M

erintis bisnis di era digital seperti sekarang jelas memiliki tantangan yang tidak mudah. Meskipun begitu, jika kamu mampu memulai bisnis dengan cermat, berbagai proses selanjutnya tentu akan menjadi lebih mudah. Ada banyak opsi bisnis digital yang bisa kamu geluti untuk mendapatkan penghasilan menjanjikan.

Jika sudah memiliki niatan untuk mempunyai bisnis digital, langkah selanjutnya adalah melakukan riset sederhana untuk menelusuri ide bisnis apa yang menarik untuk dilakukan. Kamu bisa mulai menelusuri minat atau hobi apa yang kamu kuasai dengan baik, atau bisa juga melalui tren apa yang sedang ramai di tengah masyarakat.

Dari situ, kamu tinggal memoles ide bisnis digital tersebut dengan kreativitas yang kamu miliki supaya menarik perhatian pasar. Karena ini adalah bisnis digital, memasarkan usaha kamu pun menjadi jauh lebih mudah yaitu tinggal melalui media sosial, marketplace, hingga forum-forum online. Layak untuk dicoba, bukan?

Pasar yang tanpa batas juga menjadi salah satu alasan kenapa hal ini sedang menjadi di tren. Pasalnya, kamu bisa memasarkan bisnis untuk siapa saja tanpa terhalang letak geografis, bahkan sampai ke luar negeri sekalipun. Kelebihan bisnis digital lainnya adalah sifat teknologi yang dinamis. Karena teknologi terus berubah, bisnis digital mempunyai peluang jangka panjang yang sangat menjanjikan.

Di tengah masyarakat sudah banyak sekali contoh bisnis digital yang terbukti bisa menghasilkan omset menjanjikan. Berikut ini lima ide bisnis digital yang bisa kamu coba:

  • Pembuatan Website

Profesi pembuat website atau website developer menjadi salah satu pekerjaan yang terkenal belakangan ini. Upah yang relatif tinggi dengan jam kerja fleksibel menjadi alasan kenapa profesi ini kerap diincar banyak anak muda. Lapangan pekerjaan yang mencari web developer pun sangat banyak.

Web developer merupakan profesi yang memungkinkan mereka membuat website. Web developer menguasai cara membikin website dari awal seperti menulis kode, sampai memastikan website bisa memenuhi apa yang dibutuhkan penggunanya.

Web developer membikin website secara menyeluruh, dan tidak menutup kemungkinan mendesain website juga supaya memudahkan pengguna dalam mengoperasikannya. Karena tugas-tugas tersebut juga terkadang tidak memungkinkan untuk dilakukan oleh satu orang, perusahaan biasanya membagi posisi web developer menjadi backend dan frontend.

  • Desain Grafis

Ini adalah salah satu profesi yang tidak termakan jaman karena sudah ada sejak lama dan masih dibutuhkan sampai saat ini. Desain grafis menjadi salah satu profesi bisnis digital yang memiliki prospek sangat menjanjikan lantaran konsumennya luas.

Konsumen di sini bukan saja perorangan yang membutuhkan desain secara pribadi, melainkan juga yang berskala masif seperti perusahaan. Yang perlu kamu perhatikan saat merintis bisnis digital seperti ini adalah membuat portfolio yang bisa menarik calon klien.

  • Content Creator

Apabila sejak lama gemar dan memiliki hobi membuat video, tidak ada salahnya melirik content creator sebagai profesi yang digeluti. Sekarang sudah banyak platform yang bisa mengakomodasi video yang kamu buat seperti YouTube hingga Instagram.

Salah satu kunci penting untuk menjadi content creator adalah konsistensi. Setelah  berhasil konsisten membuat video yang berkualitas, orang-orang akan datang dengan sendirinya untuk melihat video yang kamu buat. Pendapatan seorang content creator pun tidak main-main, sehingga profesi ini menjadi impian dari banyak anak muda.

  • Toko Online

Salah satu bisnis digital yang paling sederhana ialah dengan membuka toko online. Kamu bisa menjual produk yang kamu punya di banyak kanal seperti, marketplace, media sosial, e-commerce, atau website sendiri.

Yang perlu kamu lakukan adalah menentukan produk mana yang mau kamu pasarkan dan cari keunikan dari produk tersebut agar berbeda dari produk yang sudah ada di pasaran. Memiliki website sendiri juga tidak kalah penting untuk membangun brand identity yang positif dan dipercaya calon konsumen.

Kamu juga bisa memilih apakah mau menjadi reseller, supplier, atau dropshipper. Jenis model bisnis yang bisa kamu pilih juga sangat beragam seperti B2B (business to business), B2C (business to consumer), dan C2C (consumer to consumer).

  • Blogger

Sama halnya seperti profesi desain grafis, blogger juga sudah ada cukup lama karena skillset yang dimiliki seorang blogger tidak termakan waktu. Sudah banyak figur terkenal yang dahulunya adalah seorang blogger seperti Raditya Dika, Soleh Solihun, dan lain-lain. Kamu bisa mulai menulis mengenai hobi atau apa pun yang menurut kamu layak untuk ditulis.

Selain itu, apabila sekarang kamu sudah memiliki blog, pastikan lagi tulisan-tulisan atau konten di dalam blog kamu menarik untuk dibaca dan bisa menarik pengunjung baru. Setelah itu, kamu bisa menyediakan ruang khusus dalam blog untuk iklan supaya bisa menghasilkan pendapatan.

Bisnis digital menjadi salah satu jenis usaha yang sedang ramai digeluti karena kemudahannya, bahkan dengan modal awal yang relatif rendah. Yang kamu perlukan untuk memulai bisnis digital adalah kreativitas supaya mampu bersaing di tengah derasnya persaingan.

Lima ide bisnis di atas bisa menjadi pilihan buat kamu yang ingin memiliki dan membangun bisnis. Walaupun modalnya relatif rendah, tapi bukan berarti ide-ide bisnis digital diatas kurang menguntungkan. Sebaliknya, kalau kamu menjalankannya dengan tepat, bukan mustahil kamu bisa mendapatkan keuntungan yang besar.

Nah, dalam merencanakan atau membangun bisnismu sendiri, tentu kamu perlu memperkaya wawasan dan skill dalam berbisnis! Dalam hal ini, kamu bisa dapatkan beragam tips dan rahasia sukses dalam berbisnis bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!


Referensi:

beritasatu.com/digital/864829/peluang-bisnis-digital-kian-menjanjikan-di-masa-depan

toffeedev.com/blog/apa-itu-bisnis-digital/

universalbroker.co.id/bisnis-digital-adalah/

redcomm.co.id/knowledges/bisnis-digital-wajib-anda-coba

accurate.id/bisnis-ukm/bisnis-digital/

Diakses pada: 3 Januari 2021


Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All