M

emulai bisnis tidak cukup hanya dengan bermodalkan keberanian ataupun materi. Pengelolaan bisnis yang tepat juga turut berperan dalam mendongkrak peluang kesuksesan. Dalam banyak kasus, cara mengelola bisnis inilah yang akan menentukan apakah bisnismu akan untung atau malah berakhir buntung.

Perubahan Besar di Tengah Pandemi

Pandemi mengubah banyak hal. Kebiasaan dan gaya hidup masyarakat berubah. Pusat-pusat perbelanjaan berubah menjadi sepi. Event-event besar juga terpaksa harus ditunda atau minimal dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Perubahan seperti ini membawa pengaruh besar dalam dunia bisnis. Saat mobilitas dibatasi dan kerumunan dilarang, roda perekonomian akan menunjukkan perlambatan. Bisnis-bisnis yang bergerak di sektor pariwisata dan transportasi seakan mendapat pukulan telak. Bahkan, tidak sedikit bisnis offline yang mengeluhkan penurunan omzet signifikan.

Karena kondisi yang seperti ini, banyak pelaku usaha yang berbondong-bondong menjamah dunia digital. Bisnis-bisnis online baru bermunculan. Kompetisi di ranah digital pun terasa semakin ketat. Tanpa memahami bagaimana cara mengelola bisnis online dengan baik, go online saja tidak cukup untuk memperbaiki keuangan bisnis yang kian menipis.

Tantangan Bisnis di Masa Pandemi

Harus diakui, bisnis di masa pandemi memang sangat sulit. Mobilitas manusia yang semakin terbatas berpengaruh pada jumlah kunjungan ke toko-toko offline. Dengan menurunnya jumlah kunjungan, angka penjualan pun dipastikan ikut turun.

Di sisi lain, banyak orang yang penghasilannya turun. Penghasilan yang lebih sedikit mendorong orang untuk lebih berhemat. Pengeluaran non-esensial dikurangi. Akibatnya, bisnis-bisnis yang bergerak di bidang terkait juga terpaksa harus mengalami penurunan omzet yang tidak sedikit.

Untuk beralih ke dunia digital, penyesuaian yang harus dilakukan juga cukup banyak. Belum lagi biaya yang harus dikeluarkan. Di sisi lain, persaingan sudah semakin sengit. Setelah memiliki teknologinya, pelaku bisnis juga masih harus melakukan beberapa penyesuaian, terlebih pada sistem manajemen bisnisnya.

Pentingnya Pengelolaan Bisnis yang Tepat di Masa Pandemi

Perubahan yang terjadi selama masa pandemi tidak selalu buruk. Meski ada banyak bisnis yang mengalami penurunan omzet dan gulung tikar, ada juga bisnis yang justru mencetak kenaikan penjualan.

Kenaikan penjualan tidak hanya dirasakan oleh mereka yang sukses melihat peluang baru. Bisnis yang dikelola dengan baik juga banyak yang mampu bertahan, bahkan mulai menunjukkan perbaikan kondisi keuangan.

Cara Mengelola Bisnis di Masa Pandemi

Kondisi yang sulit memaksa para pelaku bisnis untuk berpikir di luar kebiasaan. Agar bisa bertahan di masa pandemi, pengelolaan bisnis juga harus disesuaikan.

  1. Manajemen Sumber Daya Manusia

Turunnya omzet di masa pandemi membuat pelaku bisnis harus melakukan beberapa penyesuaian. Salah satunya adalah memangkas pengeluaran-pengeluaran, termasuk gaji karyawan.

Gaji yang turun bisa membuat karyawan merasa tidak nyaman bahkan ingin keluar dari perusahaan. Di saat seperti inilah kualitasmu sebagai seorang pemimpin diuji. Agar karyawan tetap memiliki semangat juang yang tinggi, kamu harus bisa merangkul mereka dan memupuk semangat yang masih tersisa.

Dalam hal ini, empati akan sangat dibutuhkan untuk menjalin keterikatan. Perlakukan karyawan dengan baik agar mereka juga mau berjuang bersama mempertahankan perusahaan.

  1. Transparansi ke Karyawan dan Pelanggan

Jika kondisi perusahaan memang sedang sulit, jangan tutupi hal tersebut. Komunikasikan ke karyawan dan pelanggan. Menjadi transparan bukan berarti menjadi lebih rentan. Jika dilakukan dengan benar, transparansi justru bisa menarik simpati karyawan agar mau berjuang bersama.

Hal senada juga berlaku pada pelanggan. Jika memang harus ada pemangkasan demi menekan biaya operasional atau sejenisnya, usahakan untuk transparan. Jangan bohongi pelanggan. Untuk menekan dampak buruk yang bisa terjadi, komunikasikan hal tersebut dengan baik.

  1. Strategi Marketing di Masa Krisis

Karena kontak langsung tidak memungkinkan, mudahkan pelanggan untuk memesan secara online. Sediakan opsi delivery service dan yakinkan pelanggan bahwa perusahaan sudah menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

Tunjukkan juga bahwa perusahaan sangat peduli dengan keselamatan karyawan. Penerapan work from home dan physical distancing harus diperhatikan. Kamu juga bisa berbagi cerita tentang upaya yang dilakukan perusahaan untuk menjamin rasa aman kepada pelanggan dan karyawan.

  1. Pahami Tren yang Berkembang

Belanja online adalah tren baru yang akan semakin berkembang ke depan. Karena itu, segala upaya yang dilakukan perusahaan harus selaras dengan hal tersebut. Gali lebih jauh tentang tren baru yang akan berkembang. Dengan demikian, kamu bisa mempersiapkan diri dan perusahaan untuk menyambut tren tersebut.

  1. Susun Rencana Jangka Panjang

Tidak ada yang tahu kapan pandemi akan berakhir. Karena itu, kamu harus mempersiapkan diri dengan membuat rencana jangka panjang. Buatlah rencana bisnis untuk beberapa bulan ke depan. Lakukan beberapa penyesuaian yang dibutuhkan.

Penyesuaian ini perlu dilakukan untuk menekan risiko yang berpotensi mengganggu bisnis. Saat memutuskan untuk melakukan perubahan dan lebih concern pada bisnis online, kamu juga harus ingat bahwa ada banyak penyesuaian yang harus dilakukan. Selain dari segi operasional, manajemen keuangan juga harus disesuaikan. Dalam hal ini, kamu harus tahu cara mengatur keuangan bisnis online.

Mengelola bisnis di masa pandemi memang penuh tantangan dengan berbagai dampak yang disebabkan pandemi itu sendiri. Namun, dengan cara yang tepat, kamu bisa terus menjalankan bisnis dengan lancar.

Buat kamu, para pebisnis yang sedang menjalankan bisnis, kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu bersama Kuncie. Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi halaman website Kuncie sekarang!



Referensi:

blog.investree.id/bisnis/5-strategi-bisnis-tetap-bertumbuh-di-tengah-pandemi-covid-19-95/

money.kompas.com/read/2020/12/02/123801926/intip-tiga-tips-bisnis-tetap-untung-di-tengah-pandemi-dan-resesi?page=all

niagahoster.co.id/blog/mengelola-bisnis-di-masa-pandemi-covid/

blog.mokapos.com/2015/04/28/5-tips-sederhana-sukses-mengelola-bisnis

finata.id/mengelola-bisnis-secara-efektif/

Diakses pada: 31 Agustus 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All