D

i tengah kecanggihan teknologi seperti sekarang ini, bisnis tidak hanya dijalankan secara offline tapi juga online. Namun, metode apapun yang kamu terapkan, menentukan target pasar tetap menjadi bagian yang krusial dalam strategi pemasaran.

Bila menggunakan platform digital, kamu perlu mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat sesuai dengan platform tersebut. Dengan menentukan target pasar dan platform yang tepat, tidak sulit untuk meningkatkan penjualan sesuai target.

Pentingnya Menentukan Target Pasar

Target pasar merupakan suatu proses pengelompokan audiens ke dalam beberapa kategori. Pengelompokan tersebut bisa dilihat dari minat, latar belakang, usia, profesi, perilaku belanja, pendidikan dan hobi. Namun, kamu perlu melakukan analisa sebagai cara menentukan target pasar yang tepat. Dari hasil analisis tersebut, kamu dapat mengetahui segmen mana yang sesuai dengan karakteristik bisnis yang kamu bangun.

Penentuan target pasar akan menguntungkan, khususnya bila kamu menggunakan media digital dan Internet. Dengan mengetahui cara menentukan target pasar yang tepat, kamu bisa membuat strategi pemasaran yang tepat sasaran sekaligus mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya. Kamu pun dapat dengan mudah menentukan produk mana yang cocok untuk calon pelanggan, layanan seperti apa yang mereka butuhkan, serta harga produk yang sesuai.

Lantas bagaimana kalau kamu tidak menerapkan cara menentukan target pasar yang tepat? Bisnis kamu tentunya tidak akan bertahan lama di pasaran. Penjualan pun akan sulit dilakukan dan kamu akan sulit mendapatkan pelanggan. Itu sebabnya kamu perlu menentukan target pasar. Selain itu, di era digital seperti sekarang ini, platform online yang tepat pun perlu dipertimbangkan.

Cara Menentukan Target Pasar Sesuai Platform

Untuk menentukan target pasar yang tepat sesuai platform, ada hal-hal yang perlu kamu lakukan. Antara lain:

  1. Pilih Media Sosial yang Tepat

Dalam menjalankan suatu bisnis, kamu tidak cukup dengan menentukan target pasar saja. Kamu perlu juga menentukan jenis media sosial yang tepat dan sesuai dengan produk yang kamu tawarkan ke calon pelanggan.

Di antara banyaknya media sosial yang tersedia, coba deh hanya fokus pada satu atau dua platform saja. Pastikan platform tersebut sesuai dengan bisnis yang kamu jalankan. Setelah menemukan platform yang tepat, pastikan kamu memaksimalkan upaya dalam menjalankan strategi pemasaran. Caranya yaitu dengan melakukan regular update dan konsisten memberikan konten yang cocok dengan audiens.

Kamu juga bisa bereksperimen menggunakan platform lain sebagai cara menentukan target pasar yang lebih luas. Asalkan lakukan upaya pemasaran di platform tersebut dengan konsisten juga.

  1. Setiap Media Sosial Memiliki Target Pasar Berbeda

Cara menentukan target pasar lainnya yaitu dengan mengetahui target pasar seperti apa yang aktif di media sosial. Kamu bisa memanfaatkan fitur insight yang disediakan oleh media sosial. Insight tersebut dapat kamu gunakan sebagai cara menentukan target pasar yang tepat, khususnya bila kamu akan menjalankan rencana kampanye pemasaran selanjutnya.

  1. Buat Strategi Khusus

Masih bingung cara menentukan target pasar sesuai dengan platform yang tersedia? Kalau begitu cobalah membuat strategi khusus yang berfokus pada pembuatan konten media sosial untuk bisnis kamu. Namun, sebelumnya, tentukan dulu apa tujuan kamu menggunakan media sosial dalam berbisnis. Biasanya, media sosial digunakan dalam bisnis untuk:

  • Menciptakan kesadaran brand; kamu disarankan untuk membuat konten yang berisi informasi mendasar terkait produk yang kamu tawarkan. Melalui konten tersebut, kamu dapat memperkenalkan brand sekaligus memberikan ulasan terkait barang atau jasa yang kamu pasarkan.
  • Ajakan untuk membeli produk; konten yang dibuat biasanya berupa promosi yang berisi kelebihan produk, diskon, dan hal lain yang dapat menarik minat audiens untuk membeli produk tersebut.

Dua tujuan tersebut bisa kamu jadikan acuan sebagai cara menentukan target pasar sesuai dengan platform yang cocok dengan profil bisnismu. Selain itu, kamu juga perlu mengelola media sosial dengan semaksimal mungkin. Ingat, kepopuleran platform yang kamu gunakan bisa berubah seiring berjalannya waktu. Jadi, sesuaikan strategi pemasaran kamu dengan perubahan tersebut.

  1. Waktu Postingan Menentukan Engagement Rate

Mengetahui cara menentukan target pasar artinya kamu dapat menggunakan dan memanfaatkan platform yang tersedia. Melalui platform tersebut, kamu dapat mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengunggah suatu konten atau menerbitkan iklan promosi. Bila dilakukan dalam waktu yang tepat, konten atau iklan yang kamu terbitkan akan meningkatkan engagement rate atau interaksi audiens dengan brand kamu.

  1. Buat Jenis Konten yang Tepat

Studi mengungkap setidaknya ada empat jenis konten yang sering dibagikan pada pengguna media sosial karena menghasilkan engagement rate tinggi. Konten tersebut di antaranya:

  • Konten yang inspiratif;
  • Konten yang mendorong audiens untuk melakukan sesuatu;
  • Konten edukatif;
  • Konten menghibur.

Lantas, bagaimana cara menentukan target pasar melalui konten tersebut? Bila tujuan kamu adalah brand awareness, maka konten yang menghibur bisa menjadi pilihan. Sedangkan jika ingin meningkatkan penjualan, maka konten yang cocok biasanya konten yang bisa meyakinkan audiens untuk melakukan sesuatu. Setelah itu, kamu perlu juga mempromosikan konten yang kamu buat, baik secara organik maupun melalui iklan berbayar.

Mengetahui cara menentukan target pasar tentunya akan membantu mengembangkan bisnis kamu. Target pasar bisa jadi penentu apakah bisnis kamu bisa berkembang atau jatuh.

Nah, bila ingin bisnis kamu berkembang, kamu bisa mendapatkan tips rahasia sukses dan pengetahuan lebih tentang cara berbisnis di Kuncie! Kuncie merupakan platform untuk belajar seputar bisnis dari pemilik bisnis berpengalaman dan mentor-mentor yang profesional dimanapun dan kapanpun kamu mau. Enaknya lagi, ada banyak pilihan kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Selain itu, kamu pun bisa merencanakan metode belajar yang pas, mendapatkan sesi mentoring pribadi yang eksklusif, hingga berkenalan dengan pelaku usaha lainnya.  Tunggu apa lagi, dapatkan kunci sukses bisnismu bersama Kuncie!

Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!

Referensi:

marketingcraft.getcraft.com/id-articles/ingin-sukses-dalam-social-media-marketing

dreambox.id/blog/menentukan-jenis-media-sosial-cocok-bisnis/

redcomm.co.id/knowledges/ide-terbaru-untuk-target-marketing-sosial-media-tepat-sasaran

fastwork.id/blog/cara-menentukan-target-pasar/

Diakses pada: 16 Oktober 2021


Posted 
 in 
Buka Peluang
 category

More from 

Buka Peluang

 category

View All