F

ore Coffee akrab dikenal sebagai salah satu coffee shop di Jakarta yang cukup banyak diminati. Fore berkembang pesat dalam waktu yang cepat dan salah satu sosok penting di  balik kesuksesan Fore Coffee adalah Elisa Suteja.

Usaha coffee shop sedang marak di Indonesia dalam beberapa tahun terakhir. Tidak hanya menjamur di kota besar, coffee shop kekinian juga digemari penikmat kopi di daerah-daerah.

Meskipun pada akhirnya persaingan bisnis coffee shop semakin sulit karena banyaknya “pemain”, ada satu nama yang tetap bertahan karena tidak henti-hentinya melakukan inovasi yakni Fore Coffee. Coffee shop ala startup ini berdiri pada 2018.

Memiliki metode dan konsep promosi yang bagus, Fore Coffee mampu menarik perhatian para pecinta kopi hingga saat ini. Sebenarnya apa saja yang membuat Fore Coffee berkembang begitu pesat?

Elisa Suteja, Deputi CEO Fore Coffee, dari awal memang sudah memiliki mimpi memiliki gerai kopi sendiri. Dengan pemahaman serta pengalaman yang dipunyai mengenai karakteristik kopi di Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu dan dibarengi dengan strategi yang jitu, sekarang Fore Coffee sukses besar. Padahal, di awal berdirinya, Fore Coffee hanya mengandalkan platform transportasi online seperti Gojek dan Grab sebagai media penjualan.

Selain itu, Fore Coffee juga termasuk gencar melakukan promosi di media sosial seperti Facebook dan Instagram. Alhasil, produk-produk yang ditawarkan Fore Coffee bisa dengan cepat dikenal oleh publik.

Hingga saat ini, gerai Fore Coffee sudah menjamur pada banyak titik di DKI Jakarta. Fore Coffee  mengklaim sudah memiliki puluhan gerai aktif yang siap menyajikan kopi dengan kualitas tinggi.

Ciri khas Fore Coffee

Salah satu perbedaan yang menonjol dari Fore Coffee dengan perusahaan coffee shop lainnya adalah penggunaan aplikasi smartphone yang terintegrasi. Berikut value proposition lain yang dimiliki oleh Fore Coffee:

1. Gerai dengan Interior Keren

Konsep interior yang menarik dan keren menjadi salah satu ciri khas Fore Coffee. Meskipun tentunya bisa melayani sistem take-away, bukan berarti Fore Coffe sama sekali tidak memikirkan konsep desain interior. Justru sebaliknya, Fore Coffee menaruh perhatian yang tidak main-main soal hal ini.

Kalau kamu pernah mengunjungi gerai Fore Coffee, pasti mata akan dimanjakan oleh desain interior yang bersih dan rapi. Pasalnya, Fore Coffee mempunyai khas warna serba putih yang dihiasi dekorasi tanaman dalam ruangan.

2. Teknologi Canggih

Fore Coffee menjamin pelayanan yang diberikan untuk konsumen mengusung standar tinggi dan modern. Kalau kamu mengunjungi gerai Fore Coffee, pasti akan menyadari peralatan yang digunakan di dapur Fore Coffee memakai mesin dengan teknologi canggih.

Ini dilakukan untuk menjaga kualitas produk yang dihasilkan. Peralatan seperti mesin espresso, mesin grinder, dan alat-alat lainnya dilabeli western standard yang dikenal berteknologi tinggi untuk menghasilkan produk terbaik.

3. Aplikasi di Smartphone

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Fore Coffee unggul dalam hal karena memiliki aplikasi di smartphone yang kaya fitur. Ini adalah salah satu gebrakan yang dimiliki oleh Fore Coffee di industri kopi Indonesia. Alhasil, jika kamu ingin mencicipi atau pesan kopi di Fore Coffee, kamu tidak perlu repot-repot datang ke gerainya melainkan tinggal membuka aplikasi.

4. Prioritaskan Kopi Berkualitas

Karena produk utamanya adalah minuman kopi, Fore Coffee pun tidak mau main-main mengenai biji kopi yang digunakan. Fore Coffee hanya mau memakai biji kopi berkualitas tinggi yang dipasok dari seantero Indonesia. Fore Coffee langsung mengambil dari supplier kopi di perkebunan kopi organik, dan fokus pada jenis arabica.

Bukan cuma masalah perkebunan organik, Fore Coffee mengusung fair trade yang artinya melakukan transaksi biji kopi sembari bisa tetap mengontrol kualitas biji kopi yang dibeli. Setelah biji kopi berkualitas tinggi tersebut di tangan, Fore Coffee akan menyangrai supaya biji kopi tersebut tetap terjaga kesegarannya.

Pada proses sangrai ini, biji kopi akan ditangani oleh roaster ahli dengan mesin roasting berteknologi tinggi. Setelah disangrai, biji kopi tadi akan diolah sedemikian rupa untuk menciptakan berbagai macam produk.

Sosok Elisa Suteja

Kesuksesan Fore Coffee yang kini dekat di hati para penikmat kopi tidak bisa lepas dari tangan dingin Elisa Suteja. Pada 2018, Elisa mendirikan gerai kopi impiannya bersama Jhoni Kusno dan Robin Boe. Memiliki peran Deputy CEO, Elisa memiliki fungsi dalam menangani strategic partnership dan investor relations.

Elisa mengenyam pendidikan di Prasetya Mulya Business School, lalu memilih program manager di AIESEC. Setelah itu, wanita kelahiran 24 Maret 1992 ini memiliki karir yang menanjak.

Elisa tercatat pernah bekerja di East Ventures, salah satu ventures kenamaan di Asia Pasifik. Saat bekerja di East Ventures inilah, Elisa mempunyai ide memiliki coffee shop yang memudahkan para penikmatnya yakni bisa dipesan via aplikasi.

Kini, Fore Coffee sudah memiliki ratusan gerai dan menyebar merata di DKI Jakarta, Surabaya, Medan, dan Bandung. Berkat kesuksesannya membawa Fore Coffee, Elisa masuk daftar Forbes 30 Under 30 Asia 2020 di bidang business and entrepreneur.

Jauh sebelum masuk daftar bergengsi Forbes, Elisa pernah berada di peringkat 2 di kompetisi yang digagas General Electric Indonesia pada 2013. Selain itu, wanita berusia 29 tahun ini pernah masuk sebagai finalis nasional dalam kompetisi P&G ASEAN 2014.

Cerita sukses Elisa Suteja dan Fore Coffee bisa menjadi inspirasi tentang apa yang dibutuhkan dan bagaimana meniti sebuah bisnis hingga mencapai kesuksesan. Banyak orang yang tentunya ingin memiliki bisnis yang bisa berkembang dan sukses ke depannya.

Buat kamu, para pebisnis yang sedang menjalankan bisnis, atau kamu yang ingin mulai membangun bisnis, kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu bersama Kuncie. Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi website Kuncie sekarang!

Temukan cerita sukses lainnya untuk menjadi inspirasi dalam meraih kesuksesan dengan Kuncie. Kuncie juga bisa menghubungkanmu dengan entrepreneur sukses yang siap membagikan resep-resep dan kunci supaya kamu bisa sukses!

Referensi:

genpi.co/bisnis/44241/elisa-suteja-milenial-cantik-di-balik-kesuksesan-fore-coffee

cermati.com/artikel/kisah-and-rahasia-fore-coffee-menjadi-start-up-sukses-dalam-waktu-sekejap

ekrut.com/media/elisa-suteja-dari-east-ventures-hingga-fore-coffee

liputantekno.com/kisah-sukses-fore-coffee/

blog.mokapos.com/kisah-sukses-fore-coffee

smart-money.co/success-story/11-perempuan-muda-indonesia-yang-mengguncang-dunia

Diakses pada: 9 September 2021

















Posted 
 in 
 category

More from 

 category

View All
No items found.