P

erkembangan teknologi membawa banyak kemudahan dan keuntungan bagi bisnis, khususnya dalam pengembangan produk. Salah satu teknologi yang mengubah arah bisnis tersebut adalah 3D design. Teknologi 3D yang umumnya dikenal lewat film animasi bisa dimanfaatkan dalam pengembangan produk. Melalui desain 3D inilah, sebuah produk dirancang.

Apa Itu Desain 3D dan 3D Modelling?

Dalam dunia desain, gambar desain umumnya ditampilkan dalam bentuk 2D. Desain yang terlihat flat dan tidak bervolume merupakan salah satu cirinya. Ini berbeda dengan foto. Selain terlihat lebih realistis, foto hasil jepretan juga punya dimensi. Antara spektrum desain 2D dan foto, bisa dikatakan desain 3D berada di tengah-tengahnya.

Desain 3D memiliki tampilan khas desain 2D yang “artifisial” sepenuhnya. Akan tetapi, desain 3D memiliki dimensi yang membuatnya terlihat memiliki volume layaknya objek-objek yang ada di dunia nyata. Jika desain 3D berbicara mengenai objeknya, 3D modelling adalah proses pembuatannya. Proses pembuatan desain 3D tidak hanya menitikberatkan pada bentuk visualnya saja.

bootcamp desain grafis

Mulai dari ukuran hingga tekstur, hal-hal semacam ini juga menjadi komponen penting dalam pembuatan desain 3D. Orientasi pada detail ini membuat desain 3D terlihat lebih hidup. Namun karena tingkat kerumitan yang tinggi, desain 3D membutuhkan software 3D design dalam pembuatannya.

Apa Bedanya 2D dan 3D

Membedakan desain 2D dengan 3D sebenarnya tidak sulit. Saat dilihat, umumnya orang bisa langsung membedakan mana desain 2D dan mana desain 3D. Namun untuk lebih jelasnya, berikut perbedaan antara desain 2D dan 3D

  1. Dimensi

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, perbedaan paling mendasar antara 2D dan 3D bisa dilihat dari dimensinya. Hal ini sesuai dengan namanya, yakni 2 dimensi dan 3 dimensi. Dengan jumlah dimensi yang lebih banyak, objek 3D memiliki volume layaknya objek di dunia nyata.

Ini berbeda dengan objek 2D yang cenderung terlihat lebih flat atau rata. Komponen dalam desain 3D jauh lebih banyak. Selain bentuk, desain 3D juga memiliki kontras, bayangan dan kedalaman. Itulah kenapa desain 3D terlihat lebih hidup.

  1. Proses Pembuatan

Dalam konteks proses pembuatan, desain 2D cenderung lebih simpel jika dibandingkan desain proses pembuatan desain 3D. Secara garis besar, proses pembuatan desain 2D terbagi menjadi dua tahapan, yakni proses desain dan ekspor hasil desain.

Di sisi lain, desain 3D memiliki tahapan yang lebih panjang. Proses pembuatan dimulai dari modelling, pembuatan layout dan diakhiri dengan rendering. Jenis software yang digunakan juga berbeda. Jika desain 2D menggunakan software vector editor, seperti adobe illustrator ataupun Corel Draw, desain 3D dibuat dengan software 3D modelling, seperti Blender dan Autodesk.

Pemanfaatan Desain 3D dalam Pengembangan Produk

Sebelum masuk ke proses produksi, perusahaan biasanya akan membuat desain prototipenya terlebih dahulu. Namun untuk memperoleh gambaran yang lebih realistis, desain 2D jelas tidak mampu mengakomodasi kebutuhan tersebut. Di sinilah peran desain 3D.

Tampilan desain yang sudah 3 dimensi memberi sudut pandang yang lebih kaya. Desain dapat dilihat dari berbagai sudut. Selain tampak samping dan atas, sudut pandang juga dapat diputar 360 derajat.

Dengan desain 3D, desainer produk dapat mendemonstrasikan bentuk, ukuran dan spesifikasi produk yang akan dibuat. Berangkat dari sini, perusahaan dapat mengevaluasi beberapa hal penting, seperti detail produk, biaya produksi hingga konsep perancangan produknya.

Keuntungan Menggunakan Desain 3D dalam Pengembangan Produk

Pemanfaatan desain 3D dalam pengembangan produk sebenarnya sudah banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar. Hal ini tidak terlepas dari keuntungan yang ditawarkan. Dengan desain 3D, perusahaan bisa memperoleh banyak keuntungan berikut ini.

  • Mempercepat Proses Pembuatan Prototipe

Salah satu pemanfaatan desain 3D dapat dilihat dalam pembuatan prototipe produk. Misalnya saja dalam industri mobil. Sebelum mulai memproduksi mobil model baru, perusahaan akan membuat desainnya dalam format 3D terlebih dahulu.

Setelah itu, barulah prototipe mobil diwujudkan dalam bentuk yang lebih nyata. Sebelum ada desain 3D, pembuatan model prototipe biasanya dilakukan dengan tangan atau sketsa. Cara seperti ini jelas memakan banyak waktu. Dengan software 3D, proses pembuatan model 3D jadi lebih cepat.


  • Membantu Menemukan Spesifikasi yang Tepat

Salah satu tantangan terbesar dalam mengembangkan produk adalah menemukan spesifikasi yang tepat. Seperti apa bentuk produknya? Berapa ukuran dan seperti apa teksturnya? Hal-hal seperti ini sering kali sulit untuk dirumuskan.

Desain 3D membantu proses tersebut berjalan lebih cepat. Dengan model 3D, perusahaan bisa mendapatkan gambaran lebih jelas terkait bentuk dan ukuran suatu produk. Lebih jauh lagi, perusahaan juga bisa menentukan bahan yang sekiranya cocok untuk membuat produk tersebut.

  • Meminimalisir Kesalahan

Harga untuk sebuah kesalahan bisa sangat mahal, terlebih dalam industri manufaktur. Bahkan kesalahan sederhana seperti salah menempatkan lubang baut dalam rangka mobil bisa berakibat sangat serius.

Dengan 3D modelling, kejadian seperti ini bisa diminimalisir. Perusahaan bisa memeriksa kembali apakah ada yang salah pada desain 3D yang dibuat. Jika sudah yakin tidak ada yang salah, proses produksi bisa dimulai.


Desain 3D telah mengubah banyak hal ke arah yang lebih baik. Mengingat semua keuntungan yang ditawarkan, rasanya sayang jika diabaikan. Untuk itu, buat kamu yang memiliki bisnis, tentu akan sangat menguntungkan bila kamu bisa memanfaatkan teknologi 3D untuk membantu mengembangkan produk dan mendorong bisnismu lebih maju.

Selain itu, tentu saja bila kamu ingin mengembangkan bisnis yang kamu jalani, maka kamu membutuhkan berbagai tips bisnis lainnya. Nah, kamu bisa dapatkan berbagai rahasia sukses untuk bisnis bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!

Referensi:

glints.com/id/lowongan/desain-3d/#.YdQVlhPP1hA

fomustudio.com/manfaat-3d-printing/

idseducation.com/sekilas-tentang-3d-modelling-yang-perlu-kamu-tahu/

dlm.co.id/en/magazine/7/an-importance-of-3d-design-in-manufacturing

Diakses pada: 27 Januari 2022




Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All