P

roduk perawatan kulit atau skincare menjadi salah satu produk yang memiliki prospek bisnis yang bagus. Hal ini didorong karena kebutuhan perawatan kulit atau skincare pasti akan terus ada. Setiap orang tentu ingin memiliki kulit yang sehat dan terawat, terlebih kaum perempuan.

Masa pandemi saat ini juga menjadi penentu semakin tenarnya produk skincare karena banyak orang yang punya waktu lebih dalam memperhatikan kesehatan tubuhnya, termasuk soal perawatan kulit.

Di Indonesia sendiri, industri kosmetik, termasuk perawatan kulit banyak diminati. Berdasarkan data dari Compas.co.id, di awal 2021, kategori perawatan kecantikan unggul dalam transaksi penjualan di e-commerce sebesar 46,8%, dan nilai total transaksinya di pasar online sudah menembus Rp 40 miliar.

Kemudian, berdasarkan data dari Kemenperin, industri kosmetik di Indonesia terus mengalami pertumbuhan. Sejak 2018, ada pertumbuhan sebesar 15%, lalu kemudian meningkat menjadi 29% di 2019. Peningkatan tersebut diprediksi terus meningkat sampai tahun ini.

Data tersebut menunjukan bahwa peningkatan penjualan produk skincare tidak hanya karena minat konsumen yang tinggi, tetapi juga minat para pelaku bisnis yang melihat peluang yang bagus dari bisnis skincare.


Tips Tepat untuk Memulai Bisnis Skincare

Kondisi yang demikian tentu bisa menjadi kabar baik buat kamu yang tertarik untuk memulai bisnis skincare. Seperti halnya untuk bidang lainnya, untuk berbisnis skincare, tentu kamu harus punya perencanaan yang tepat. Selain itu, ada beberapa tips yang bisa jadi pedoman kamu juga.

  1. Konsep Bisnis yang Jelas

Hal pertama yang harus dilakukan tentunya adalah soal model bisnis. Sesuaikan penentuan model bisnis ini dengan kondisi kamu, khususnya modal. Buat kamu yang punya modal yang banyak, kamu bisa mendirikan bisnis skincare dengan brand kamu sendiri yang tentunya didukung dengan riset yang mumpuni tentang cara membuat produk skincare sendiri.

Namun, bila kamu tidak memiliki modal yang banyak, kamu bisa berbisnis dengan cara reseller, franchise atau membuka jasa titip. Dalam hal ini, kamu bisa lebih memanfaatkan teknologi yang ada dengan membuka toko secara online.

  1. Lakukan Riset

Riset merupakan hal penting yang perlu dilakukan di awal. Dalam riset ini, kamu bisa mendapatkan berbagai macam insight mulai dari produk skincare yang banyak diminati masyarakat, hingga ke persaingan dalam bisnis skincare yang ada. Berbagai insight tersebut akan membantu kamu dalam menentukan produk skincare yang akan kamu jual dan bagaimana cara penyediannya.

  1. Tujuan Bisnis

Menentukan tujuan bisnis juga sangat penting. Apakah kamu ingin menjalani bisnis ini untuk jangka panjang atau jangka pendek. Hal ini akan membantu kamu dalam menentukan bagaimana kamu akan membangun bisnis kamu apakah cukup kamu sendiri yang mengelola atau dibantu oleh orang lain.

  1. Target Audiens

Bila di bagian riset kamu mendapatkan insight tentang produk-produk yang bisa kamu jual, maka hal berikutnya adalah menentukan target audiens. Dengan menentukan target audiens, kamu bisa mengetahui dengan jelas siapa saja yang akan kamu targetkan untuk menjadi konsumen bisnis kamu dan kamu juga bisa merumuskan strategi pemasaran dan promosi yang spesifik sesuai dengan target yang sudah kamu tentukan.

  1. Brand

Walaupun kamu tidak membuat produk buatan kamu sendiri, tentunya akan sangat bagus kalau kamu punya brand sendiri untuk bisnis kamu. Dalam hal ini, dengan memiliki brand sendiri dengan nama dan desain yang unik, akan menjadi daya tarik tersendiri bagi calon konsumen kamu.

  1. Promosi Online

Setelah kamu memiliki dasar bisnis yang jelas, maka langkah selanjutnya adalah memiliki strategi promosi yang tepat. Kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai senjata kamu dalam mempromosikan bisnis kamu untuk audiens. Selain itu, buat toko di marketplace terkemuka sebagai tempat jualan kamu dengan beragam katalog produk dengan deskripsi yang jelas.

Dalam memanfaatkan media sosial, kamu bisa membuat berbagai postingan yang memiliki copy dan visual yang menarik serta buat promo-promo menarik untuk meningkatkan engagement dari para audiens kamu sehingga mereka bisa menjadi konsumen.

Beberapa tips di atas bisa membantu kamu dalam membangun bisnis skincare kamu sendiri. Seiring dengan pertumbuhan industri kosmetik dan peningkatan peminat produk skincare, bisnis skincare pada dasarnya memiliki potensi yang bagus untuk mendatangkan keuntungan untuk kamu.

Nah, selain dengan beberapa tips atas, kamu juga bisa membangun bisnis skincare dan mengembangkannya lebih jauh dengan beragam tips dan rahasia sukses dalam berbisnis di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Ada beragam kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

kreditpintar.com/education/10-tips-bisnis-skincare-dengan-mudah

finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-4744299/mau-bisnis-skin-care-tapi-bingung-mulainya-simak-nih-tipsnya

latihid.com/blog/225993/tips-sebelum-mulai-bisnis-skincare-dan-kosmetik-sendiri

Diakses pada: 22 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All