U

saha kuliner semakin banyak digemari. Terlebih dengan berkembangnya teknologi seperti sekarang ini, kamu bisa menjual berbagai hidangan secara online. Karena banyak peminat, tentunya kamu akan menemui banyak tantangan dan kompetisi. Sebelummemulai bisnis kuliner, sebaiknya kamu mengetahui dulu delapan cara mengembangkan usaha makanan secara online agar tetap laris manis di tengah persaingan seperti sekarang ini. Apa saja caranya?

1.      Melakukan Survei Pasar

Kunci cara mengembangkan usaha agar laris manis yaitu dengan melakukan survei pasar. Baik usaha kecil atau besar, kamu tetap perlu melakukan tahap ini. Dengan melakukan survei pasar, kamu bisa mengetahui pesaing dalam bisnis, keunikan mereka, serta apa yang mereka miliki atau tidak miliki.

Untuk melakukan survei pasar, kamu tidak perlu mendatangi setiap usaha kuliner yang ada.Gunakan saja fasilitas Internet atau melalui forum. Setelah mendapatkan hasilnya, kamu perlu menganalisa manakah cara mengembangkan usaha makanan online yang tepat dari survei pasar tersebut.

Berbicara tentang usaha kuliner, cita rasa original bisa menjadi ciri khas untuk menarik perhatian konsumen. Cita rasa tersebut bisa kamu kembangkan dengan berbagai inovasi yang belum dilakukan oleh kompetitor.

2.      Sediakan Menu Variatif dan Inovatif

Bisnis makanan tidak lepas dari rasa dan tampilan hidangan yang kamu tawarkan ke pelanggan. Tampilan yang oke tidak akan membuat usaha kamu tetap berkembang bila tidak dibarengi dengan rasa makanan yang enak.

Sebaliknya, rasa oke tapi tampilan tidak menggugah selera pun akan merugikan usaha kuliner kamu. Maka dari itu, cara mengembangkan usaha makanan agar tetap laris manis adalah dengan menjaga cita rasa menu serta tampilannya. Bukan itu saja, kamu juga perlu menyediakan menu yang variatif dan inovatif.

Menyediakan menu variatif dan inovatif bukan berarti kamu bebas mencampurkan bahan-bahan untuk menciptakan sesuatu yang unik. Cita rasa dan penampilan tetap menjadi acuan untuk menjamin pelanggan akan kembali.

3.      Memperbaiki Strategi Promosi

Salah satu cara mengembangkan usaha adalah dengan melakukan promosi. Strategi promosi yang efektif dan efisien tentunya akan membantu produk makanan yang kamu jual selalu laris manis di pasaran.

Itu sebabnya kamu perlu memperbaiki strategi promosi sesuai dengan tren pasar masa kini agar semakin dikenal dan diminati oleh banyak orang. Sebagai contoh, strategi promosi yang sering dilakukan pebisnis adalah menggunakan jasa influencer.

Dengan kesepakatan tertentu, influencer dapat membantu kamu mempromosikan produk yang dijual. Bahkan mereka pun bisa membantu meningkatkan penjualan. Ingat ya, setiap strategi promosi yang kamu lakukan akan mempengaruhi penjualan!

4.      Perhatikan Harga Jual

Seseorang cenderung mempertimbangkan harga sebelum melakukan pembelian. Itulah mengapaharga jual atau price point menjadi hal penting yang perlu kamu pertimbangkan. Kamu bisa mematok harga jual dengan mempertimbangkan target pasar.

Sesuaikan harga tersebut dengan kantong mereka. Bahkan kamu pun bisa menjual produk dengan harga yang miring tapi kualitas tetap terjamin. Yang penting harga jual tersebut sesuai dengan pangsa pasar yang ada namun tetap menguntungkan bagi bisnis.

5.      Buat Desain Semenarik Mungkin

Tidak hanya berinovasi dalam menu, para pelaku usaha kuliner pun berusaha untuk membuat desain makanan semenarik mungkin. Desain packaging yang menarik ditambah cita rasa yang nikmat akan menjadi cara mengembangkan usaha makanan agar lebih laris manis.

Maka dari itu,kamu perlu memastikan bahwa desain packaging atau kemasan makanan yang kamu jual tampak menarik dan unik sehingga calon pelanggan pun berminat untuk membelinya.

6.      Perbaiki dan Aktif di Media Sosial

Banyak pebisnis yang menggunakan media sosial untuk mempromosikan produk atau jasa yang mereka tawarkan. Kamu pun bisa melakukan hal yang serupa sebagai cara mengembangkan usaha makanan yang tengah kamu geluti. Memiliki media sosial saja tidak cukup,kamu juga perlu aktif melakukan promosi dan memasarkan produk yang dijual.

Bukan hanya sekedar memposting foto makanan, kamu juga perlu menerapkan strategi pemasaran lainnya sehingga calon pelanggan dapat menangkap ciri khas bisnis kulinermu. Pastikan postingan media sosial kamu dapat mendorong interaksi atau engagement agar meningkatkan peluang penjualan.

7.      Pelajari Data Penjualan

Data menjadi bagian yang penting dalam menjalankan suatu bisnis. Saking pentingnya, kamuperlu mempelajari data tersebut dan dapat menjadikannya sebagai acuan untuk membuat strategi pemasaran selanjutnya. Kamu juga bisa mengetahui keuntungandan kerugian yang didapatkan dari data penjualan tersebut.

Bila menggunakan analisis data online, kamu bisa melihat produk mana yang paling laris dan banyak disukai pelanggan, produk yang mengalami penurunan penjualan atau kurang menarik minat. Jadi, pastikan untuk mempelajari setiap data yang masuk terkait penjualan sebagai cara mengembangkan usaha makanan online kamu.

8.      Membuat Promo yang Menarik

Siapa sih yang gak suka promo? Kamu pun bisa membuat promosi sebagai cara mengembangkan usaha kuliner. Apalagi kalau usahamu masih terbilang baru, promo bisa menjadi solusi untuk menarik pelanggan. Tetapi, kamu juga harus hati-hati dalam menawarkan promo.

Jangan sampai bisnis kamu ramai saat sedang promo saja dan malah sepi di hari-hari biasa. Itulah mengapa kamu perlu memastikan produk yang ditawarkan memiliki kelebihan dan daya tawar yang jempolan dibandingkan produk serupa lainnya.

Itulah delapan cara mengembangkan usaha makanan online yang bisa kamu praktikan sendiri untuk bisnis kamu. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan rahasia sukses lainnya dalam berbisnis, Kuncie bisa menjadi pilihanmu!

Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun. Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi halaman website Kuncie sekarang!

Referensi:

dosenekonomi.com/bisnis/tips-bisnis/cara-mengembangkan-usaha-kuliner

niagahoster.co.id/blog/jualan-online/

abckotaraya.id/9-trik-sukses-bisnis-makanan-online-rumahan-jadi-laris/

Diakses pada: 4 Oktober2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All