B

isnis online shop saat ini semakin menggiurkan. Apalagi semenjak pandemi, kebiasaan masyarakat untuk berbelanja online pun melonjak pesat. Salah satu marketplace populer di Indonesia adalah Shopee. Pasalnya, marketplace yang memiliki ciri khas warna oranye ini kerap memberikan promo menarik, entah itu berupa cashback, potongan harga, hingga gratis ongkir.

Buat kamu yang berencana ingin memulai bisnis online shop, kamu bisa menggunakan Shopee sebagai wadah efektif untuk berjualan. Selain sudah dikenal oleh banyak orang, cara berjualan di Shopee pun mudah dan praktis. Penasaran bagaimana cara jualan di Shopee untuk pemula? Simak panduan lengkapnya dalam ulasan berikut.

Tingkatkan Penjualan Dengan Strategi Yang Tepat

kelas digital marketing

Belajar buat konten di Canva, media sosial untuk pemasaran, pasang ads, hingga bangun brand-mu sendiri di paket kelas ini!

Beli Sekarang!


Ragam Keuntungan Berjualan di Shopee

Shopee masuk dalam jajaran marketplace yang banyak dipilih konsumen Indonesia. Tidak hanya untuk para pembeli, tapi juga bisa diandalkan bagi para penjual. Entah itu penjual yang sudah memiliki nama dan dikenal masyarakat, hingga mereka yang baru memulai bisnis. Buat kamu yang baru memulai bisnis, berikut sejumlah keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila berjualan di Shopee.


1. Cukup Pakai Smartphone

Dengan Shopee, kamu bisa menjalankan usahamu secara online hanya bermodalkan smartphone saja. Selain hemat biaya, berjualan di Shopee juga praktis karena kamu nggak perlu repot melakukan perawatan bangunan dan memperhatikan tatanan barang yang dijual secara visual demi menarik perhatian para pelanggan.


2. Mampu Menjangkau Lebih Banyak Konsumen

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi internet saat ini, jarak bukan lagi halangan bagi para penjual dan pembeli untuk saling bertransaksi. Pasalnya, Shopee mampu menjangkau lebih banyak konsumen di berbagai tempat dan daerah. Kamu pun dapat memasarkan daganganmu tidak hanya terbatas di area lokasimu saja, tapi juga bisa lebih luas lagi.


3. Tidak Perlu Modal yang Besar

Sudah punya rencana untuk memulai bisnis online, tapi selalu gagal karena terhalang modal? Kini kamu nggak perlu khawatir lagi. Di Shopee, kamu bisa berjualan dengan modal yang minim hanya dengan menjadi reseller dan dropshipper.


Dengan sistem reseller, kamu tidak perlu pusing dan repot memikirkan proses produksi, karena semuanya sudah dilakukan oleh agen atau supplier. Sebagai reseller, tugasmu adalah menyetok barang sesuai pesanan dan mengirimkannya langsung ke pembeli. Nantinya, reseller mendapatkan potongan harga atau atau komisi dari setiap barang yang berhasil terjual. Besaran komisi ini dapat ditentukan sendiri atau sesuai kesepakatan yang dibuat dengan kebijakan agen.


Sementara jika modalmu sangat minim atau bahkan tidak ada sama sekali, menjadi dropshipper bisa jadi pilihan yang tepat. Dengan sistem dropship, kamu tidak perlu menyetok barang dan melakukan pengiriman produk.


Sebaliknya, fokusmu adalah hanya melakukan kegiatan promosi dan pemasaran saja. Nantinya urusan penyediaan dan pengiriman produk akan langsung dilakukan oleh agen pemilik produk. Praktis, bukan?


4. Waktu yang Fleksibel

Jika membuka toko fisik kamu memiliki jam operasional tertentu, maka dengan berjualan online kamu bisa melakukannya secara fleksibel 24 jam dalam sehari. Tak hanya itu, sebagai penjual, kamu pun masih dapat melakukan berbagai aktivitas lainnya sambil berjualan.


5. Sudah Terhubung dengan Jasa Pengiriman Paket

Saat ini Shopee telah bermitra dengan banyak jasa pengiriman paket yang sudah tersebar di mana-mana. Jadi, kamu bisa menggunakan jasa pengiriman paket terdekat dari rumah. Enaknya lagi, Shopee umumnya memberikan promo gratis ongkir untuk sejumlah jasa pengiriman paket. Hal ini tentu semakin menarik minat pembeli untuk berbelanja di Shopee.



Panduan Lengkap Cara Berjualan di Shopee

Setelah mengetahui berbagai keuntungan berjualan di Shopee, maka tahap selanjutnya adalah memulai berjualan di Shopee. Sebelum mulai aktif berjualan di Shopee, kamu perlu membuat akun Shopee terlebih dahulu. Cara membuat akun di Shopee pun mudah, kamu hanya perlu menyiapkan alamat email dan nomor ponsel yang aktif lalu ikuti cara di bawah ini:

  1. Daftar
  • Buka situs Shopee atau aplikasi Shopee
  • Pada halaman beranda, klik “Daftar”
  • Masukkan nomor telepon atau email yang aktif
  • Masukkan kode captcha yang tertera di layar
  • Lakukan verifikasi nomor telepon atau email
  • Buat password
  • Klik “Daftar”
  • Proses pendaftaran akun selesai
  1. Membuka Toko
  • Klik menu “Saya” pada bagian pojok kanan bawah
  • Klik “Toko Saya” pada bagian pojok kiri atas
  • Klik Seller Centre, pilih "Profil Toko"
  • Lengkapi "Nama Toko". Pastikan Anda memilih nama toko yang unik dan mudah diingat. 
  • Lalu klik “Deskripsi Gambar”
  • Kamu bisa mengunggah hingga 5 foto dan video singkat. Jangan lupa, sertai pula deskripsi gambar yang tidak hanya menarik, tapi juga mempunyai ciri khas. 
  •  Klik "Deskripsi" 
  • Kamu juga dapat menambahkan berbagai informasi mengenai riwayat toko, tipe produk, jam operasional toko, hingga teknis pengiriman barang. Buatlah deskripsi yang detail dan jelas  untuk memudahkan pembeli membeli barang dagangan tokomu. 
  • Masukkan nomor rekening. Jangan lupa memasukkan nomor rekening bank yang aktif atau yang akan kamu gunakan untuk menampung dana di Shopee. Hal ini penting supaya kamu dapat mencairkan penghasilan yang kamu dapatkan selama berjualan di Shopee.
  1. Mengunggah Produk

Kunci dari berjualan secara online adalah memiliki tampilan visual yang menarik. entah itu dari materi promosi hingga foto produknya itu sendiri. Oleh karena itu, supaya tokomu ramai dikunjungi pembeli, sebaiknya kamu menyiapkan gambar dengan kualitas yang baik untuk diunggah dan ditampilkan di etalase tokomu.

Pastikan gambar yang kamu unggah tersebut dapat dilihat dengan jelas, tidak buram, dan kalau memungkinkan kamu bisa menggunakan bantuan model yang menarik. Namun, pastikan produk yang Anda unggah di Shopee tidak termasuk barang yang dilarang oleh Shopee. 

Selain memperhatikan foto produk, kamu juga perlu mengisi atribut produk dan memberi penjelasan yang detail mengenai produk yang dijual. Misalnya, nama/merek produk, ukuran, warna, ukuran, teknis pengiriman produk, dan lain sebagainya. Setelah semuanya selesai, kamu bisa klik "Simpan & Tampilkan" untuk menampilkan produk kamu di Toko Shopee. Tim Shopee akan memeriksa produkmu maksimal dalam waktu 1 hari kerja.

  1. Mempromosikan Produk

Cara berjualan di Shopee lainnya yang perlu diperhatikan adalah menyusun strategi promosi. Promosi ini penting supaya barang daganganmu dilirik oleh calon konsumen. Salah satu strategi promosi yang bisa kamu coba adalah dengan memberikan promo menarik, misalnya berupa potongan harga, cashback, hingga gratis ongkir. Selain itu, kamu juga bisa membagikan tautan toko dan produk melalui media sosial sebagai upaya untuk meningkatkan omset penjualan.



Strategi Jualan Online di Shopee supaya Cepat Laku dan Untung

Agar jualanmu di Shopee cepat mendatangkan laku dan keuntungan, berikut strategi yang bisa kamu terapkan:

1. Mengaktifkan Fitur Gratis Ongkir

Tak bisa dipungkiri, banyak pengguna Shopee di Indonesia yang menyukai promo gratis ongkos kirim alias gratis ongkir. Ketertarikan masyarakat dengan promosi tersebut bisa kamu jadikan sebuah strategi agar jualanmu cepat laku dan menguntungkan.

Caranya adalah dengan mengaktifkan fitur gratis ongkos kirim (ongkir) di platform ecommerce tersebut. Kamu pun bisa mengaktifkan fitur melalui aplikasi Shopee, berikut langkah-langkahnya:

  • Login ke akun Shopee;
  • Lalu klik icon “Gratis Ongkir” yang ada di beranda;
  • Pilih “Semua Gratis Ongkir” kemudian klik “Daftar Sekarang” yang berada di bagian bawah;
  • Isi kolom “No. KTP dan unggah foto diri beserta KTP”. Pastikan swafoto wajah dan KTP yang sedang kamu pegang jelas serta tidak blur;
  • Beri ceklis syarat dan ketentuan yang tertera kemudian klik “Kirimkan”;
  • Selesai, kamu tinggal menunggu notifikasi Program Gratis Ongkir dari Shopee untuk tokomu.

2. Perbanyak Mengunggah Produk

Strategi agar jualanmu cepat laku di Shopee selanjutnya adalah dengan memperbanyak upload produk. Pengguna Shopee tentunya menyukai bila toko yang dipilih untuk berbelanja memiliki jumlah produk banyak dan bervariasi. Itu sebabnya, kamu harus mulai memperbanyak mengunggah variasi produk lain agar pengguna Shopee tertarik dengan jualan kamu. Sebagai contoh, jika kamu menjual pakaian, maka kamu bisa memperbanyak model, ukuran dan warna, begitupun dengan berbagai kategori produk lainnya.

3. Perbanyak Jumlah Followers Toko

Tahukah kamu kalau jumlah followers di Shopee dapat meningkatkan hampir 50 persen jualan, lho. Itu sebabnya, kamu harus menerapkan strategi satu ini agar jualan kamu dapat cepat laku dan menghasilkan keuntungan.

Selain itu, ada banyak keuntungan yang bisa kamu dapatkan bila memperbanyak jumlah followers di Shopee, di antaranya meningkatkan traffic dan meningkatkan kredibilitas toko kamu. Adapun langkah-langkah yang bisa kamu terapkan untuk meningkatkan jumlah followers di toko kamu sebagai berikut:

  • Gunakan foto profil yang menarik dan paling relevan dengan produk yang kamu jual. Selain itu, tambahkan informasi toko kamu dengan akurat.
  • Rutin memposting produk di Shopee Feed minimal tiga kali dalam seminggu.
  • Gunakan minimal tiga hastag yang paling relevan dalam setiap postingan Shopee Feed kamu.
  • Buat Giveaway dengan syarat yang wajib harus mem-follow toko kamu.
  • Membuat sesi Live Streaming minimal satu kali dalam seminggu.

4. Ikuti Program Khusus dari Shopee untuk Penjual

Strategi berikutnya adalah dengan mengikuti program khusus dari Shopee. Shopee memang kerap mengadakan event khusus, seperti FLASH SALE, Shopee Pay Deals atau 11.11 Big Deals, kamu pun bisa menggunakan event tersebut untuk meningkatkan jumlah penjualan kamu.

5. Membalas Review Pelanggan

Agar konsumen semakin tertarik dan percaya untuk membeli produkmu, kamu juga bisa membalas dan mengunggah testimoni dari pelanggan lainnya mengenai produkmu yang kamu jual. Testimoni sendiri dapat dijadikan bukti atas kepuasan maupun ketidakpuasan pelanggan. Dengan testimoni yang positif, nilai reputasi bisnis kamu pun akan semakin baik di mata calon pelanggan lainnya.

Itulah sejumlah cara dan tips berjualan di Shopee yang bisa kamu coba. Untuk menemukan lebih banyak tips dan rahasia sukses dalam menjalankan bisnis yang cerdas, kamu bisa dapatkan dari Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dan memperkaya pengetahuan kamu dalam berbisnis.

Ada beragam kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas dengan yang kamu inginkan, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya dan memperluas relasi kamu.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

bukuwarung.com/cara-jualan-di-shopee/

seller.shopee.co.id/edu/article/464/Berjualan-di-Shopee

pluginongkoskirim.com/jualan-di-shopee/

99.co/blog/indonesia/cara-berjualan-di-shopee/

Diakses pada: 22 November 2021



Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All