M

emiliki pekerjaan utama di suatu perusahaan bukan berarti kamu tidak bisa membuka bisnis sampingan sendiri di rumah. Justru, dengan membuka usaha sampingan di rumah, kamu akan mendapatkan berbagai keuntungan. Apa saja keuntungan dari memiliki usaha sampingan tersebut?

  1. Menambah Penghasilan

Meskipun memiliki penghasilan tetap sebagai pegawai kantoran, bukan berarti kamu tidak bisa memiliki bisnis sampingan. Selain itu, masih saja ada beberapa perusahaan yang memberikan gaji jauh dari upah minimum yang ditetapkan pemerintah.

Padahal dari tahun ke tahun kebutuhan pokok semakin bertambah dengan harga yang ikut meningkat juga. Tentunya hal ini juga mempengaruhi kualitas hidup layak. Maka dari itu, membuka bisnis sampingan di rumah bisa menjadi solusi, khususnya bagi kamu yang merasa pendapatan dari pekerjaan utama belum bisa menutupi seluruh kebutuhan. Coba bangun usaha sampingan di rumah sebagai upaya untuk menambah penghasilan.

Cara ini tentunya cocok banget buat kamu yang merasa memiliki penghasilan pas-pasan. Penghasilan dari bisnis sampingan tersebut bisa kamu gunakan untuk membayar biaya pendidikan, cicilan, kebutuhan rumah tangga, hutang, dan keperluan lainnya.

  1. Memperluas Jaringan dan Koneksi

Bisnis sampingan biasanya berbeda sektor dengan pekerjaan utama. Artinya, kamu berpeluang untuk memperluas jaringan atau koneksi. Berkecimpung di dunia yang berbeda dengan sektor bisnis utama juga memungkinkan kamu untuk bertemu dan bergaul dengan orang yang berbeda. Peluang bisnis kamu pun akan semakin luas dengan banyaknya kenalan yang kamu miliki.

Selain itu, dengan membuka bisnis sampingan, kamu pun dapat mengasah kemampuan komunikasi dan sosial yang kamu miliki. Belum lagi kamu akan bertemu dengan pelanggan baru, klien baru, supplier baru. Ingat ya, semakin luas networking atau jaringan yang kamu miliki, semakin banyak manfaat yang bisa kamu raup. Bukan hanya dari segi materi saja, tapi juga relasi.

  1. Memanfaatkan Waktu dengan Lebih Baik

Sudah punya pekerjaan utama tapi kamu merasa masih memiliki waktu luang yang ingin dimanfaatkan? Kamu bisa memanfaatkan waktu luang dengan membuka bisnis sampingan di rumah. Tidak sedikit pegawai kantoran yang memutuskan untuk membuka usaha sampingan di rumah demi mengisi waktu luang.

Daripada bosan dan tidak melakukan apapun yang bermanfaat, menggeluti bisnis di luar pekerjaan utama bisa menjadi solusi yang menguntungkan. Terlebih jika kamu ingin menambah penghasilan. Gunakan fasilitas internet untuk menambah cuan.

Lebih baik mengisi waktu kosong dengan menggeluti bisnis sampingan guna mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa menggunakan hari libur di kantor untuk memfokuskan diri pada usaha rumahan tersebut. Tetapi, jangan sampai kamu terlalu fokus bekerja dan lupa untuk beristirahat.

  1. Persiapan Pensiun

Salah satu alasan mengapa pegawai kantoran memilih untuk membuka bisnis sampingan adalah untuk mempersiapkan dana pensiun. Sebelum memasuki masa pensiun, biasanya banyak orang yang mulai memikirkan bentuk usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah.

Ada juga pegawai kantoran yang memilih untuk pensiun dini dan fokus pada usaha sampingan di rumah. Bila ingin mendapatkan jaminan finansial di masa tua, tidak ada salahnya kamu mencoba memikirkan jenis bisnis sampingan yang bisa kamu geluti sejak dini.

Kamu bisa membuka bisnis sampingan yang sesuai dengan passion dan penyeimbang dari rutinitas pekerjaan yang terasa monoton. Dengan begitu, kamu akan lebih bahagia menjalaninya meskipun pekerjaan utama cukup menyita waktu dan fokus.

Selain itu, pekerjaan sampingan yang dilakukan bisa menjadi kesempatan untuk mempersiapkan masa pensiun. Bukan hanya membuat kamu lebih bahagia, usaha sampingan tersebut dapat menjadi jaminan finansial di masa tua meskipun kamu sudah tidak aktif bekerja lagi.

  1. Mengasah Pengetahuan dan Keahlian

Bisnis sampingan memberikan peluang untuk mengasah pengetahuan dan keahlian. Bahkan, bisa saja keterampilan yang berkembang karena usaha sampingan di rumah bisa mendukung pekerjaan utama yang kamu lakukan. Terkadang ketertarikan, keahlian, pengetahuan, atau minat tertentu tidak bisa tersalurkan di pekerjaan utama.

Namun, dengan adanya usaha sampingan, kamu bisa menyalurkan passion atau minat terhadap sesuatu. Kamu pun akan termotivasi untuk terus belajar dan mengembangkan kemampuan di bidang tersebut. Seringkali hal ini dijadikan motivasi untuk menjalankan usaha sampingan meski telah memiliki pekerjaan utama.

Memiliki bisnis sampingan juga bisa dijadikan sebagai ajang pembuktian bahwa secara pribadi kamu mampu menjalani bisnis tersebut meskipun telah memiliki pekerjaan utama. Selain mendapatkan penghasilan tambahan dan mengasah keahlian, kamu pun akan menjadi lebih kompeten.

Membuka bisnis sampingan memiliki banyak keuntungan. Bukan hanya menjadi lahan penghasilan tambahan dari pekerjaan utama, tapi juga dapat mengasah skill serta memperluas jaringan.

Belum lagi bila usaha sampingan di rumah tersebut dibangun atas dasar minat atau passion, kamu akan semakin termotivasi untuk menjalaninya terlepas dari sedikitnya waktu luang yang kamu miliki setelah fokus di tempat kerja utama.

Berminat membuka bisnis sampingan? Temukan cara tepat dan berbagai pengetahuan untuk membangun usaha dan menjadi pebisnis sukses melalui Kuncie, di mana kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi website Kuncie sekarang.

Referensi:

koinworks.com/blog/memiliki-pekerjaan-atau-bisnis-sampingan/

diskartes.com/2020/10/mengapa-kita-perlu-punya-usaha-atau-bisnis-sampingan-selain-punya-pekerjaan-utama/

liputan6.com/bisnis/read/2877272/6-alasan-kamu-harus-punya-usaha-sampingan

Diakses pada: 4 Oktober 2021



Posted 
Oct 13, 2021
 in 
Buka Peluang
 category

More from 

Buka Peluang

 category

View All