D

alam berbisnis, kamu sebagai pelaku bisnis tentu membangun dan menjalankan bisnis itu sendiri. Namun, pada perkembangannya, ada banyak hal yang kamu dapat untuk mengembangkan bisnismu dari pelaku bisnis lain. Dalam membangun relasi dengan pebisnis lainnya untuk mendapatkan beragam pembelajaran, salah satunya adalah melalui komunitas bisnis yang memiliki peran penting dan menjadi salah satu hal yang populer di dunia bisnis.

Komunitas pada dasarnya merupakan perkumpulan orang-orang yang memiliki nilai dan tujuan yang sama. Setiap orang dalam sebuah komunitas disatukan oleh hal-hal tertentu baik itu kesamaan produk yang dijual, kesamaan model bisnis atau kesamaan jenis usaha.

Komunitas bisnis pada dasarnya bisa menjadi supporting system untuk memberikan dukungan bagi para pebisnis yang tergabung didalamnya mendapatkan berbagai hal yang dibutuhkan dalam menjalankan dan mengembangkan bisnis mereka masing-masing.

Seiring dengan tren berbisnis yang sedang marak dan didukung dengan perkembangan teknologi yang ada, komunitas bisnis pun banyak tumbuh dan bermunculan. Kamu bisa memilih untuk bergabung dengan berbagai komunitas bisnis sesuai dengan kebutuhan kamu.


Pentingnya Komunitas Bisnis untuk Para Pebisnis

Buat kamu yang memiliki bisnis, tentu akan sangat baik jika kamu tergabung di suatu komunitas bisnis tertentu. Kamu bisa bertemu rekan-rekan pebisnis lainnya dan berbagi pengalaman dalam menjalankan bisnis dengan mereka atau bahkan kamu bisa bertemu dengan para ahli di bidang tertentu.

Selain itu, ada beberapa hal lainnya yang menjadikan komunitas bisnis itu penting untuk kamu para pebisnis. Apa sajakah itu?

  1. Memperluas Pasar

Bertemu dengan banyak orang dalam sebuah komunitas akan menjadi kesempatan buat kamu dalam memperluas pasar dari produk kamu. Baik itu sesama pebisnis atau dari profesi lainnya, kamu bisa memperkenalkan bisnis kamu. Selain itu, dari komunitas bisnis tersebut, kamu bisa mendapatkan berbagai informasi berharga yang meliputi tren-tren tertentu terkait bisnis yang kamu geluti.

  1. Sebagai Media Belajar

Menjalankan sebuah bisnis tentu bukan hal yang mudah. Kamu butuh banyak pembelajaran tentang berbagai macam hal, apalagi jika kamu masih pebisnis pemula. Nah, komunitas bisnis bisa menjadi sarana belajar kamu. Kamu bisa mendapatkan pengalaman dari sesama pebisnis ataupun tips-tips dari orang-orang yang sudah berpengalaman dalam berbisnis atau dari para ahli untuk menambah wawasan kamu dalam menjalankan bisnismu.

  1. Sarana Tukar Informasi

Selain dari media untuk saling belajar satu sama lain, komunitas bisnis juga bisa menjadi sarana untuk saling berbagi informasi. Kamu bisa terus update tentang hal-hal atau berita terbaru di bidang bisnis yang kamu geluti dari sesama anggota komunitas. Seringkali kamu tentu sibuk mengurus bisnis sehingga kurang mengikuti perkembangan tren yang ada. Nah, kamu bisa dapatkan informasi tersebut dari sesama anggota komunitas.

  1. Sarana Saling Mendukung

Seperti yang sudah disebutkan di atas, bahwa menjalankan bisnis tentu bukan hal mudah. Ada kalanya kamu dihadang berbagai tantangan atau mengalami berbagai masalah. Melalui komunitas bisnis, kamu bisa mendapatkan inspirasi dan motivasi untuk menghadapi berbagai masalah dan tantangan tersebut.


Dalam hal ini, komunitas bisa menjadi sarana untuk saling mendukung antara sesama pelaku bisnis. Tidak hanya mendapatkan inspirasi, tetapi kamu juga bisa berbagi pengalaman ke rekan bisnis lain untuk memotivasi mereka dalam menjalankan bisnisnya.

Berdasarkan hal-hal di atas, komunitas bisnis pada dasarnya memiliki peran penting untuk membantu kamu dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu. Ingat, bahwa dalam berbisnis, kamu tidak cukup hanya mengandalkan pengetahuan yang bisa kamu dapatkan dari buku-buku tentang bisnis.

Kamu juga butuh pengalaman-pengalaman dari para pelaku bisnis lainnya yang bisa menjadi inspirasi untuk memperkaya wawasan kamu, dan hal tersebut hanya bisa didapatkan dari sesama pelaku bisnis yang mau berbagi cerita mereka melalui komunitas bisnis.

Nah, buat kamu yang sedang menjalankan sebuah bisnis, hal-hal di atas bisa kamu dapatkan bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dan memperkaya pengetahuan kamu dalam berbisnis.

Ada beragam kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas dengan yang kamu inginkan, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya dan memperluas relasi kamu.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

binus.ac.id/malang/2017/05/pentingnya-komunitas-bisnis-bagi-start-up/

journal.moselo.com/mengapa-komunitas-berperan-penting-dalam-bisnis-9afb7a0be896

sirclo.com/pentingnya-komunitas-dalam-mengembangkan-usaha/

Diakses pada: 22 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All