B

eberapa teman-teman pasti tidak sedikit berpikir "ada tidak ya berbisnis tanpa modal?", nyatanya ada, lho! Meskipun tidak mengeluarkan modal sedikit pun, kamu bisa menghasilkan uang melalui profesi-profesi yang akan dijabarkan dalam artikel ini.

Faktanya memiliki usaha tanpa mengeluarkan modal sangatlah sulit. Bukan berarti juga kamu harus menguras seluruh isi tabungan untuk membangun usaha tersebut. Faktor paling penting untuk memulai usaha sendiri tanpa modal adalah menggunakan sumber daya yang dimiliki diri sendiri, termasuk skill.

Dengan begitu, tanpa mengeluarkan modal sepeserpun, kamu bisa memulai usaha sendiri dengan optimal. Belum lagi era sekarang di mana sudah banyak pekerjaan yang bisa dilakukan dari mana saja, termasuk dari rumah. Kebanyakan profesi tersebut bisa dilakukan secara online dengan memanfaatkan internet.

Bisnis Online



Maka dari itu, mulai sekarang pertimbangkanlah profesi-profesi fleksibel tanpa modal yang bisa menghasilkan uang. Berikut ini beberapa rekomendasi bisnis online baik jasa atau produk yang bisa kamu lakukan tanpa modal:

  1. Menjadi Admin Akun Media Sosial

Dengan pesatnya kemajuan teknologi khususnya media sosial, sekarang peran admin akun media sosial sudah menjadi lahan yang menggiurkan. Sudah banyak perusahaan atau bisnis yang memerlukan orang guna mengatur akun media sosial.

Menjadi admin akun media sosial menjalani keseharian disuplai dengan foto atau gambar yang akan di-post, lalu menulis caption sendiri berdasarkan arahan yang diminta. Dengan proses seperti itu, kamu bisa melakukan pekerjaan ini dari mana saja dengan hanya bermodalkan sambungan internet.

  1. Menjadi Content Creator di Media Sosial

Modal menjadi content creator adalah pengetahuan luas mengenai apa yang trending di jagad internet atau lebih khususnya media sosial. Dengan begitu, kamu bisa memproduksi konten yang menarik dan relevan untuk pengikut kamu.

Langkah yang bisa kamu lakukan berikutnya adalah dengan mengumpulkan ide dan data untuk membuat konsep yang menarik. Lalu, kamu bisa menyesuaikan konten berdasarkan platform yang kamu gunakan misalnya di Instagram, TikTok, atau Facebook.

  1. Blogger

Ini adalah tipe profesi yang cukup sederhana untuk memulainya, terlebih apabila kamu memang gemar membuat konten, baik itu dalam bentuk artikel, video, atau pun gambar. Pasalnya, kamu tinggal memulai blogging dengan menggunakan platform tidak berbayar alias gratis.

Ada banyak topik yang bisa kamu pilih jika memutuskan untuk menjadi blogger. Kamu bisa memulai dengan memilih bahasan apa yang menjadi fokus, misalnya mengenai musik, makanan, wisata, hingga film.

Menjadi blogger yang menghasilkan uang tidak bisa secara instan. Seiring banyaknya pengunjung blog, kamu baru bisa mendapatkan keuntungan dari profesi tersebut. Yang diperlukan adalah kesabaran dan konsistensi dalam menulis artikel di blog yang dimiliki.

  1. Event Planner

Profesi sudah lumayan banyak dilakoni bagi mereka yang memang sudah memiliki pekerjaan full-time. Event planner sendiri memiliki tanggung jawab membantu jalannya sebuah acara seremonial, contohnya seperti resepsi pernikahan, acara perusahaan, dan lain sebagainya.

Dalam membantu jalannya sebuah acara, profesi ini tidak harus bertemu tim maupun klien. Yang bisa kamu lakukan adalah mengomunikasikan segalanya via online, kemudian sesekali pertemuan secara offline apabila memang benar-benar dibutuhkan.

  1. Design Grafis

Profesi ini memang membutuhkan keahlian khusus dalam mendesain sebuah gambar atau media lainnya. Pendidikan spesifik seperti jurusan desain grafis pun sudah ada sejak lama karena bidang ini cukup menjanjikan.

Di era sekarang, setiap bisnis membutuhkan seseorang yang memiliki keahlian khusus untuk membantu mereka mendesain sebuah material iklan, situs, hingga logo. Maka dari itu, semakin banyak dan bagus portfolio yang dimiliki, otomatis semakin banyak klien yang akan mengontak kamu untuk diajak kerja sama.

Belum lagi dengan pesatnya perkembangan bisnis seperti melalui platform e-commerce dan media sosial, sehingga semakin banyak pula bisnis-bisnis yang membutuhkan keahlian seorang desain grafis. Karena sifatnya yang freelance, kamu bisa mengambil banyak project dalam satu waktu asalkan tetap bertanggung jawab.

  1. Pengajar Online

Dalam masa pandemi yang masih belum tahu kapan berakhirnya ini, sistem pembelajaran secara daring menjadi prioritas untuk menekan penyebaran virus. Maka dari itu, sekarang sedang menjamur profesi sebagai pengajar online untuk siswa mulai dari sekolah dasar hingga menengah atas.

Dengan sistem pengajaran online, kamu bisa membagikan materi pembelajaran hanya berbekal koneksi internet. Karena sifatnya yang online, kamu bisa mengatur sendiri waktunya secara fleksibel dan di mana saja. Yang perlu kamu lakukan pertama kali ialah dengan menawarkan jasa secara individu atau gabung dengan komunitas pengajar khusus.

  1. Fotografer

Sudah menjadi rahasia umum bahwa profesi sebagai fotografer tidak bisa seutuhnya bekerja dari rumah, karena harus terjun ke “lapangan” untuk mencari gambar. Akan tetapi, karena sifatnya yang sangat fleksibel, profesi sebagai fotografer sangat mungkin dijalani dengan status freelance.

Salah satu yang sedang berkembang pesat adalah ranah fotografi pernikahan, yang biasanya satu paket dengan sesi pre-wedding hingga resepsi pernikahan. Selain itu, kamu bisa juga menaruh atau menjual hasil jepretan ke platform misalnya Getty Images, Shutterstock, dan lain-lain.

  1. Penerjemah

Salah satu profesi yang bisa dijalankan secara freelance dan sudah ada sejak lama adalah penerjemah. Apabila kamu menguasai bahasa asing tertentu, tidak ada salahnya untuk memulai menggeluti usaha sebagai penerjemah.

Sebenarnya kamu bisa menjadi penerjemah yang terikat atau bergabung menjadi bagian suatu perusahaan, tetapi bekerja secara lepas atau freelance juga sah-sah saja. Jika menjadi penerjemah freelance, sangatlah mungkin untuk melakukan profesi ini dari mana saja termasuk di rumah.

  1. Penulis Lepas

Sekarang sudah banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan keahlian seorang penulis lepas untuk keperluan strategi pemasaran. Tidak hanya itu, penulis lepas juga dibutuhkan untuk menulis berita sampai penulisan kreatif. Penghasilan yang bisa kamu dapat jika menekuni profesi penulis lepas sejatinya sangat bervariasi.

Biasanya, besar atau kecilnya tarif tulisan tergantung dari panjang dan kedalaman artikel, sampai pengalaman si penulis. Kamu bisa memulai dengan mencoba bergabung di platform penulis lepas yang banyak di internet. Kamu juga bisa mencari klien secara manual atau individu.

  1. Bisnis Dropshipper

Bisnis tanpa modal yang cukup menghasilkan dan tanpa usaha yang berat adalah sebagai dropshipper. Apabila kamu sudah memiliki koneksi internet yang stabil, menjalankan dropshipping akan semakin lancar dan tanpa kendala.

Untuk menjadi dropshipper, kamu tidak perlu memiliki jasa atau barang sendiri untuk dijual. Kamu tinggal memasarkan barang yang dijual oleh produsen, sehingga kamu pun tidak memerlukan sebuah gudang sekalipun untuk menyimpan stok.

Nantinya, produsen yang barangnya kamu pasarkan akan mengirim langsung pesanan ke konsumen. Jadi, kamu pun tidak perlu mengeluarkan modal sepeserpun atau keluar rumah untuk mengirim barang pesanan.

Bisnis Online tanpa Modal

Hal Penting yang Harus Dilakukan Saat Memulai Bisnis

Untuk memulai bisnis tanpa modal memang terlihat sangat sulit, tetapi bukan hal yang mustahil. Yang perlu kamu lakukan adalah membuat strategi dan komitmen yang kuat saat menjalaninya. Berikut tips-tips yang bisa kamu terapkan dalam merintis bisnis tanpa modal:

  1. Komitmen

Komitmen di sini berarti kamu perlu memangkas sejumlah pengeluaran yang kurang begitu penting. Komitmen dari segi finansial harus dijaga dengan teguh supaya bisnis tanpa modal bisa berjalan lancar.

Fokus pada tujuan awal dari bisnis kamu supaya tidak terjadi kesalahan yang tidak perlu terjadi. Untuk memasarkan bisnismu tidak melulu harus mengeluarkan modal. Pakailah cara sederhana dan gratis misalnya lewat akun media sosial pribadi atau membuat kartu nama yang biayanya tidak terlalu mahal.

  1. Ketahui Bidang Keunggulan Kamu

Meskipun tanpa modal finansial, jika kamu memiliki keahlian atau keterampilan yang menjual, itu merupakan sebuah keuntungan. Jelajahi bidang kamu kuasai sejak lama daripada menjajal sesuatu yang baru dan belum tentu kamu bisa kuasai secara penuh.

Ada banyak keahlian atau keterampilan dalam diri seseorang misalnya di teknologi, kesenian, kerajinan, hingga kuliner. Contohnya apabila kamu sudah sejak lama gemar memasak, tidak ada salahnya untuk mulai menjajakan hasil masakanmu ke teman atau kerabat terlebih dulu.

  1. Rela Banting Tulang

Jika sudah memulai bisnis tanpa modal, itu artinya kamu sudah bersedia untuk rela banting tulang untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Karena apabila kamu menjalani bisnis tanpa modal, itu artinya persaingan dengan pelaku bisnis lain atau kompetitor juga menjadi sangat sulit.

Salah satu contohnya demi menghemat biaya, kamu harus rela melakukan segalanya sendirian mulai dari bertemu calon klien, mengirim barang, hingga memproduksi barang. Serunya adalah, meskipun semuanya masih dilakukan sendiri, kamu harus sadar betul semua ini akan ada hasilnya yang akan dirasakan untuk diri sendiri juga.

  1. Manfaatkan Platform Online Secara Optimal

Platform online menawarkan segudang kemudahan untuk menjalankan bisnis, termasuk bisnis tanpa modal. Dengan menggunakan platform atau media sosial, calon konsumen akan dengan mudah mengenal produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Penggunaan platform online sangatlah mudah dan hemat biaya, sebab biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah dibandingkan dengan membuka toko offline. Dengan melalui platform online, kamu tidak perlu mencetak brosur. Produk-produk yang kamu jual sudah bisa terpasang di etalase atau feed media sosial.

Terlebih dengan maraknya situs e-commerce yang sedang menjamur seperti sekarang ini, kamu tidak perlu lagi repot-repot membuat website atau menyewa hosting. Kamu tinggal memajang seluruh produk yang kamu jual di e-commerce tersebut, dan konsumen akan datang dengan sendirinya.

Untuk berbisnis, pada dasarnya tidak selalu sesulit yang dibayangkan. Tanpa modal sekalipun, kamu bisa berbisnis, asalkan dengan strategi dan pengelolaan yang tepat. Nah, buat kamu yang hendak berbisnis, kamu bisa menemukan tips dan rahasia dalam berbisnis sukses di Kuncie!

Kuncie merupakan platform untuk belajar seputar bisnis dari pemilik bisnis berpengalaman dan mentor-mentor yang profesional dimanapun dan kapanpun kamu mau. Enaknya lagi, ada banyak pilihan kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu pun bisa merencanakan metode belajar yang pas, mendapatkan sesi mentoring pribadi yang eksklusif, hingga berkenalan dengan pelaku usaha lainnya.  Tunggu apa lagi, dapatkan kunci sukses bisnismu bersama Kuncie!

Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

dbs.com/indonesia-bh/blog/live-smart/memulai-usaha-tanpa-modal-bisa-banget-dengan-4-cara-ini.page

niagahoster.co.id/blog/cara-memulai-bisnis-tanpa-modal/

lifestyle.kompas.com/read/2021/04/28/142849420/17-pekerjaan-yang-bisa-dikerjakan-di-rumah-dan-hasilkan-banyak-uang?page=all

merdeka.com/gaya/bisa-dikerjakan-di-rumah-ini-daftar-pekerjaan-freelance-yang-dicari-saat-pandemi.html?page=2

Diakses pada: 16 Oktober 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All