B

erdasarkan riset yang dilakukan oleh We Are Social dan Hootsuite terkait pola pemakaian media sosial di beberapa negara termasuk Indonesia, rata-rata orang Indonesia menghabiskan waktu 3 jam 14 menit untuk mengakses media sosial setiap harinya. Dalam laporan yang diterbitkan pada 11 Februari 2021 tersebut, Facebook menempati urutan kedua dalam jajaran media sosial yang paling sering diakses pengguna.

Karena alasan itulah, tidak mengherankan jika ada banyak pelaku usaha yang menggunakan Facebook untuk memasarkan produknya. Namun tentu saja, Return of Investment yang diperoleh akan semakin besar jika kamu tahu bagaimana cara membuat FB ads yang mampu menarik atensi banyak pengguna.


Tren Beriklan di Media Sosial

Saat ini media sosial sudah menjadi dunia kedua bagi manusia. Entah untuk mencari informasi atau hiburan, orang pasti mengakses akun media sosial setiap harinya. Hal ini turut mendorong para pelaku usaha untuk mempromosikan produk atau layanannya melalui media sosial.

Promosi melalui media sosial biasanya dilakukan dengan beberapa cara. Ada yang dilakukan dengan iklan hard selling, ada juga yang dilakukan dengan cara yang lebih soft selling. Selain itu, promosi di media sosial juga bisa dilakukan dengan cara berbagi konten yang diselipkan pesan khusus yang mendorong interaksi.

Beberapa merek juga ada yang menggunakan selebgram untuk membantu mendongkrak eksposur. Biasanya ini dilakukan untuk mereplikasi promosi mulut ke mulut dengan bantuan tokoh publik yang berpengaruh atau yang biasa disebut influencer.


Keuntungan Beriklan di Facebook Ads

Promosi melalui Facebook sendiri umumnya dilakukan dengan dua cara. Ada cara gratis dan cara berbayar. Namun untuk menjangkau banyak pengguna, para pelaku bisnis biasanya lebih memilih iklan berbayar atau Facebook Ads.

Dibandingkan dengan promosi gratisan, Facebook Ads memungkinkan pemasang iklan untuk menentukan demografi audiens yang ingin dijangkau. Kamu bisa menargetkan audiens berdasarkan rentang usia, jenis kelamin atau lokasi. Dengan menargetkan audiens yang tepat, potensi interaksi jadi semakin besar.

Selain bisa menargetkan audiens secara lebih spesifik, Facebook Ads juga dinilai lebih kredibel dibandingkan model iklan gratisan yang terkesan spammy. Eksposurnya juga lebih tinggi. Menariknya lagi, pengguna yang mengklik iklan di Facebook juga punya kecenderungan sebesar 26% untuk membeli.


Cara Membuat Facebook Ads

Facebook telah menyediakan halaman khusus untuk para pemasang iklan. Jika kamu ingin membuat Facebook Ads, kamu bisa mengunjungi halaman Facebook Ads Manager. Berangkat dari sini, kamu bisa mulai membuat iklan di Facebook.

  1. Buat Profil di Facebook Ads Manager

Sebelum mulai membuat iklan, pertama buat profil terlebih dahulu. Caranya login ke halaman Facebook Ads Manager, pilih menu “create” kemudian masukkan data-data seperti alamat, nomor telepon, foto profil dan foto sampul.

  1. Tentukan Tujuan Facebook Ads

Facebook menawarkan 3 kategori tujuan iklan yang berbeda, yakni awareness, conversions dan engagement. Jika ingin meningkatkan brand awareness, opsi awareness akan lebih direkomendasikan. Begitu juga untuk opsi-opsi yang lain. Dalam hal ini, pilihlah sesuai dengan tujuan iklan yang ingin dibuat.

  1. Tentukan Target Audiens

Kepada siapa iklan tersebut ingin ditunjukkan? Kamu bisa mengaturnya dengan menggunakan fitur Audience Definition Gauge. Ada beberapa parameter yang bisa diatur di sini. Beberapa diantaranya adalah lokasi, jenjang pendidikan, status, pekerjaan, finansial, negara, etnis, bahasa hingga perilaku.

  1. Tentukan Jenis Format Iklan

Facebook lima jenis format iklan yang bisa dipilih. Ada format carousel, video tunggal, gambar tunggal, koleksi dan tayangan slide. Kamu bisa memilihnya sesuai dengan keinginan.

  1. Tentukan Durasi Iklan

Tentukan berapa lama iklan tersebut akan ditayangkan. Apakah satu hari, satu minggu atau satu bulan, kamu bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan. Namun jika ingin mendapatkan hasil yang lebih optimal, disarankan memilih waktu satu bulan.

  1. Atur Penempatan Posisi Iklan

Di halaman Facebook Ads Manager, kamu juga bisa mengatur penempatan iklan. Ada beberapa opsi yang tersedia, seperti di feed, desktop feed atau di sisi kanan halaman Facebook.


Tips Membuat Facebook Ads yang Efektif

Agar iklan yang dibuat mampu menjangkau target pasar yang tepat dan memenuhi tujuannya dengan baik, kamu tidak bisa hanya sekedar membuat Facebook Ads dan berharap semuanya bisa berhasil. Strategi tetap dibutuhkan. Agar iklan jadi lebih efektif, berikut tips yang bisa kamu terapkan.

  1. Pahami Siapa Audiens Potensial

Sebelum membuat iklan, kamu harus tahu siapa audiens potensial yang membutuhkan produk atau layanan yang akan ditawarkan. Apakah itu ibu rumah tangga, pekerja kantoran atau mahasiswa, setiap audiens memiliki karakter berbeda. Kamu perlu riset untuk menemukan siapa audiens potensial. Dengan memahami audiens, kamu bisa membuat iklan yang sesuai dengan “bahasa” mereka.

  1. Buat Iklan yang Menarik

Beberapa audiens mungkin ada yang lebih suka dengan diskon. Ada juga yang lebih tertarik dan tergerak dengan isu-isu tertentu. Gunakan gambar atau video yang relevan dan menarik untuk mereka. Pilihan warna, teks dan headline juga harus disesuaikan agar terlihat menarik.

  1. Buat Deskripsi yang Informatif

Deskripsi yang membuat penasaran memang bisa menarik interaksi. Tapi kalau interaksi tersebut masih bersifat mentah, biasanya orang hanya akan bertanya singkat kemudian pergi. Untuk meminimalisir hal tersebut, pastikan deskripsi iklan dibuat informatif.

Untuk membantu mengukur, mengoptimalkan dan membuat audiens kampanye pemasaran yang dilakukan, kamu bisa memadukan Facebook Ads dengan Facebook Pixel. Dengan cara ini, kamu bisa mengoptimalkan pemasaran yang dilakukan.

Facebook Ads dengan berbagai fitur dan keuntungannya merupakan salah satu elemen untuk memaksimalkan kinerja bisnis kamu. Selain itu, ada beragam elemen lainnya yang perlu kamu perhatikan dan harus dijalankan agar bisnis bisa berkembang.

Nah, buat kamu yang sedang berbisnis dan sedang mencari berbagai tips bisnis dan rahasia suksesnya, kamu bisa temukan semua itu di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

whello.id/tips-digital-marketing/tips-sukses-melakukan-facebook-ads/

cermati.com/artikel/dijamin-berhasil-ini-kiat-sukses-membuat-facebook-ads

digimind.id/5-tips-dan-trik-terbaru-facebook-ads-2021/

niagahoster.co.id/blog/cara-membuat-facebook-ads/

meson-digital.com/blog/social-media/panduan-beriklan-facebook-ads/

tekno.kompas.com/read/2021/02/23/11320087/berapa-lama-orang-indonesia-akses-internet-dan-medsos-setiap-hari?page=all

Diakses pada: 15 Desember 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All