M

emulai usaha tentu saja selain memerlukan mental yang tangguh juga membutuhkan modal yang tidak sedikit. Jika kamu masih ragu dan takut karena belum cukup pengalaman, kamu bisa memulai usaha dengan menjadi reseller.


Adanya teknologi jadi mempermudah upaya kamu untuk membuka bisnis. Dengan ekosistem internet yang terus berkembang dari hari ke hari, membuka bisnis online bahkan dapat dilakukan tanpa mempunyai modal atau produk sendiri. Istilah ini biasa disebut sebagai reseller.


Apa yang Dimaksud Dengan Reseller?

Reseller adalah istilah yang dipakai apabila kamu menjual produk dari orang lain. Meskipun sama-sama sebagai penjual, yang membedakan adalah reseller tidak perlu menyetok barang sendiri atau pun menyimpan produk di gudang.

Reseller di sini artinya mengikuti stok produk dari penjual tangan pertama lalu menjualnya ke pasaran demi meraih keuntungan. Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah reseller juga mempunyai peluang untuk mendapatkan keuntungan? Jawabannya adalah sangat mungkin.

Yang perlu kamu lakukan adalah memiliki perhitungan keuntungan yang jelas dan bagaimana seorang reseller bisa melihat peluang dari produk yang dipasarkan. Kamu pun jadi bisa menghemat tenaga karena tidak perlu menyimpan barang di gudang, bahkan tidak perlu melakukan pengepakan hingga pengiriman ke pembeli.

Di tengah maraknya bisnis online, reseller pun menjadi sangat lazim dilakukan oleh masyarakat. Apabila kamu tertarik dan ingin mencoba peruntungan untuk menjadi reseller, berikut adalah lima cara agar bisa menjadi reseller sukses:


  • Pilih Produk yang Tepat

Ini menjadi langkah awal apabila kamu berminat untuk menjadi reseller. Yang kamu perlu lakukan adalah mencari produk yang menarik, dan perhatikan apakah produk yang kamu mau banyak diminati pasar atau tidak.

Kamu dapat melakukan riset pasar kecil-kecilan melalui media sosial. Perhatikan kira-kira produk apa yang sedang ramai dibicarakan, atau barang-barang apa yang lagi dipakai para selebgram.

Risiko menjadi reseller adalah untung yang terkadang tidak banyak. Akan tetapi itu sebenarnya bukan menjadi masalah, sebab jika produk laris atau banyak terjual, untungnya jelas akan otomatis banyak.

Selain memilih produk yang tepat, sebagai reseller kamu juga harus memahami dan mempelajari produk yang dipasarkan. Ini penting supaya saat ada pembeli yang bertanya mengenai produk, kamu bisa menjawab tanpa bingung. Pembeli pun jadi lebih puas dengan pengalaman belanja dengan kamu.


  • Pilih Produsen atau Supplier yang Terpercaya

Setelah mendapatkan produk yang mau kamu jual, yang perlu kamu lakukan selanjutnya adalah memastikan produsen atau supplier terpercaya. Kamu harus memastikan dengan sangat cermat karena supplier memiliki pengaruh besar saat proses penjualan.

Selain terpercaya, memilih produsen atau supplier yang berkualitas juga tidak kalah penting. Semakin berkualitas produsen yang kamu pilih, kamu jadi tidak perlu khawatir akan kualitas produk yang kamu jual ke pasaran.

Cara terbaik untuk memastikan bahwa produsen atau supplier tertentu itu terpercaya dan berkualitas adalah dengan memantau setiap ulasan. Pastikan ulasan yang diberikan konsumen bernada positif dan bukan pengulas bayaran atau palsu. Ulasan produk yang asli sudah pasti lebih alami penuturannya dan cenderung tidak berlebihan.

Hal tambahan yang bisa kamu lakukan adalah mendekati atau mengakrabkan diri dengan supplier. Ini memiliki tujuan agar kamu bisa mendapatkan harga yang lebih rendah supaya kamu mendapatkan untung lebih banyak.


  • Pahami Pasar dan Kompetitor

Setelah memahami betul apakah produk yang kamu jual diminati pasar atau tidak, kamu juga perlu memikirkan apakah produk tersebut akan diminati pasar secara berkelanjutan. Di awal kamu perlu memperhitungkan dengan kalkulasi kasar atau yang sifatnya sementara. Ini dilakukan supaya kamu terhindar dari kerugian yang tidak terduga di masa depan.

Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan kompetitor lain yang menjual produk serupa. Apa saja kelebihan dan kekurangan dari kompetitor yang bisa kamu telaah untuk menawarkan solusi baru di tengah pasar.


  • Gunakan Teknik Pemasaran yang Tepat

Adanya teknologi jadi mempermudah dalam membuka bisnis. Kamu pun dibebaskan dengan strategi apa yang mau dilakukan untuk memasarkan, bisa melalui media sosial, marketplace, website, atau situs e-commerce.

Dengan strategi yang tepat, kamu bisa memanfaatkan berbagai platform digital untuk mempromosikan bisnismu dan memasarkan produk-produk. Yang terpenting adalah kamu memiliki strategi yang tepat untuk masing-masing platform tersebut.

Menjadi reseller bisa menjadi langkah awal buat kamu yang ingin mulai berbisnis, tapi belum memiliki modal yang cukup. Dalam menjadi reseller, kamu tidak hanya belajar beragam cara dalam berbisnis, tetapi kamu juga bisa mendapatkan banyak keuntungan dengan menjalankan strategi yang tepat. Menjadi reseller bisa membantu kamu untuk menjadi pebisnis dengan cara yang mudah dan praktis. Apalagi dengan adanya dukungan teknologi yang semakin canggih.

Nah, buat kamu yang ingin menjadi pebisnis, khususnya ingin mencoba menjadi reseller tetapi masih bingung untuk memulainya, kamu bisa dapatkan tips dan beragam pengetahuan dalam berbisnis bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

ekonomi.kompas.com/read/2018/02/08/110000326/jadilah-reseller-online-yang-sukses-dengan-6-hal-berikut?page=all

merdeka.com/jabar/5-cara-menjadi-reseller-online-shop-mudah-dan-menguntungkan-kln.html

koinworks.com/blog/cara-menjadi-reseller/

cimbniaga.co.id/id/inspirasi/bisnis/cara-menjadi-reseller-tanpa-modal-keuntungan-melimpah

blog.porinto.com/cara-menjadi-reseller-sukses/

Diakses pada: 3 Januari 2022


Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All