S

ebelum memulai suatu bisnis, kamu memerlukan perencanaan yang matang. Perencanaan tersebut dapat kamu tuangkan dalam sebuah dokumen yang disebut bisnis plan. Dokumen tersebut akan menjadi acuan sebelum kamu mulai menjalankan bisnis impian. Lantas bagaimana cara membuat perencanaan bisnis yang tepat? Apa saja yang perlu kamu cantuman dalam dokumen perencanaan bisnis itu?

Pengertian Bisnis Plan

Sesuai namanya, bisnis plan atau rencana bisnis adalah dokumen yang menjadi acuan dalam merencanakan suatu bisnis. Sebenarnya dokumen ini tidak hanya digunakan ketika kamu ingin membangun suatu bisnis. Kamu bisa menggunakannya juga sebagai upaya untuk mengembangkan bisnis.

Tujuan membuat bisnis plan antara lain:

  • Sebagai nilai jual yang bisa ditawarkan;
  • Sebagai perencanaan awal dari suatu bisnis;
  • Sebagai perencanaan untuk mengembangkan suatu bisnis.

Dalam pembuatan bisnis plan, terdapat istilah Executive Summary dan Profil Perusahaan. Executive Summary adalah garis besar dari rencana bisnis. biasanya dicantumkan dalam 1-2 halaman saja. Tidak ada aturan baku terkait isi dari Executive Summary, tapi kamu bisa menggunakan pola berikut ini:

  • Penjelasan singkat tentang barang atau jasa yang ditawarkan;
  • Visi dan misi;
  • Profil manajemen perusahaan;
  • Riset pasar;
  • Strategi pemasaran;
  • Keuangan.

Sedangkan dalam Profil Perusahaan, kamu perlu mencantumkan latar belakang, visi dan misi, deskripsi barang atau jasa yang ditawarkan, dan susunan manajemen. Meskipun tampak serupa, pembahasan dalam Profil Perusahaan haruslah lebih detail dibandingkan dalam Executive Summary.

Suatu bisnis perlu dibangun dengan matang agar dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan tersebut bisa dimulai dengan membuat bisnis plan terlebih dahulu. Lalu gimana sih cara yang tepat untuk membuat dokumen perencanaan bisnis tersebut?

Contoh Bisnis Plan

Dalam bisnis plan, terdapat komponen penting yang perlu kamu cantumkan. Antara lain:

  1. Latar Belakang

Latar belakang dalam bisnis plan biasanya mencangkup hal-hal umum terkait peluang yang mendorong kamu untuk membangun suatu bisnis. Bisa juga berupa permasalahan umum yang bisa diatasi dengan adanya bisnis kamu. Untuk membuat latar belakang, ada tiga hal penting yang perlu dibahas, seperti:

  • Gambaran umum terkait masalah yang dihadapi;
  • Data terkait masalah tersebut;
  • Solusi yang dapat kamu tawarkan.
  1. Penjelasan Visi dan Misi

Visi adalah harapan bisnis kamu di masa mendatang sedangkan misi adalah langkah yang perlu kamu ambil untuk mewujudkan visi tersebut. Adanya informasi tentang visi dan misi dalam bisnis plan akan menentukan perkembangan bisnis kamu di masa depan.

Visi dan misi yang kamu buat haruslah sesuai dengan bisnis yang kamu jalani. Dengan begitu, tujuan bisnis pun akan semakin jelas dan sejalan. Tetaplah konsisten dengan visi dan misi yang kamu buat lalu sesuaikan cara kerja bisnis dengan kedua hal tersebut.

  1. Gambaran Produk

Dalam bisnis plan, kamu perlu mendeskripsikan produk, bisa berupa barang atau jasa, yang ditawarkan di detail mungkin. Ada tiga hal yang perlu kamu cantumkan dalam deskripsi itu, seperti:

  • Jenis perusahaan; apakah perusahaan kamu berupa Perseroan Terbatas (PT), Persekutuan Komanditer (CV), atau bentuk kerjasama tanpa legal.
  • Spesifikasi produk; penjelasan lengkap terkait fitur dari suatu barang atau layanan yang ditawarkan.
  • Pembeda produk; berisi kelebihan produk yang kamu tawarkan dibandingkan dengan produk dari kompetitor.
  1. Rencana Usaha

Tentunya dalam bisnis plan kamu menuangkan berbagai rencana usaha yang meliputi:

  • Persiapan

Dalam persiapan tersebut, kamu perlu mengetahui bidang bisnis yang kamu geluti. Setelah itu tentukan target pasar yang tepat dan rencana bisnis yang matang.

  • Strategi Pemasaran

Bisnis plan perlu juga mencantumkan strategi pemasaran yang hendak kamu lakukan. Apakah kamu ingin menggunakan metode pemasaran secara tradisional atau digital? Strategi pemasaran mencangkup segmen pasar, target pasar, dan positioning produk agar mampu bersaing dengan para pendahulunya.

  • Rencana Anggaran

Di bagian rencana anggaran, kamu bisa menulis harga dari bahan baku yang kamu gunakan atau biaya operasional lainnya untuk mendukung bisnis kamu secara terperinci. Terkait sumber anggaran, kamu bisa mencantumkan dana pribadi, pinjaman, atau investasi. Kamu juga perlu mencantumkan keterangan tentang sumber dana tersebut secara detail.

  • Struktur Organisasi

Agar bisnis tersebut berjalan dengan lancar, tentunya kamu tidak bisa menjalankannya sendirian. Dalam bisnis plan, kamu juga perlu mencantumkan siapa saja yang membantu dalam mengelola bisnis.

Kamu bisa mencantumkannya dalam struktur organisasi yang biasanya terdiri dari manajer, bendahara, pemasaran, dan staff divisi lainnya. Struktur organisasi yang dipaparkan dengan jelas akan meningkatkan kredibilitas bisnis. Terlebih jika kamu ingin menggaet investor lewat bisnis plan tersebut.

Untuk membangun sebuah bisnis, banyak hal yang perlu kamu rencanakan. Perencanaan tersebut dapat kamu tuangkan melalui bisnis plan yang matang. Itu sebabnya perencanaan bisnis sangatlah penting untuk dirancang dalam membangun dan mengembangkan sebuah bisnis.

Buat kamu yang sedang menjalankan bisnis atau hendak memulai bisnis, kamu tentu menyadari penting membuat rencana bisnis untuk kesuksesan bisnis. Dalam prosesnya, kamu juga perlu mendukung rencana bisnis dengan beragam tips dalam berbisnis.

Nah, kamu bisa mendapatkan beragam tips dan rahasia serta pengetahuan dalam berbisnis melalui Kuncie! Kuncie adalah platform untuk belajar seputar bisnis dari pemilik bisnis berpengalaman dan mentor-mentor yang profesional dimanapun dan kapanpun kamu mau. Enaknya lagi, ada banyak pilihan kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu pun bisa merencanakan metode belajar yang pas, mendapatkan sesi mentoring pribadi yang eksklusif, hingga berkenalan dengan pelaku usaha lainnya.  Tunggu apa lagi, dapatkan kunci sukses bisnismu bersama Kuncie!

Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

vatih.com/bisnis/cara-membuat-business-plan/

jurnal.id/id/blog/contoh-bisnis-plan-usaha-rumahan/

lifepal.co.id/media/bikin-bisnis-planning-gak-ribet-kok-ini-panduan-lengkapnya/

Diakses pada: 16 Oktober 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All