B

anyak kalangan muda yang saat ini menyukai hal-hal berbau korea, mulai dari musik, drama, film, dan fashion. Bahkan menu-menu makanan ikonik dari korea selatan pun tak kalah viralnya di dunia termasuk Indonesia. Saking viralnya, ide kuliner dari Korea tersebut banyak yang dijadikan sebagai ide bisnis kuliner. Misalnya bento cake yang sedang nge-hits di Tanah Air.

Korean cake box  atau bento cake Korea menjadi peluang besar yang sangat menguntungkan bagi para pebisnis kuliner. Tak sedikit orang memiliki keahlian dalam membuat kue ditambah keeksisan kue yang tidak pernah redup memanfaatkan kesempatan untuk menjadikannya sebagai bisnis kuliner.  Bagi kamu yang ingin memulai bisnis dengan banyak menghasilkan cuan besar, maka bisnis kuliner viral satu ini bisa menjadi rekomendasi.

Tips Memulai Bisnis Kuliner Korean Cake Box

Korean cake box adalah kue bekal dengan ukuran 7 - 10 cm yang dikemas dalam wadah atau kotak kecil. Jenis kue ini umumnya dihias dengan buttercream warna-warni dan memiliki desain yang lebih sederhana. Meskipun begitu, banyak orang yang memesan kue ini dengan menyertakan request seperti warna, tulisan dan gambar untuk lebih mempercantik desainnya.

Di Korea Selatan, bisnis kuliner cake box sangat digandrungi oleh masyarakat. Belum lagi harganya yang sangat terjangkau. Untuk memulai bisnis kuliner bento cake, kamu tidak membutuhkan modal yang cukup besar. Namun, bisnis ini juga membuka peluang yang sangat menguntungkan. Jika kamu tertarik untuk menjalankan bisnis kuliner ini, yuk, simak tips berikut ini!

  1. Memiliki Skill Baking dan Kreativitas

Agar bisnis kuliner Korean cake box laris dipasaran, tentunya kamu harus mempunya skill baking yang cukup mumpuni agar kue yang disajikan kepada pelanggan pun memiliki cita rasa yang enak. Kamu juga perlu memiliki kreativitas yang tinggi agar bisa mendekorasi cake tersebut menjadi lebih menarik dan beragam, mulai dari gradasi warna, gambar, dan tulisan.

  1. Perbanyak Pengetahuan Seputar Kue

Tidak hanya skill baking saja yang kamu perlukan untuk memulai bisnis kuliner Korean cake box. Kamu juga perlu membekali diri dengan banyak pengetahuan seputar kue. Bila kamu memiliki pengetahuan yang banyak seputar baking dan kue, bento cake yang dipasarkan akan menjadi primadona dan banyak diburu oleh masyarakat.

  1. Siapkan Nama Brand dan Akun Media Sosial untuk Jualan 

Siapkan nama brand maupun logo yang bagus, unik, dan menarik jika kamu ingin memulai bisnis kuliner viral seperti bento cake. Dengan begitu orang-orang dapat dengan mudah mengetahui dan mengingat bisnis Korean cake box kamu. Tak hanya itu, menyiapkan akun jualan seperti media sosial atau e-commerce pun sangat penting dilakukan.

  1. Menentukan Target Pasar Sesuai  Harga

Untuk memulai bisnis kuliner bento cake, kamu perlu menentukan target pasar. Hal ini perlu dilakukan karena dapat mempermudah bisnis yang akan kamu jalani. Kamu bisa menentukan target pasar dengan menentukan lokasi, umur, profesi, dan faktor demografis lainnya dari target pasar kamu. Setelah itu, barulah sesuaikan dengan harga Korean box cake yang akan dipasarkan.

  1. Memiliki Ciri Khas Desain Tersendiri

Orang-orang cenderung akan menilai produk dari visual atau tampilan terlebih dahulu sebelum membeli. Maka tips selanjutnya untuk memulai bisnis kuliner Korean cake box adalah menyiapkan cake dengan desain unik dan menarik yang akan menjadi ciri khas tersendiri. Tips ini pun menjadi salah satu cara agar Korean cake box yang kamu jual mudah diingat dan laris manis dipasaran 

  1. Mulailah dengan Sistem Pre-Order

Memulai bisnis kuliner dengan sistem pre-order dapat meminimalisir kerugian awal. Pasalnya jika kamu menjual dengan sistem ini, modal awal yang telah disiapkan tidak akan terbuang dengan sia-sia. Tampilkan cake yang akan kamu jual menggunakan Styrofoam berbentuk bulat atau kotak berukuran kecil. Setelah itu desain dengan buttercream untuk diposting ke media sosial dan e-commerce. Jika ingin mempromosikan pada orang terdekat, kamu perlu menyiapkan tester kue untuk dicoba terlebih dahulu.

  1. Sering Update di Media Sosial atau e-Commerce

Dengan selalu meng-update postingan di media sosial atau e-commerce, bisnis kuliner Korean cake box kamu akan sering dilihat oleh para pembeli. Kamu pun berpeluang untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

  1. Menggunakan Packaging yang Aman dan Menarik

Jika dirasa kue sudah enak dan memiliki desain yang sangat menarik, maka langkah selanjutnya agar bisnis kuliner kamu semakin diminati adalah menentukan packaging. Tentukan packaging yang menarik dan cantik untuk menarik pembeli. Kamu dapat menggunakan kotak atau styrofoam dengan dilengkapi pernak-pernik lain misalnya kartu ucapan ataupun pita.

Itulah beberapa tips yang perlu kamu ketahui untuk memulai bisnis kuliner viral seperti bento cake. Nah, buat kamu yang sedang menjalankan bisnis kuliner, kamu pasti ingin bisnis kamu makin sukses, kan? Kamu bisa dapatkan beragam solusi dan rahasianya di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Ada beragam kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

kompas.com/food/read/2021/06/08/212200775/mengenal-simple-soul-usaha-bento-cake-ala-korea-selatan?page=all

cermati.com/artikel/kue-kekinian-bikin-cuan-ini-tips-menjalankan-bisnis-korean-cake-box

kompas.com/food/read/2021/06/10/170900575/4-tips-mulai-usaha-bento-cake-target-pasar-sampai-modal?page=all

Diakses pada: 7 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All