D

alam strategi pemasaran, kepuasan dan pengalaman pelanggan menjadi salah satu hal utama yang perlu kamu pertimbangkan. Hal ini bisa dibangun melalui emotional branding di mana pelanggan merasa memiliki keterikatan secara emosional dengan suatu brand. Ikatan emosional itulah yang akan menciptakan loyalitas pelanggan dan menentukan kesuksesan dari brand yang kamu bangun.


Pengertian Emotional Branding

Merupakan strategi yang digunakan para pelaku usaha untuk menghubungkan suatu brand dengan emosi yang dimiliki oleh audiens dan pelanggan. Hasilnya, faktor emosional tersebut bisa memperkuat hubungan antara brand dengan audiens dan pelanggan.


Selain itu, dengan adanya faktor emosional tersebut, brand bisa bertahan di tengah persaingan yang ketat seperti sekarang ini. Makanya, tidak heran bila faktor emosional menjadi strategi digital branding yang penting.


Metode emotional branding dapat menunjukan keunikan suatu produk sekaligus membedakannya dengan kompetitor. Bahkan, metode ini dianggap lebih efektif untuk menarik minat pelanggan daripada harga produk yang murah.


Faktor emosional pelanggan dengan brand juga dapat membentuk ikatan yang kuat dan koneksi secara pribadi. Pelanggan pun akan merasa semakin dekat dengan brand kamu dan berbagai produk atau layanan yang ditawarkan.


Ada empat pilar penting yang dapat membantu membangun emotional branding, seperti;

  • Hubungan; terciptanya keterikatan secara mendalam setelah memberikan pengalaman emosional yang berkesan dan diinginkan oleh pelanggan.
  • Pengalaman; dibangun berdasarkan panca indera yang dirasakan dan dinikmati oleh pelanggan sehingga mampu membangkitkan emosi mereka.
  • Imajinasi; kemampuan brand untuk menyenangkan dan mengejutkan pelanggan melalui imajinasi dan kreatifitas.
  • Visi; cara suatu brand untuk menciptakan kondisi seimbang agar mampu bertahan secara berkelanjutan dalam jangka waktu yang panjang.


Untuk menciptakan emotional branding dengan konsumen, kamu perlu menerapkan pendekatan atau strategi yang tepat.


Strategi Emotional Branding untuk Menciptakan Loyalitas Konsumen

Emotional branding dapat membangun loyalitas pelanggan asalkan kamu menerapkan lima strategi berikut ini:


  1. Isu Sosial

Semakin berkurangnya rasa empati di tengah masyarakat menjadi kesempatan untuk kamu menciptakan suatu brand yang peduli pada isu sosial. Kamu akan mendapatkan perhatian lebih dari pelanggan jika peduli terhadap berbagai permasalah sosial.


Mereka tidak akan ragu untuk membeli produk atau menggunakan layanan yang kamu tawarkan agar dapat terhubung dengan masyarakat yang membutuhkan. Pelanggan pun tidak akan ragu untuk mengeluarkan uang mereka pada brand yang bertujuan untuk mengentaskan masalah sosial.


Pada akhirnya, emotional branding pun akan terbentuk antara brand kamu dan pelanggan. Untuk membangun emotional branding dengan menggunakan isu sosial, kamu perlu menciptakan brand dengan konsep sustainability (berkelanjutan) dan tidak merusak lingkungan. Hal inilah yang nantinya akan meningkatkan loyalitas pelanggan.


  1. Isu Lokal

Selain isu sosial, pelanggan akan terhubung secara emosional pada brand yang menunjukan kepedulian terhadap isu lokal seperti budaya dan lingkungan sekitarnya. Bila merasa bangga dan terus mempromosikan kearifan lokal, pelanggan akan terdorong untuk menjalin hubungan dengan brand kamu.


Adanya penekanan pada penggunaan produk lokal dan melibatkan sejarah yang terdapat di dalamnya akan menarik antusiasme dan minat konsumen. Selain itu, brand yang lebih sering melibatkan diri dengan kearifan lokal tentunya akan mendapatkan koneksi ke komunitas tertentu.


  1. Inspirasi

Emotional branding juga bisa dibangun dengan menjadikan brand kamu sebagai sumber inspirasi bagi konsumen. Pendekatan dengan cara inspiratif bisa dilakukan dengan menunjukan prestasi seseorang dalam iklan produk atau jasa sehingga mampu menarik perhatian audiens. Selain itu, mereka pun akan termotivasi untuk mencontoh tokoh inspiratif yang menjadi model brand kamu.


Pendekatan inspirasi bisa dikaitkan juga dengan isu sosial. Biasanya brand yang mengangkat isu sosial dan manusiawi sering dijadikan inspirasi dan menarik banyak perhatian. Mereka pun tidak akan keberatan untuk mengeluarkan uang dengan tujuan yang baik.


  1. Aspirasi

Brand kamu bisa mewakili aspirasi konsumen dan menimbulkan perasaan seolah-olah tujuan, cita-cita, dan apa yang kamu lakukan bisa mewakili mereka. Aspirasi pelanggan banyak macamnya, dari mulai kecantikan, mendapatkan pendidikan yang berkualitas, penampilan yang mewah, kecerdasan dan pekerjaan yang mudah.


Kamu bisa mewujudkan aspirasi mereka dengan cara mengetahui apa yang pelanggan butuhkan untuk mendapatkan loyalitas mereka. Kamu pun bisa memenuhi keinginan dan kebutuhan mereka sehingga emotional branding pun terjalin. Mulailah dengan membangun suatu kisah untuk menghidupkan mimpi para konsumen sehingga mereka pun akan merasa lebih dekat dengan brand kamu.


  1. Cerita Hidup

Untuk memperkuat hubungan dan loyalitas dengan pelanggan, kamu perlu menciptakan suatu brand yang melekat dalam kehidupan sehari-hari mereka. Pelanggan akan melihat brand kamu sebagai sesuatu yang mampu memahami kebutuhan mereka, mulai dari awal hingga akhir. Tekankan bahwa brand kamu akan selalu berada di dekat mereka kapanpun dibutuhkan. Hal ini akan membuat pelanggan merasa produk atau layanan yang kamu tawarkan menjadi kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari.


Emotional branding dapat menjadi penentu kesuksesan suatu brand sekaligus membedakannya dengan kompetitor. Itulah mengapa kamu perlu membangun faktor emosional dengan pelanggan untuk mendapatkan loyalitas mereka. Tips di atas dapat membantu brand kamu terhubung dengan konsumen secara emosional.


Nah, buat kamu yang sedang menjalankan bisnis atau sedang berkecimpung di dunia marketing, kamu bisa dapatkan beragam solusi dan tips marketing untuk bisnis di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para ahli yang berpengalaman di manapun dan kapanpun.


Kamu bisa memilih beragam kelas yang sesuai dengan minat dan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa bertemu banyak orang dan memperluas networking.


Yuk, dapatkan kunci sukses kamu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

jurnal.id/id/blog/emotional-branding-untuk-konsumen-loyal/

xendit.co/id/blog/apa-itu-emotional-branding-kenapa-ini-penting-untuk-sebuah-brand/

Diakses pada: 15 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All