Kamu pernah dengar istilah data scientist? Mungkin kamu sudah tidak asing, ya dengan profesi yang satu ini. Data scientist tengah banyak diperbincangkan di berbagai media. Bahkan, media terbitan Harvard University yaitu Harvard Business Review menyebut data scientist sebagai profesi terseksi abad 21

Setali tiga uang dengan Harvard Business Review, situs pencari kerja terbesar di Amerika Serikat yaitu Glassdoor berpendapat bahwa data scientist adalah pekerjaan terbaik saat ini. Penilaian tersebut berdasarkan tiga kriteria, yaitu jumlah lowongan, rata-rata gaji, dan kesempatan karier. 

Melihat hal tersebut, tak heran jika data scientist sedang banyak diminati oleh para pencari kerja. Profesi tersebut dianggap sangat menarik. Lantas, mengapa data scientist jadi pekerjaan yang sangat menarik? Untuk mengetahui jawabannya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Alasan Data Scientist Dianggap Menarik

1. Punya Banyak Kesempatan Kerja

Tanpa kita sadari, kita kerap bersinggungan dengan data dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Hal tersebut sangatlah wajar, sebab kini kita hidup di era digital yang menuntut aspek data-driven. Data driven sendiri adalah suatu cara untuk melakukan pekerjaan berdasarkan data yang ada. 

Demikianlah profesi di bidang data  menjadi sangat dibutuhkan, salah satunya adalah data scientist. Data scientist dibutuhkan tidak hanya di perusahaan dalam bidang teknologi, namun juga di banyak sektor seperti kesehatan, pendidikan, bisnis, engineering, hingga pemerintahan. 

2. Karier dengan Prospek yang Cerah

Data scientist punya prospek yang sangat cerah di masa depan. Menurut US Bureau of Labor Statistic, data scientist masuk ke dalam 20 pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat, bahkan hingga 10 tahun mendatang. Di Indonesia sendiri, jumlah lowongan untuk profesi ini meningkat drastis. Sejak 2021, tercatat sudah ada lebih dari 1000 lowongan untuk role data scientist melalui LinkedIn. 

3. Skill yang Bisa Diimplementasikan

Skill data science tidak hanya berguna dalam bidang pekerjaan. Akan tetapi, skill tersebut juga bisa berguna dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan basic dalam data science seperti analisis dan prakiraan akan sangat membantu dalam mengambil keputusan yang lebih tepat. 

4. Kesempatan untuk Pendapatan Sampingan

Pekerjaan sebagai data scientist tidak hanya bisa dilakukan secara penuh atau full-time. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara paruh waktu atau part-time. Selain itu, pekerjaan ini juga bisa dilakukan secara freelance. Bahkan, jika kamu memiliki skill data science, kamu juga bisa menjadi tutor. Dengan demikian, data scientist bisa mendatangkan penghasilan sampingan yang jumlahnya relatif besar. 

5. Gaji yang Relatif Besar

Data scientist mempunyai gaji yang relatif besar, bahkan jika dibandingkan dengan profesi di bidang IT (Information Technology) lainnya seperti programmer. Menurut Glassdoor, gaji seorang data scientist berada dalam rentang Rp11-29 juta per bulan. 

Tidak hanya pekerjaan full time yang mendapat gaji besar. Bahkan, seorang data scientist mengatakan bahwa ia menghasilkan pendapatan tambahan hingga 600 dollar per bulannya dari menulis blog mengenai data science.

6. Bergabung dengan Perusahaan Besar

Perusahaan-perusahaan besar umumnya memiliki jumlah data yang sangat banyak dan dikategorikan sebagai big data. Tentu masalah bisa terjadi jika data yang jumlahnya sangat banyak tidak diolah oleh seorang yang benar-benar ahli dalam bidang data. Maka dari itu, mereka sangat membutuhkan seorang data scientist. Dengan adanya data scientist, data-data tersebut malah bisa dianalisis dan hasilnya digunakan untuk memajukan bisnis perusahaan. 

7. Bisa Dipelajari Siapa pun

Data science bisa dipelajari oleh siapa pun. Artinya, untuk menjadi data scientist, tidak harus memiliki latar belakang pendidikan di bidang IT, matematika, statistika, atau programming. Skill data science bisa dipelajari di berbagai platform atau online course dengan bimbingan para ahli. Maka dari itu, peluang karier data scientist sangat terbuka lebar untuk kamu yang baru terjun ke dunia kerja atau pun switch career.

tantang profesi data scientist, gaji dan prospeknya

Skill yang Harus Dimiliki Data Scientist

Telah disebutkan sebelumnya, bahwa data science bisa dipelajari siapa pun asalkan mau mempelajari skill-skill yang dibutuhkan. Lantas, skill apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi seorang data scientist? Simak penjelasan berikut. 

1. Statistika

Bisa dibilang, statistika dan matematika adalah skill utama yang harus dimiliki oleh seorang data scientist. Ini karena pekerjaan mereka adalah mengolah data dan berhubungan dengan angka-angka. Namun, tidak harus level ahli, kamu cukup menguasai dasarnya saja seperti statistika deskriptif dan membaca peluang.

2. Bahasa Pemrograman

Dalam mengolah data, data scientist memerlukan tools. Nah, untuk menggunakan tools tersebut, kita harus memakai bahasa pemrograman. Bahasa yang paling sering dipakai adalah Python dan R, karena menyajikan fitur numeric dan scientific yang mempercepat proses pengolahan data. 

3. Machine Learning

Machine learning adalah mesin yang diciptakan untuk membantu membuat analisa dan keputusan yang tepat berbasiskan data. Dengan membuat machine learning, perusahaan bisa memanfaatkan data dengan maksimal. Untuk, itu kemampuan ini juga sangatlah penting untuk dikuasai. 

4. Visualisasi Data

Visualisasi data dilakukan agar semua orang dapat membaca hasil analisis data dengan mudah. Visualisasi data biasanya menggunakan toolstools seperti Tableau dan Power BI. Dengan tools tersebut, proses ini bisa dilakukan dengan cepat dan efektif.

5. Data Storytelling

Data storytelling adalah kemampuan untuk menyampaikan hasil analisis data dengan baik. Di sini, kamu harus pintar dalam melakukan komunikasi, agar tidak ada orang yang salah dalam memahami data. Jika sampai salah, akibatnya bisa fatal. Misalnya saja seorang pemimpin bisa salah dalam mengambil keputusan, sebab didasari pemahaman yang salah terhadap hasil analisis data. 

Demikianlah penjelasan tentang alasan data scientist menjadi profesi yang sangat menarik. Data science, machine learning, dan analytics merupakan career path yang paling menggiurkan. Setelah mengetahui alasannya, kamu pasti juga tertarik menjadi data scientist bukan? Jika iya, kamu bisa mengikuti kelas data science di Kuncie.

Kamu akan mendapat pembelajaran intensif dari para ahli data yang berpengalaman dan profesional. Selain itu, kamu juga akan mendapat kuis untuk menguji pemahamanmu tentang materi yang sudah kamu pelajari. Dengan begitu, kamu bisa sukses berkarier menjadi seorang data scientist. Tunggu apa lagi? Ayo daftar sekarang dan wujudkan mimpimu menjadi data scientist!

Posted 
Oct 31, 2022
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All