Pebisnis adalah salah satu profesi yang banyak dimimpikan orang-orang. Mungkin saja, kamu salah satunya. Biasanya, mereka yang menjadi pebisnis cenderung ingin membuka lapangan kerja untuk orang lain. 

Meskipun banyak orang punya mimpi untuk menjadi pebisnis, tidak semua orang bisa mewujudkan mimpinya. Ada banyak hal yang menghambat mimpi mereka, salah satunya adalah kesulitan dalam mencari ide bisnis.

Mencari ide bisnis bukanlah perkara yang mudah. Ini adalah tahap krusial dalam membangun bisnis. Jika tidak bisa menemukan ide yang bagus, maka sebuah bisnis tidak bisa berjalan dengan lancar. Apakah bisnis makanan, pakaian, atau jasa? Kebingungan ini bisa menjadi penghambat yang cukup besar jika tidak segera diselesaikan. 

Lantas, bagaimanakah sebuah ide bisa dikatakan bagus dan apa saja jenis ide bisnis yang potensial? Nah, untuk mengetahuinya, simaklah artikel ini dengan seksama!

Kuncie x SBM ITB: Mini MBA Program

Kelas Mini MBA

Dapatkan pembelajaran setara MBA dengan harga yang lebih terjangkau dan waktu yang lebih singkat di program non-degree Mini MBA bersama SBM ITB di Kuncie!

Daftar Sekarang!

Apa itu Ide Bisnis?

Ide bisnis adalah sebuah alasan untuk memulai sebuah usaha. Ini akan menjadi dasar dalam membangun perusahaan. Misalnya dalam menentukan jenis produk atau layanan yang akan ditawarkan kepada konsumen. 

Sebuah ide bisnis tidaklah harus unik, melainkan harus memiliki potensi untuk menarik minat pasar. Beberapa perusahaan mungkin saja berangkat dari ide bisnis yang sama. Akan tetapi, perbedaan cara eksekusi dan strategi akan membuat bisnis mereka menjadi berbeda. 

Jenis Ide Bisnis yang Potensial

Berikut beberapa jenis ide bisnis yang potensial untuk menarik minat pasar.

  1. Memiliki Sebuah Celah di Pasar

Jenis ide bisnis yang potensial adalah yang memiliki celah di pasar. Misalnya, kamu menjual produk yang memang dibutuhkan oleh segmen target pasar tertentu. Memastikan celah pasar sangatlah penting. Jangan sampai kamu menjual produk atau jasa yang tidak dibutuhkan orang-orang. 

  1. Produk atau Layanan Baru

Perkembangan teknologi pasti memunculkan peluang bisnis baru. Misalnya saja, teknologi telepon genggam memunculkan ide bisnis jasa servis smartphone dan berjualan pulsa. Akan tetapi, ketika teknologi berkembang semakin canggih, peluang bisnis pun akan berubah. Tantangannya, kita harus bisa fleksibel mengikuti perkembangan tersebut. 

  1. Solusi Inovatif untuk Masalah Sehari-hari

Ide bisnis yang potensial selanjutnya adalah yang memberi solusi inovatif untuk masalah sehari-hari. Sejatinya, orang-orang pasti akan memakai jasa atau membeli produk yang bisa menyelesaikan masalah yang mereka temui. Misalnya, ketika hujan, orang akan membutuhkan payung, ketika lapar, orang akan membutuhkan makanan, dan banyak lainnya. 

  1. Minat atau Hobi yang Dapat Dimonetisasi

Jika kamu membangun bisnis berdasarkan minat atau hobi yang banyak dimiliki orang-orang, maka ini termasuk ke dalam ide bisnis yang potensial. Misalnya saja, kamu berbisnis sewa lapangan bola basket untuk orang-orang yang hobi bermain bola basket atau menjual peralatan musik untuk orang-orang yang hobi bermain musik. 

  1. Memanfaatkan Keterampilan yang Telah Dipelajari dalam Karier 

Last but not least, ide bisnis yang potensial adalah yang kamu kuasai dengan baik. Misalnya, kamu punya kemampuan bernyanyi, kamu bisa membuka jasa les vokal atau kamu punya keterampilan mendesain pakaian, kamu bisa membangun sebuah brand pakaian. Dengan memanfaatkan keterampilan yang kamu punya, kamu pasti bisa menjalankan bisnis dengan baik. 

Baca Juga: Berbisnis Online Tanpa Modal? Siapa Takut!

Apa Saja yang Membuat Suatu Ide Bisnis Dikatakan Bagus?

  1. Memiliki Pasar yang Cukup

Sebuah ide bisnis dikatakan bagus jika ada permintaan yang cukup atas bisnis tersebut. Jika tidak ada permintaan, maka kamu tidak akan mendapat keuntungan. Para investor juga cenderung mau berkontribusi pada bisnis yang punya pasar yang cukup, karena punya peluang untuk berkembang. 

  1. Mampu Menghasilkan Keuntungan

Ide bisnis yang bagus haruslah menghasilkan keuntungan. Kamu harus bisa menjelaskan kepada calon investor bagaimana cara bisnismu menghasilkan keuntungan, sehingga mereka bisa tertarik untuk berinvestasi. 

  1. Memiliki Potensi untuk Dapat Bertumbuh

Ide bisnis yang bagus tidak hanya bisa menghasilkan keuntungan, tetapi juga bisa menunjukkan potensi untuk berkembang dan bertumbuh secara positif di masa  depan. Dengan demikian, bisnismu tidak akan berhenti di tengah jalan, melainkan punya masa depan yang cerah. 

  1. Mempunyai Tujuan yang Jelas

Sebuah bisnis yang baik harus mempunyai tujuan yang jelas. Dengan demikian, pelanggan akan merasa ada nilai jangka panjang pada produk atau jasa yang kamu jual. Selain itu, produk atau jasa yang kamu tawarkan harus punya nilai-nilai dan manfaat tertentu. 

Misalnya, kamu menjual produk yang ramah lingkungan untuk mencegah global warming. Nah, konsumen pasti akan tertarik untuk membeli produkmu, karena mempunyai tujuan yang baik. Terlebih bagi mereka yang memang aktivis lingkungan dan aktif mendukung kampanye pencegahan global warming. 

  1. Memiliki Viabilitas Komersial

Terakhir, ide bisnis yang bagus tentu saja adalah yang bisa dijalankan atau dieksekusi dengan baik. Sebagus apapun idemu, jika tidak bisa dijalankan maka akan percuma. Pastikan bahwa produk atau jasa yang kamu tawarkan bisa diperjual-belikan secara komersial. 

Viabilitas komersial juga termasuk apakah bahan pokok untuk melakukan produksi bisa diusahakan. Hal ini akan berpengaruh pada penentuan harga jual. Harga jual sendiri harus disesuaikan dengan target pasar. 

Nah, demikianlah penjelasan tentang apa yang membuat suatu ide bisnis dikatakan bagus dan apa saja jenis ide bisnis yang potensial. Mencari ide bisnis adalah tahap yang krusial dalam membangun usaha. Jika salah memilih, maka bisnismu akan berjalan dengan kurang lancar. 

Dengan demikian, mempelajari cara memulai bisnis sangatlah penting. Tidak hanya cara tepat memilih ide bisnis, namun juga menyiapkan strategi bisnis dan banyak lainnya. Kabar baiknya, kamu bisa belajar membangun bisnis secara lengkap di program Mini MBA. 

Mini MBA merupakan program kolaborasi Kuncie dan SBM ITB. Di program ini, kamu bisa mempelajari skill-skill selevel MBA dengan waktu yang lebih cepat. Kamu akan dibimbing oleh para pengajar profesional dan berpengalaman. 

Tidak hanya soal ide, para peserta Mini MBA juga akan dibekali ilmu bisnis yang lengkap, seperti digital transformation, customer focus, financial, quality management, marketing, dan lainnya. Setelah menyelesaikan program ini, kamu juga akan mendapat sertifikat. 

Hingga kini, Mini MBA sudah berjalan hingga beberapa batch. Para peserta banyak datang dari perusahaan besar, seperti Telkomsel, Pertamina, Tokopedia, dan sebagainya. Mereka juga memberi testimoni positif terhadap program ini. Nah, tunggu apa lagi? Ayo, daftarkan dirimu di Mini MBA sekarang juga!

Posted 
Jan 20, 2023
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All