M

embuka bisnis dari nol memang membutuhkan keberanian dan modal yang luar biasa. Tetapi,dengan mengetahui cara memulai bisnis yang benar, kamu tidak perlu takut lagi mengembangkan bisnis sendiri dari awal. Yuk simak tips memulai usaha berikut sebelum kamu membuka usaha!

Kuncie X SBM ITB: Mini MBA Program

mini mba indonesia

Dapatkan pembelajaran setara MBA dengan harga yang lebih terjangkau dan waktu yang lebih singkat di program non-degree Mini MBA bersama SBM ITB di Kuncie!

Daftar Sekarang!

1.      Sesuaikan dengan Passion Kamu

Memiliki passion merupakan salah satu cara memulai bisnis dari nol. Tanpa passion,kamu tidak memiliki motivasi untuk memulai bisnis tersebut dan mengelolanya hingga sukses. Ingat ya, untuk menjalankan suatu usaha, kamu akan menghabiskan banyak waktu, tenaga, dan modal agar semuanya berjalan sesuai rencana.

Jadi, bila tidak didasari passion, semua hal yang kamu investasikan untuk membangun bisnis tersebut seperti beban yang sangat berat. Tanamkan keyakinan bahwa kamu ingin memulai bisnis sendiri dari nol terlepas dari berbagai tantangan yang akan dihadapi nantinya. Pastikan kamu juga sanggup menghadapi risiko bisnis dan persaingan yang sangat ketat.

2.      Lakukan Riset Pasar

Sebagai permulaan, cara memulai bisnis dari nol yaitu dengan melakukan riset pasar. Melalui riset pasar, kamu bisa mempelajari dinamika bisnis yang ada. Dari mulai siapa target pasar, karakteristik calon pelanggan, hingga kompetitor, kamu bisa mendapatkan informasi tentang mereka melalui riset pasar yang komprehensif.

Dari riset pasar tersebut, kamu juga bisa menemukan celah yang bisa dimanfaatkan. Kamu tidak bisa memulai usaha jika tidak melakukan riset pasar terlebih dahulu. Mungkin kamu belum bisa memulai usaha dari nol mulai sekarang, tapi tidak ada salahnya melakukan riset pasar dari jauh hari.

3.      Pelajari Business Plan dengan Baik

Memulai usaha dari nol itu artinya kamu memerlukan perencanaan yang matang. Cara memulai bisnis yang tepat yaitu dengan mempelajari business plan. Setiap perencanaan bisnis yang kamu lakukan bisa dituangkan dalam business plan. Dalam business plan tersebut, kamu bisa memetakan rencana bisnis beberapa tahun ke depan, tujuan yang ingin diraih, dan berbagai upaya untuk mencapai tujuan tersebut.

Ada banyak alasan mengapa business plan dianggap sebagai faktor penting sebelum memulai bisnis dari nol. Di antaranya untuk memudahkan dalam proses peminjaman modal dan untuk menilai apakah bisnis yang ingin kamu bangun memungkinkan untuk dimulai.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan business plan untuk meyakinkan investor agar turut berkontribusi dalam pembangunan bisnis kamu. Buatlah visi dan misi yang jelas dengan berbagai inovasi di dalamnya agar investor tidak ragu untuk memberikan kepercayaan pada bisnis tersebut.

4.      Pelajari Strategi Bisnis dengan Baik

Strategi bisnis diperlukan jika kamu berniat membangun usaha dari nol. Strategi tersebut akan menjadi cara memulai usaha yang bisa menghasilkan keuntungan jangka panjang.

Strategi bisnis juga berperan penting dalam mempertahankan usaha meski kondisi pasar tengah mengalami kesulitan akibat faktor internal maupun eksternal. Membangun usaha dari nol itu artinya kamu siap dengan strategi bisnis yang efektif.

Mulai pikirkan strategi bisnis seperti apa yang cocok sebagai cara memulai usaha dari nol.Berpikir kritis, terbuka, dan fokus serta mau mengambil risiko merupakan hal-hal yang diperlukan untuk membangun suatu strategi bisnis yang efektif dan mampu bertahan dari krisis eksternal.

5.      Menentukan Produk yang Ingin Dijual

Bila ingin membangun bisnis dari nol, tentunya kamu juga perlu memikirkan produk seperti apa yang ingin dijual, kan? Produk yang kamu jual bisa berupa barang atau jasa.

Bila produk ingin banyak dibeli, kamu harus pastikan bahwa apa yang kamu tawarkan dapat memberikan solusi pada calon pelanggan. Hal ini bisa kamu ketahui dengan melakukan riset pasar terlebih dahulu. Dari hasil riset yang mendalam, kamudapat mengetahui produk seperti apa yang laris di pasaran.

Setelah ditentukan, kamu bisa melakukan uji coba pasar dengan menjual produk tersebut ke pasar terbatas. Kamu bisa mempraktekkan cara mengembangkan bisnis ini dengan menjual produk pada lingkungan keluarga, pertemanan, atau tetangga yang sesuaidengan target pasar kamu.

6.      Tingkatkan Kualitas Diri

Cara memulai usaha dari nol agar berkembang dengan baik tidak lepas dari kualitas sumber daya manusia (SDM). Kamu dituntut untuk terus belajar dan meningkatkan kualitas diri. Dalam bisnis, kamu akan melakukan penjualan, pemasaran, dan membangun networking yang perlu kamu kuasai.

Itu sebabnya kamu perlu meningkatkan kualitas diri melalui berbagai cara seperti rajin mengikuti workshop, mentoring, online course,atau seminar. Pelajari juga kisah inspiratif dan tips memulai usaha dari pebisnis yang berhasil membangun usaha dari nol.

Bingung Membangun Relasi Bisnis?

Ikutan kelas Manajemen Relasi Bisnis di Kuncie!

7.      Lakukan Evaluasi

Evaluasi menjadi cara memulai bisnis dari nol yang tak boleh kamu lewatkan. Melalui evaluasi,setiap kesalahan yang dilakukan mampu diperbaiki. Setiap pengusaha yang baru merintis bisnisnya tidak luput dari kesalahan, tapi evaluasi membantu mereka untuk terus memperbaiki segala aspek usaha yang dilakukan.

8.      Tingkatkan Kualitas Produk dan Layanan

Kualitas produk tidak lepas dari area bisnis yang perlu dievaluasi. Cobalah untuk berinovasi untuk menawarkan yang terbaik pada prospek dan pelanggan kamu. Selain meningkatkan kualitas produk, kamu juga perlu meningkatkan mutu layanan pelanggan. Dengan pelayanan terbaik, pelanggan akan selalu mempercayakan pilihan mereka pada bisnis yang kamu mulai dari nol.

Cara memulai bisnis dari nol di atas akan membantu langkahmu jika ingin membangun bisnis sendiri. Nah, buat kamu yang ingin memulai bisnis kamu sendiri, kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam membangun dan mengembangkan bisnismu bersama Kuncie!

Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun. Kamubisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Referensi:

modalrakyat.id/blog/11-tips-sukses-bangun-bisnis-dari-nol

blog.mokapos.com/2018/07/30/ingin-memulai-usaha-dari-nol-hingga-sukses-ini-10-tipsnya

Diakses pada: 4 Oktober 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All