Apa yang ada di benakmu kalau mendengar kata “kopi”? Secangkir kehangatan di pagi dan sore hari yang cocok untuk menemanimu berkontemplasi, minuman dingin yang dapat membantumu menjadi lebih fokus dalam berkreasi, suasana ceria dikelilingi keluarga dan teman tersayang, atau malah sumber ide dan peluang? Apa pun jawabannya, kopi memiliki makna tersendiri bagi penikmatnya.

Seiring dengan meningkatnya popularitas kopi di Indonesia, sebagian besar kalangan masyarakat menjadikan minuman berkafein ini sebagai bagian dari gaya hidup, bahkan menjadi kebutuhan sehari-hari. Mulai dari kopi instan dalam kemasan yang harganya terjangkau hingga segelas besar kopi dengan harga yang cukup menguras kantong, masing-masing punya penggemarnya tersendiri.

Namun, tahukah kamu bahwa terdapat beberapa alat dasar yang dapat membantumu meracik kopi menjadi lebih nikmat? Apa saja, ya? Yuk, simak bahasannya di artikel berikut ini! 

Mau Jadi Barista Profesional?

mini mba indonesia

Yuk ikutan Komplit Coffee Academy bersama Kak Almira Marcelani. Wujudkan impianmu menjadi barista profesional sekarang juga!

Daftar Sekarang!

Alat-Alat Dasar Untuk Meracik Kopi

  1. Coffee Grinder

Ini adalah alat penggiling biji kopi dengan kadar kehalusan tertentu untuk menghasilkan rasa dan aroma yang khas. Secara umum,  jenisnya ada dua, yaitu manual dan otomatis.

COFFEE GRINDER
Grinder manual & elektrik. Sumber: grosche.ca
  • Grinder Manual

Grinder jenis ini biasa digunakan untuk pencinta kopi yang suka dengan aroma khas dan tradisional. Fungsinya kurang lebih menggantikan proses penggilingan atau penumbukan kopi secara tradisional. Dengan alat ini, kamu tidak perlu mengeluarkan energi berlebih dibandingkan dengan menumbuk.

Aroma dan kesegaran kopi dapat kamu rasakan saat proses penggilingan. Alat ini cocok untuk menghaluskan kopi dalam jumlah yang tidak terlalu banyak.

  • Grinder Otomatis

Grinder ini dapat menggiling biji kopi dengan lebih cepat. Kamu tidak butuh waktu lama untuk menikmati secangkir kopi dengan aroma yang menggoda selera. Tentunya ini cocok untuk kamu yang ingin menghemat waktu terutama di pagi hari.

Dibandingkan dengan grinder manual, penggiling jenis ini dapat menggiling biji kopi dengan jumlah lebih banyak. Pas sekali untuk momen ngopi bersama keluarga atau tamu.

Penggunaannya praktis sekali. Cukup tekan satu tombol, kopi bisa tergiling dengann sempurna dan siap diolah. Suara mesinnya mungkin cukup mengganggu bagi sebagian orang, tetapi terbalaskan dengan hasil gilingan yang halus dan konsisten.

Beberapa jenis grinder otomatis juga memungkinkan kamu untuk memilih tingkat kehalusan hasil gilingan baik halus, medium, atau pun agak kasar. Kamu bisa mengkreasikan cita rasa dan aroma sesuai seleramu sendiri.

  1. Timbangan

Meracik kopi yang nikmat adalah perpaduan dari seni dan pengetahuan. Karenanya, dibutuhkan perhitungan yang presisi untuk mendapatkan formula yang menghasilkan seduhan kopi terbaik.

Selain teknik penyeduhan, akurasi perbandingan komposisi dalam racikan kopi dapat menghadirkan hasil yang mendekati sempurna. Di sini, timbangan berfungsi untuk menakar dengan tepat setiap bahan mulai dari kopi, air, gula, susu, sirup, dan komponen lainnya.

Dengan timbangan, kamu pun dapat memprediksi jumlah porsi yang bisa disajikan dari stok kopi yang kamu miliki.

  1. Teko

Alat yang satu ini digunakan untuk menyeduh kopi dengan air panas secara manual.

Teko atau kettle untuk meracik kopi berbeda dengan teko untuk menyeduh teh, apalagi teko rumahan. Lehernya panjang seperti leher angsa sering dikenal dengan gooseneck kettle. Gagangnya ergonomis dan bisanya memiliki variasi desain yang beragam. Ujung leher dibuat runcing untuk seduhan kopi yang lebih presisi.

Belakangan ini, seiring dengan tren konsumsi kopi yang makin berkembang, desain teko juga dibikin semenarik mungkin karena bisa dibilang teko adalah salah satu atribut yang menjadi bagian dari aura seorang barista saat menyeduh kopi.

  1. Termometer

Menyeduh kopi secara manual dapat dilakukan dengan beberapa teknik. Ada yang menggunakan konsep suhu 89° hingga 90°C, ada juga yang 91° sampai 96°C. Lebih dari itu, tidak dianjurkan karena dapat merusak rasa, aroma, hingga kaslian rasa kopi.

Bagi sebagian peracik kopi yang sudah ahli, mungkin pengukuran suhu ini bisa dikira-kira berdasarkan pengalaman, tapi bagi yang awam atau baru belajar, rasanya sulit, ya? Karena itu, kita memerlukan alat ukur suhu berupa termometer untuk membantu mengukur suhu air panas yang tepat demi menciptakan kreasi seduhan kopi dengan cita rasa tertentu.

  1. Coffee Filter

Selain sangat berguna untuk membuat kopi tanpa ampas, alat yang satu ini dapat memberikan hasil akhir berupa aroma dan rasa yang lebih kompleks. Biasanya juga akan terasa lebih ringan di mulut, tidak begitu pahit seperti espresso. Cocok untuk menyeduh kopi dengan cita rasa lebih lembut.

Jenis Alat Peracik Kopi

Ada banyak metode pembuatan kopi. Tiap metode butuh alat yang berbeda pula. Berikut beberapa di antaranya:

  • V60

Digunakan untuk membuat kopi dengan metode pour over. Alat seduh kopi satu ini memiliki bentuk kerucut pada bagian bawahnya dan akan mengalirkan kopi yang sudah disaring oleh kertas filter.

Kopi yang dihasilkan dari V60 akan lebih menonjolkan rasa, tapi lebih bersih karena tidak ada minyak dan waktu kontak dengan kopinya juga singkat.

v60
v60
  • Vietnam Drip

Alatnya seperti gelas kecil dan di dalamnya terdapat saringan. Gelas tersebut diletakkan pada mulut cangkir dan kopi diseduh pada bagian dalamnya. Kopi akan menetes perlahan ke cangkir yang ada sesuai dengan Namanya, drip.

Rasio yang umum digunakan untuk vietnam drip ini biasanya 1:10 sampai 1:15 dengan temperatur air berkisar 96°C. Ekstraksi yang baik ditandai dengan tetesan kopi yang terpusat di satu titik.

vietnam drip
Vietnam drip

  • French Press

Alat ini dilengkapi dengan wadah dan saringan yang disebut plunger. Cara menggunakannya cukup  dengan menyeduh kopi seperti biasa pada wadah dan diamkan beberapa menit. Setelah itu, tekan plunger secara perlahan agar ampas kopi tertekan ke dasar wadah.

Metode penyeduhan dengan french press dapat dibilang cukup mudah, tetapi tidak jarang hasil akhirnya kurang memuaskan bagi pemula karena kurang tepat dalam menentukan jenis bubuk kopi, rasio, dan suhu air. Hal ini yang membuat karakter rasa pahit dan kesan kopi yang berminyak jadi lebih terangkat. Padahal, ada ilmunya loh.

french press
french press

  • Pod

Nah, ini berupa mesin canggih yang perlu kamu sambungkan ke listrik. Bubuk kopi yang digunakan biasanya sudah dikemas dalam bentuk semacam kapsul. Dengan penggunaan alat dan teknik ini, kesegaran dan konsistensi kopi lebnih terjaga karena terlindung dari dari udara dan cahaya. Kamu hanya perlu menyambungkan alatnya ke listrik, masukkan kopi, pencet tombol, tunggu sebentar, jadi deh!

coffee pod
Coffee pod



  • Coffee maker

Ini adalah mesin yang biasa kamu temukan di coffee shop. Coffee maker ini juga banyak jenisnya, mulai dari yang sederhana hingga yang cukup lengkap dan kompleks. Biasanya tersedia pilihan manual dan otomatis. Untuk menggunakannya, kamu perlu mengikuti buku petunjuk yang tersedia agar dapat menghasilkan seduhan kopi sesuai keinginan.

coffee machine
Coffee Maker

Ada bermacam-macam alat pembuat kopi dengan fungsi yang berbeda dan teknik penyeduhan yang masih bisa banget dipelajari agar kamu dapat meracik minuman persahabatan yang satu ini secara lebih nikmat. Kalau kamu penasaran atau ingin belajar sampai bisa jadi ahli, jangan ragu untuk ikut bootcamp barista bareng Kuncie, ya!

Posted 
Oct 18, 2022
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All