I

ndustri fashion sudah dianggap sebagai salah satu ladang bisnis yang paling menguntungkan. Sama halnya dengan makanan, manusia akan selalu membutuhkan pakaian. Seiring dengan perkembangan zaman, cabang-cabang bisnis baru yang berakar dari bisnis fashion pun bermunculan.

Sebagian besar cabang bisnis fashion tersebut masih belum banyak digarap. Entah karena masih belum teruji atau belum terpikirkan, hanya segelintir orang yang mampu menangkap peluang tersebut. Masih ada banyak ruang yang bisa digarap. Jika kamu tertarik dengan bisnis fashion, ide-ide bisnis berikut ini bisa jadi bahan inspirasi.


  1. Fashion Designer

Bagi kamu yang memiliki daya imajinasi tinggi dan sangat mencintai dunia fashion, profesi yang satu ini mungkin cocok untuk kamu. Fashion designer merupakan jenis pekerjaan yang membutuhkan kreativitas dan kemampuan berpikir kritis, khususnya kritis dalam menangkap tren dan selera pasar.

Kemampuan desain juga dibutuhkan untuk menekuni profesi fashion designer. Meski sekolah fashion bisa sangat membantu, sebenarnya kamu tidak harus mengikuti pendidikan formal khusus untuk menjadi seorang desainer pakaian. Ada banyak sumber ilmu pengetahuan desain fashion yang bisa kamu temukan di internet.

Untuk memperoleh bekal yang memadai, ada juga kursus-kursus online maupun offline yang bisa kamu ikuti. Selain kreativitas dan kemampuan desain pakaian, seorang fashion designer juga harus bisa menjahit. Skill inilah yang akan membantumu mewujudkan desain yang telah dibuat.


  1. Fashion Blogger

Blog mungkin sudah tidak sepopuler dulu lagi. Meski demikian, blog sebenarnya masih memiliki audiensnya sendiri. Saat orang ingin mencari informasi tertentu dengan cepat, umumnya mereka lebih memilih konten blog dibandingkan konten Youtube. Selain lebih mudah diakses, informasi yang disajikan dalam bentuk artikel blog juga memungkinkan pembaca untuk langsung lompat ke poin informasi yang ingin diketahui.

Jika kamu tertarik dengan dunia fashion dan senang berbagi pengetahuan, fashion blogger bisa menjadi salah satu profesi terbaik yang bisa kamu pilih. Kamu bisa berbagi pengetahuan tentang dunia fashion yang kamu cintai. Sekarang blog juga tidak hanya menyajikan tulisan.

Agar tidak membosankan, kamu juga bisa menambah variasi jenis konten dan menyajikan beberapa diantaranya dalam bentuk gambar atau video. Karakter dari sang blogger juga sangat penting. Jadi selain berbagi pengetahuan, kamu juga harus membangun karakter unikmu sendiri.


  1. Butik

Jika kamu memiliki modal yang cukup besar, membuka butik bisa menjadi salah satu pilihan untuk menggeluti bisnis fashion. Biasanya, bisnis butik ini berdiri berdampingan dengan fashion designer. Itulah kenapa fashion designer umumnya juga memiliki bisnis butik.

Keunggulan butik dibandingkan toko pakaian ada pada unsur eksklusifnya. Pakaian yang dijual di butik umumnya merupakan desain buatan sendiri yang diproduksi dalam jumlah terbatas. Satu desain pakaian biasanya hanya diproduksi satu kali saja.

Pakaian yang dibuat umumnya juga hanya bisa dijumpai di satu butik saja. Fashion designer sering kali menjual desain pakaiannya di butik miliknya atau butik yang bekerjasama dengannya. Karena dibuat secara eksklusif dan terbatas, margin keuntungan untuk setiap model pakaian juga bisa dibuat tinggi.


  1. Konveksi

Berbeda dengan butik atau toko pakaian, konveksi adalah tempat di mana pakaian diproduksi. Konveksi biasanya jarang membuat desain pakaian sendiri. Alih-alih membuat desain pakaiannya sendiri, bisnis konveksi lebih fokus pada produksi pakaian itu sendiri. Pakaian yang dibuat biasanya juga mengikuti pesanan atau tren yang sudah ada.

Sebagai tempat produksi, bisnis konveksi membutuhkan mesin produksi dalam menjalankan bisnisnya. Modal besar jelas dibutuhkan. Selain itu, bisnis konveksi juga membutuhkan banyak sumber daya manusia untuk menjalankan operasional bisnisnya.

Bisnis konveksi biasanya lebih sering menyasar para pelaku bisnis fashion atau institusi. Kalaupun menerima pesanan dari perseorangan, biasanya ada minimal ordernya. Karena bermain dalam partai besar, uang yang berputar dalam bisnis ini juga terbilang besar. Potensi keuntungan yang bisa didapatkan juga sangat menggiurkan.

Untuk bisa sukses dalam bisnis konveksi, kamu harus tahu apa yang diinginkan oleh para pelaku usaha atau institusi. Pelaku bisnis fashion memiliki standar kualitasnya sendiri. Kamu harus bisa memenuhi standar kualitas tersebut dan konsisten dalam setiap produk yang diproduksi. Selain itu, kecepatan produksi juga menjadi kunci sukses dalam bisnis konveksi.


  1. Fotografer Fashion

Bagi kamu yang punya hobi fotografi dan fashion, kamu bisa mengawinkan keduanya menjadi sebuah profesi. Kamu bisa menjadi seorang fotografer fashion profesional dan hidup dari pekerjaan tersebut.

Potensi fotografer fashion masih sangat besar, terlebih di era digital seperti sekarang ini. Pasarnya juga sangat luas. Kamu bisa menjual jasa fotografi ke para pelaku bisnis fashion dengan jenis servis yang bervariasi. Selain fotografi produk untuk keperluan toko online atau marketplace, kamu juga bisa menyediakan servis fotografi kreatif untuk keperluan periklanan.

Untuk menggeluti bisnis fotografi fashion, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan. Kamu perlu mempersiapkan kamera, beberapa jenis lensa, tripod, peralatan lighting dan beberapa peralatan pendukung lainnya. Jika belum memiliki studio sendiri, kamu bisa menyewa studio foto terlebih dahulu.

Skill fotografi juga penting. Namun bukan berarti kamu harus sangat ahli dalam hal ini. Dengan skill fotografi yang “layak jual” dan harga yang masuk akal, kamu sebenarnya sudah bisa mulai menggeluti bisnis fotografi.

Memulai sebuah bisnis memang membutuhkan proses. Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Selama konsisten menjalaninya dan tidak berhenti berusaha, kesuksesan pasti akan diraih.

Pada prosesnya, kamu tentunya butuh wawasan dan informasi yang tepat untuk mempertajam skill dalam menjalankan bisnis. Nah, berbagai tips dan rahasia sukses dalam membangun dan menjalankan bisnis bisa kamu dapatkan bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!


Referensi:

centrausaha.com/ide-peluang-bisnis-fashion/

journal.sociolla.com/lifestyle/ide-bisnis-dunia-fashion?page=2

jurnal.id/id/blog/ide-dan-peluang-bisnis-fashion/

fitinline.com/article/read/9-jenis-ide-usaha-di-bidang-fashion-yang-cukup-menjanjikan/

Diakses pada: 14 Desember 2021



Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All