancaman Eksternal

Sesudah mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan internal, saatnya memusatkan perhatian pada peluang dan ancaman dari lingkungan eksternal. Tinjau pula tren industri, dinamika pasar, perkembangan teknologi, perubahan regulasi, serta faktor-faktor lain yang bisa memberikan peluang atau menimbulkan risiko bagi perusahaan.

  1. Evaluasi dan Analisis

Langkah selanjutnya melibatkan evaluasi mendalam terhadap faktor-faktor yang telah diidentifikasi. Tidak hanya mengevaluasi setiap elemen secara terpisah, tetapi juga menganalisis bagaimana kekuatan dan kelemahan internal dapat memengaruhi peluang dan ancaman eksternal.

  1. Buat Strategi dan Rencana Aksi

Gambarkan bagaimana organisasi akan memanfaatkan kekuatan, mengatasi kelemahan, memanfaatkan peluang, dan merespons ancaman. Berprioritaslah dalam menentukan tindakan yang harus diambil dan pastikan rencana tersebut realistis dengan mempertimbangkan sumber daya yang ada.

Langkah untuk Mengubah Hasil Analisis Menjadi Strategi Konkret

  1. Menggunakan Kekuatan untuk Memanfaatkan Peluang

 Identifikasi bagaimana kekuatan perusahaan dapat dimanfaatkan untuk mengambil peluang yang ada di pasar. Misalnya, jika kekuatan perusahaan adalah produk berkualitas tinggi, maka strategi bisa berfokus pada memasarkan produk ini secara lebih agresif untuk mencapai pangsa pasar yang lebih luas.

  1. Mengatasi Ancaman dengan Kekuatan

Evaluasi kekuatan perusahaan yang dapat digunakan untuk mengatasi atau mengurangi dampak dari berbagai ancaman. Jika perusahaan memiliki kemampuan inovasi yang kuat, strategi dapat difokuskan pada pengembangan produk baru atau peningkatan produk yang sudah ada untuk menghadapi persaingan.

  1. Menyusun Daftar Tindakan

Berdasarkan analisis SWOT, buatlah daftar tindakan yang perlu diambil. Tindakan ini harus spesifik, terukur, dapat dicapai, dan relevan. Misalnya, jika ada peluang untuk memperluas pasar ke segmen baru, tindakan bisa termasuk riset pasar, pengembangan produk khusus, dan strategi pemasaran khusus.

  1. Penjadwalan dan Penetapan Sasaran

Setelah memiliki daftar tindakan, susunlah rencana jadwal pelaksanaannya. Tentukan apa yang ingin dicapai dalam setiap bulan atau periode tertentu. Misalnya, bulan pertama bisa berfokus pada riset pasar, bulan kedua pada pengembangan produk, dan seterusnya. Juga, tetapkan sasaran yang ingin dicapai dalam setiap periode untuk mengukur kemajuan.

  1. Prioritaskan dan Jadwalkan

Tetapkan prioritas untuk setiap tindakan berdasarkan dampaknya dan ketersediaan sumber daya. Beberapa tindakan mungkin harus diutamakan karena urgensi atau potensi hasilnya yang lebih besar. Setelah itu, jadwalkan tindakan tersebut dalam kalender perusahaan.

  1. Implementasi dan Pemantauan

Jalankan rencana tindakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan. Selama pelaksanaan, pantau perkembangan dan hasil yang dicapai. Jika diperlukan, lakukan penyesuaian terhadap strategi atau tindakan berdasarkan informasi baru yang muncul.

Analisis SWOT Bisnis Anda Secara Matang di Sini

Dalam menjalankan analisis SWOT bisnis tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan dan dipelajari. Tak perlu khawatir, Anda bisa mempelajarinya bersama para ahli di bidang kepemimpinan dalam program Mini MBA yang merupakan kolaborasi antara Kuncie dan SBM ITB. 

Program ini berfokus pada keterampilan bisnis dengan memperkenalkan aspek-aspek dasar mengelola perusahaan dan memahami pentingnya kemampuan beradaptasi terhadap setiap perubahan dalam fungsi-fungsi perusahaan yang menunjang strategi bisnis perusahaan. Tunggu apalagi? Buatlah bisnis Anda sukses bersama Kuncie Executive Mini MBA General Management by SBM ITB!

Referensi :

https://www.talenta.co/blog/analisis-swot/#:~:text=Analisa%20atau%20analisis%20SWOT%20adalah%20merupakan%20teknik%20atau%20metode%20perencanaan,dalam%20suatu%20proyek%20atau%20bisnis.  https://blog.skillacademy.com/analisis-swot-pengertian-tips-dan-contoh  https://www.jurnal.id/id/blog/2017-manfaat-faktor-yang-memengaruhi-dan-contoh-analisis-swot/ 

Artikel Terkait

Komentar