B

elakangan, banyak orang yang mencoba peruntungan dengan memulai usaha secara online karena beberapa alasan. Kami sudah rangkum dalam grafis berikut!

kenapa harus membuka bisnis online?

Seperti kebanyak orang yang mencoba peruntungan tersebut, kamu juga bisa terjun ke dunia entrepreneurship dan punya usaha sendiri. 

5 Ide Usaha Online Minim Modal Yang Bisa Kamu Coba

Ingin tau apa saja ide bisnis online yang bagus? Ini 5 ide usaha yang bisa kamu coba untuk meraih cuan!

  1. Online Bakery

Selama perut butuh diisi, selama itulah prospek usaha kuliner juga akan tetap cerah. Terlebih berbagai jenis cake, pie, kue kering, dan olahan lainnya merupakan jenis makanan yang bisa dinikmati oleh segala kalangan umur. Kamu bisa simak penjelasan lebih rinci di sini!

Kini kamu bisa memulainya secara online. Artinya, kamu tidak perlu membeli etalase dan punya toko secara fisik sehingga tidak membutuhkan begitu banyak modal.

Jangan remehkan usaha kue rumahan. Usaha kuliner rumahan memberikan kontribusi hingga $423 miliar pada perekonomian di Amerika Serikat. 

  1. Brand Fashion

Punya ketertarikan di bidang fashion? Tak ada salahnya mencoba untuk bikin brand sendiri.

“Sandang, pangan, papan,” Pakaian akan selalu menjadi kebutuhan utama dalam kehidupan. Ini jadi salah satu alasan terbesar kenapa kamu harus mulai usaha brand fashion

modul rahasia sukses di dunia fashion
  1. Florist

Siapa yang tidak suka dikirimi buket bunga? Yap, buket bunga seringkali dijadikan solusi untuk merayakan hari-hari penting atau untuk meningkatkan hubungan. 

Memulai bisnis florist ini tidak harus membutuhkan banyak modal. Kamu bisa memulainya dari rumah bermodalkan chiller, kertas wrapping, dan beberapa tangkai bunga. 

  1. Dropshipping Business

Modal terbatas tapi tetap ingin punya usaha? Bisnis dengan sistem dropshipping jadi solusinya! Kamu bisa menjalankan usaha dan mendapatkan produk yang sudah ada dari pihak ketiga. 

Bermodal lapak online dan postingan menarik setiap produk, kamu sudah bisa punya bisnis dropship!

bisnis reseller dan dropshiping

  1. Homemade Produk

Produk handmade cenderung memiliki nilai lebih dan eksklusivitas lho di maya pelanggan.

Kamu bisa memproduksi barang homemade yang unik dan menjualnya secara online. Jangan lupa gunakan foto produk semenarik mungkin! Untuk tips dan triknya kamu bisa simak di sini!

Tips dan Cara Mengembangkan Usaha

Meningkatkan penjualan menjadi tujuan utama berbagai bisnis, baik yang sudah berskala besar ataupun small business. 

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk hal tersebut. Artikel ini merangkum beberapa strategi spesifik yang bisa kamu implementasikan pada usahamu!

tips dan cara mengembangkan usaha

  • Gunakan copywriting yang jujur

Selain berdampak langsung pada reputasi bisnis, ini juga berdampak pada kepercayaan pelanggan pada merek. 

Jangan membuat klaim yang tidak dapat dibuktikan. Utamakanlah kejujuran, gunakan kalimat yang lugas, mudah dimengerti, namun tetap bisa menarik perhatian.

  • Ciptakan Sense of Urgency

‘Perasaan’ sense of urgensi ini akan membuka prospek pelanggan untuk membeli suatu produk.

Ini dapat diwujudkan melalui penawaran khusus, edisi terbatas, dan promo terbatas lainnya. Menurut Worstream,  banyak konsumen menanggapi penawaran tersebut secara positif dan dapat meningkatkan penjualan.

  • Tawarkan Lebih Sedikit Pilihan

Banyaknya produk yang ditawarkan belum tentu meningkatkan penjualan. Malahan akan bikin pelanggan ragu karena terlalu banyak pilihan. 

Dari itu, tawarkanlah produk dengan sedikit pilihan atau spesifik. Ini akan mempermudah pelanggan menemukan produk yang dicari dan peluang pelanggan beralih ke toko lain semakin kecil.

  • Tampilkan Testimoni

Testimoni dari pelanggan itu hal yang penting!Tampilkan testimoni dan ulasan dari pelanggan tersebut pada halaman produk maupun landing page. 

Testimoni ini juga akan meningkatkan sinyal kepercayaan yang tentunya akan berdampak pada penjualan dan reputasi usaha. 

  • Berikan User Experience Terbaik

Riset dari Business Insider, sekitar $4 triliun barang dagangan online ditinggalkan begitu saja di keranjang belanja. 

Minimalisir langkah yang membuat pelanggan kurang nyaman dan tidak melanjutkan proses pembelian. Hal ini akan berpengaruh besar pada tingkat penjualan.

Kesalahan dalam Memulai Usaha dan Pemicunya

Jika ingin bertahan dan sukses dalam menjalankan usaha, terlebih dahulu kamu harus menyadari kesalahan-kesalahan umum dalam memulai usaha serta pemicunya.

hindari kesalahan pebisnis pemula ini

Berikut penjelasanya lebih lengkapnya:

  • Memilih Usaha yang Salah

Pastikan kamu memulai usaha yang sesuai passion dan dipahami. Bikin usaha itu nggak bisa asal-asalan atua hanya sekadar mengikuti tren dalam berbisnis. 

  • Tidak Menetapkan Target

Ini seringkali terlupakan saat memulai usaha. Memiliki target jangka pendek maupun jangka panjang menjadi salah satu resep untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis.

  • Salah Menetapkan Harga

Menentukan harga yang pas memang susah-susah gampang. Jika terlalu tinggi, pelanggan tidak akan membeli produk usahamu. Namun, bila terlalu rendah, bukannya untuk malah jadi buntung.

Hitung semua biaya dan tentukan harga yang tepat untuk setiap produk yang dijual.

  • Tidak Belajar dari Usaha Lain

Kamu perlu mengamati ataupun berkumpul dengan pengusaha berpengalaman dan menyerap pengetahuan darinya.

Meminta nasihat dan bertukar pikiran dengan orang yang berpengalaman, selain akan menumbuhkan pengetahuan, kamu juga dapat mempelajari kesalahan-kesalahan agar tidak terulang.

Rekomendasi Tempat Belajar Entrepreneur

Jika kamu berpikir untuk terjun ke dunia entrepreneurship, ini adalah saat yang tepat untuk keluar dari zona nyaman dan mewujudkannya! 

Kamu tidak harus memulainya dengan sesuatu yang besar. Mulailah dari hal-hal kecil, contohnya adalah mempelajari tentang entrepreneurship dengan mengikuti kursus.

Di zaman yang serba online ini kamu tak perlu kebingungan untuk mempelajari suatu hal. Akses untuk informasi sangat terbuka.  Kuncie bisa memfasilitasi kamu untuk belajar tentang entrepreneurship dan berbagai materi lainnya hanya dengan koneksi internet! 

Kuncie selalu memberikanmu yang terbaik! Setiap kelas diampu oleh mentor expert yang sangat berpengalaman di bidangnya. Pastinya kamu bisa belajar lebih banyak secara langsung darinya! Cek kelasnya dan tingkatkan skill-mu sekarang juga!

Posted 
Apr 27, 2022
 in 
Bangun Bisnis
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All