B

anyak penulis yang sukses menerbitkan novel dan memiliki banyak penggemar. Bahkan, hampirsetiap genre sudah memiliki “pasar” masing-masing. Buat kamu yang ingin seperti mereka dan menjadi penulis novel, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

Novel menjadi salah satu jenis buku yang tidak pernah sepi peminat atau pembaca. Banyak juga orang yang sudah menjadi pembaca setia dari seorang penulis tertentu, misalnya seperti J.K Rowling yang karyanya selalu ditunggu-tunggu.

Selain hal itu,novel juga menjadi salah satu bentuk karya tulis yang bisa dibuat oleh seluruh kalangan. Pasalnya, novel tidak memerlukan riset mendalam dalam proses membuatnya. Lewat imajinasi penulisnya pun terkadang sudah cukup.

Karena bisa ditulis oleh siapa saja, seluruh rentang usia atau pun profesi bisa menghasilkan novel. Bahkan, mau itu penulis pemula atau berpengalaman, intinya semua orang bisa menulis novel.

Meskipun siapa saja bisa menulis novel, yang menjadi pertanyaan adalah bisakah novel itu menjual? Pasalnya, ada banyak faktor yang bisa membuat sebuah novel dikatakan bagus atau kurang bagus.

Cara Menjadi Penulis Novel

Banyak yang perlu dipersiapkan untuk menjadi seorang novel profesional. Profesional di sini berarti menjadikan aktivitas menulis novel sebagai sebuah profesi atau menghasilkan uang. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan jika ingin menjadi seorang penulis novel.

1.      Mulai Menulis

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah mengasah terus kemampuan menulismu. Terkadang memang sulit menyelesaikan satu paragraf, bahkan satu kalimat. Karena itu, mulailah menulis. Dengan mulai menulis, kalimat-kalimat berikutnya akan mengalir begitu saja.

Mulailah menulis ide dan kerangka novel, lalu teruskan cerita dengan bahasa yang mudah dan menarik supaya pembaca tidak merasa bosan di saat membacanya. Memang, terkadang ide menulis pun bisa muncul kapan saja, bahkan di saat sedang tidak berada di depan komputer atau laptop.

Untuk menyiasati hal ini, kamu bisa langsung menuangkan ide atau kerangka tulisan di dalam telepon genggam yang dimiliki. Lalu, ketika sudah berada di depan laptop, kamu bisa langsung meneruskan ide atau kerangka tulisan tersebut.

2.      Jangan Takut Memulai

Tulis semua yang ide yang ada di benakmu. Tuliskan semuanya. Setelah berhasil menuliskannya dengan rapi, kamu bisa membaca ulang tulisan tersebut atau meminta tolong orang-orang terdekat untuk dibaca.

Dengan begitu,kamu bisa menyadari di mana kekurangan dari karyamu. Satu hal yang perlu diingat adalah jangan sekali-kali takut atau berubah menjadi minder ketika tulisanmu dikritik. Jadikan masukan tersebut sebagai senjata untuk bisa menulis karya yang lebih baik lagi.

Kunci yang perlu diingat adalah dengan menulis rutin. Jadikan kebiasaan menulis menjadi aktivitas sehari-hari yang kamu rutin lakukan. Bukan menjadi masalah apabila kamu hanya menulis caption di Facebook atau Instagram.

3.      Banyak Membaca

Ini adalah salah satu resep paling jitu jika kamu ingin mahir dalam menulis. Semakin sering membaca, apa pun itu jenis tulisannya, otomatis kosakata yang kamu kuasai juga semakin luas.

Dengan memiliki kosakata yang banyak, ini sangatlah membantu kamu merintis jalan sebagai penulis novel profesional. Walaupun membaca buku adalah aktivitas yang paling disarankan, menonton berita di TV atau menyimak info dari internet juga boleh dilakukan.

Banyak membaca juga sangat membantu kamu untuk mengembangkan ide cerita yang akan ditulis. Novel yang nantinya kamu buat memiliki tujuan untuk menarik dibaca, maka dengan banyak membaca tulisan orang lain, kamu menjadi paham gaya tulisan atau genre apa yang diminati publik.

4.      Nikmati Prosesnya

Untuk menggapai mimpi menjadi penulis novel profesional, kamu harus bisa menikmati segala proses yang dijalani, baik yang pahit maupun manis. Jangan khawatir jika tulisan masih kurang bisa dipahami atau cenderung berantakan. Lawan segala rasa cemas dan jadikan hal itu sebagai senjata untuk bisa menulis lebih baik lagi.

Kesalahan itu adalah hal yang wajar dan merupakan salah satu bagian dari sebuah proses. Maka dari itu, penting untuk menikmati segala proses yang dijalani. Menjalani proses menulis memang terkadang membosankan, tetapi sebaiknya kamu tidak boleh merasa seperti itu.

Nikmati prosesnya dan jangan merasa terbebani dengan pola pikir “tulisan saya harus jadi 1000 halaman”. Namun, yang perlu dilakukan adalah dengan berpikir “saya menikmati waktu saya dalam menulis” atau “saya bisa menjadi lebih ekspresif dengan menulis”.

5.      Pelajari Mekanismenya Terkait dengan Penerbit

Ketika tulisanmu sudah selesai dan siap untuk dijadikan sebuah buku, datangi perusahaan penerbit buku untuk memahami mekanismenya. Penting untuk memilih penerbit tepat supaya kamu bisa diarahkan menjadi penulis novel yang andal.

Kebanyakan perusahaan penerbit memiliki sejumlah syarat untuk menerbitkan buku. Namun, alasan yang paling sering menjadikan penerbit tidak memasarkan sebuah buku adalah pasar. Perusahaan penerbit memiliki pandangan sendiri terkait pasar yang ingin disasar.

Sebelum menerbitkan buku, penting juga untuk memperbanyak sharing dengan editor. Merekalah yang akan memberikan banyak masukan sana-sini supaya tulisan kamu menjadi lebih menarik. Jika penerbit memiliki ide atau masukan, sebaiknya pertimbangkan baik-baik dan jadikan sebagai kritik yang membangun.

Cara-cara di atas bisa membantu kamu untuk memulai profesi sebagai penulis dan juga bisa membantu kamu yang sudah memulainya. Penting untuk dipahami bahwa penulis memiliki potensi yang bagus selayaknya profesi lainnya. Bahkan, tidak mustahil kamu bisa jadi terkenal dengan menjadi penulis. Yang terpenting adalah bagaimana kamu menjalani prosesnya dengan tekun.

Nah, untuk kamu yang ingin menjadi penulis novel atau ingin melengkapi dirimu dengan wawasan dan pengetahuan untuk menjadi penulis, kamu bisa mendapatkan rahasianya bersama Kuncie, di mana kamu bisa belajar dari para mentor berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dan dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif. Yuk, dapatkan kunci sukses untuk menjadi penulis novel yang sukses bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi website Kuncie sekarang!

Referensi:

katadata.co.id/sortatobing/berita/60c2eed2792d6/cara-menjadi-penulis-novel-dan-wattpad

penerbitdeepublish.com/cara-menjadi-penulis-novel/

blog.mizanstore.com/10-langkah-mudah-jadi-penulis-untuk-pemula/

shopback.co.id/katashopback/tips-untuk-menjadi-penulis-pemula

lifestyle.kompas.com/read/2011/05/05/13002546/~Beranda~Gaya%20Hidup

Diakses pada: 9 September 2021

Posted 
 in 
Leadership
 category

More from 

Leadership

 category

View All