D


alam digital marketing istilah konten marketing atau strategi pemasaran melalui konten memegang peranan sangat penting. Strategi content marketing dapat diterapkan oleh berbagai usaha dengan jenis dan skala berbeda-beda, termasuk UMKM.


Dengan kesempatan untuk berhasil yang cukup tinggi serta hemat biaya, tidak heran strategi ini dapat membantu meningkatkan performa suatu bisnis. Lantas apa sih konten marketing itu? Bagaimana cara menerapkan strategi content marketing untuk bisnis yang tengah kamu rintis?


Pengertian Konten Marketing

Konten marketing adalah salah satu strategi pemasaran digital melalui pembuatan dan pendistribusian konten yang relevan dan bermanfaat guna menarik perhatian target konsumen sekaligus membuatnya terlibat dan menjadi pelanggan suatu bisnis.


Forbes sendiri mendefinisikan strategi content marketing sebagai teknik pemasaran yang melibatkan pembuatan dan penyebaran konten berharga, relevan, dan konsisten untuk menarik perhatian target konsumen.


Dari pengertian di atas, konten marketing haruslah memenuhi tiga syarat penting, yaitu penting, relevan, dan konsisten. Itu sebabnya kamu tidak boleh asal dalam membuat suatu konten untuk kepentingan bisnis. Misalnya, bila kamu mengelola bisnis kuliner, tentu konten yang perlu diproduksi dan disebarkan adalah konten yang relevan dengan industri tersebut.


Selain relevan, kamu juga perlu mempertimbangkan apakah konten tersebut memang penting untuk diketahui oleh target konsumen. Konsistensi juga menjadi elemen penting dalam konten marketing. Kamu tidak bisa mengandalkan satu konten saja untuk menarik pelanggan.


Diperlukan banyak sekali konten berkualitas agar strategi tersebut memberikan dampak positif pada bisnis kamu. Jadi, pastikan kamu tetap konsisten dalam membuat konten yang berharga untuk target konsumen dan pelanggan. Dalam konten marketing, kamu juga perlu memperhatikan unsur konversi.


Artinya, konten yang kamu buat bukan hanya menghibur, tapi juga mampu mengonversi target konsumen menjadi pelanggan. Buatlah konten yang mendorong mereka untuk melakukan aksi yang diharapkan setelah melihat kontenmu, baik itu melakukan transaksi atau berlangganan pada situsmu.



Bentuk-bentuk Content Marketing

Terdapat ragam bentuk dari konten marketing, tapi yang umum digunakan biasanya berupa:


  1. Blog

Bisa dibilang bentuk ini yang paling fundamental dari strategi content marketing. Blog merupakan tempat yang pas untuk membagi informasi dan ide secara lengkap melalui blog post. Belum lagi konten blog juga bisa dijadikan sebagai investasi jangka panjang mengingat tingkat ketahanannya yang paling tinggi dibandingkan bentuk konten yang lain.


  1. eBook

Bentuk ini menjadi solusi bagi kamu yang ingin membagi informasi lebih detail dan mendalam dari sekedar blog post. Bahkan, eBook bisa dijadikan media untuk menarik perhatian target konsumen.


Tawarkan bahwa mereka bisa mendapatkan eBook tersebut secara cuma-cuma  hanya dengan memasukan email mereka. Email tersebut nantinya akan menjadikan mereka sebagai leads yang kemudian bisa kamu konversi sebagai pelanggan.


  1. Video

Dari tahun ke tahun, konten video banyak digandrungi masyarakat. Tidak heran bentuk konten marketing ini menjadi salah satu yang paling populer. Konten berbentuk video berpotensi untuk membuat pengunjung menghabiskan waktu lebih lama di situs kamu.


Semakin lama waktu yang mereka habiskan di situsmu, semakin bagus juga penilaian versi Google. Selain itu, menurut penelitian iMPACT, video juga dapat meningkatkan trafik organik sebanyak 157%.


  1. Email

Termasuk bentuk konten marketing yang populer, email memiliki kemampuan pemasaran 40 kali lebih efektif dibanding media sosial seperti Facebook dan Twitter. Dalam strategi content marketing, email bisa dimanfaatkan sebagai media promosi, pengingat shopping cart, berbagi newsletter, dll.


  1. Media Sosial

Dalam digital marketing terdapat istilah social media marketing atau strategi pemasaran melalui media sosial. Tetapi, media sosial juga termasuk dalam konten marketing khususnya untuk tempat publikasi konten yang berisi informasi, promosi, maupun meningkatkan engagement.


  1. Infografik

Penyajian data, informasi, dan pengetahuan lainnya akan lebih mudah dipahami oleh audiens dan pelanggan dengan menggunakan infografik. Sesuai namanya, bentuk konten marketing ini berupa grafik atau diagram yang disusun sedemikian rupa dengan tambahan visual menarik untuk membantu target audiens dan pelanggan memahami apa yang kamu sampaikan.


  1. Podcast

Bentuk konten marketing berupa rekaman suara yang mulai populer tahun ini. Topik yang disajikan tentulah harus menarik namun tetap ringan dan santai untuk membantu audiens memahami brand kamu. Mengingat kepopulerannya yang semakin meningkat, kamu bisa menggunakan podcast sebagai alat pemasaran bisnis.


Itulah beberapa jenis konten marketing yang sering digunakan oleh bisnis. Pastikan kamu tahu bentuk konten seperti apa yang pas untuk audiens dan pelanggan!



Tujuan Serta Pentingnya Content Marketing Bagi Sebuah Bisnis

Karena terbukti efektif, banyak pengusaha dari berbagai bidang dan skala menggunakan strategi konten marketing.  Alasan dan tujuannya adalah sebagai berikut:


  1. Meningkatkan Brand Awareness

Alasan dan tujuan dari menjalankan strategi content marketing yaitu untuk meningkatkan brand awareness. Jika kamu baru merintis usaha, brand awareness penting untuk mengenalkan brand pada target konsumen dan menjadikan mereka pelanggan sekaligus meningkatkan konversi dan revenue. Itu sebabnya konten marketing sering digunakan untuk meningkatkan brand awareness khususnya bagi bisnis baru.


  1. Parameter Optimasi SEO

Konten marketing juga bermanfaat untuk parameter optimasi SEO (Search Engine Optimization). Ketika SEO teroptimasi, kamu dapat meningkatkan traffic secara signifikan.


Namun, SEO tidak bisa berjalan bila tidak dibantu dengan konten yang berkualitas. Maka dari itu, strategi content marketing tidak bisa lepas dari parameter SEO khususnya untuk meningkatkan online presence dari suatu bisnis.


  1. Kebutuhan Investasi Jangka Panjang

Konten marketing tidak sama dengan iklan digital atau digital advertising. Strategi content marketing lebih berfokus pada produksi konten yang relevan. Ditambah dengan SEO, kamu bisa menjangkau target pasar secara optimal.


Maka dari itu, suatu konten dianggap sebagai investasi jangka panjang dibandingkan iklan yang memiliki batas waktu dan biaya tertentu. Agar konten yang kamu buat menjadi investasi jangka panjang, lakukan riset terlebih dahulu untuk mendapatkan hasil optimal. Kamu juga bisa menyesuaikan dengan tren dan menganalisa strategi konten dari kompetitor.


  1. Meningkatkan Konversi Pelanggan

Salah satu tujuan terpenting dari konten marketing yaitu mampu mengonversi audiens menjadi pelanggan. Supaya tujuan ini tercapai, kamu perlu melakukan riset guna merancang strategi konten yang tepat.


Melalui riset tersebut, kamu akan mengetahui target pasar yang sesuai, siapa kompetitor, kata kunci yang tepat, dan strategi content marketing lain yang pas untuk menarik perhatian audiens.


  1. Mendapatkan Kepercayaan Pelanggan

Kepercayaan pelanggan perlu dibangun. Salah satu caranya yaitu dengan menerapkan strategi konten marketing. Sebelum melakukan transaksi, calon pelanggan terlebih dahulu akan melakukan riset secara online.


Dengan konten yang berkualitas, kamu bisa meyakinkan mereka untuk mempercayai bisnismu. Semakin banyak konten berkualitas yang diproduksi, pelanggan pun akan semakin percaya pada brand.


  1. Meningkatkan Trafik

Konten marketing dapat membawa trafik berkualitas. Melalui konten yang berkualitas, orang-orang akan berdatangan ke website kamu. Jika website menampilkan informasi yang lengkap mengenai barang atau jasa yang kamu tawarkan, mereka tidak segan untuk mengunjungi websitemu terus menerus. Dengan begitu, trafik akan semakin meningkat dan bisnis kamu pun berkesempatan untuk mengonversi trafik tersebut sebagai revenue.


  1. Mengendalikan Biaya Pemasaran

Demand Metric menjelaskan bahwa biaya yang diperlukan untuk menerapkan strategi konten marketing lebih murah 62% dari strategi pemasaran secara tradisional.


Meskipun lebih murah, konten marketing tetap terbukti lebih efektif menjangkau target pasar di era digital. Itulah mengapa strategi ini cocok juga diterapkan oleh bisnis dengan budget pemasaran yang terbatas.


Melalui penjelasan di atas, kamu akan memahami betapa pentingnya menerapkan strategi konten marketing bagi suatu bisnis. Selain meningkatkan brand awareness, strategi konten marketing juga dapat meningkatkan revenue dan membangun kepercayaan pelanggan dengan biaya pemasaran yang lebih rendah, khususnya di era digital seperti sekarang ini.



Tips Memaksimalkan Strategi Content Marketing untuk Suatu Bisnis

Konten marketing menjadi bagian yang penting untuk meningkatkan suatu bisnis. Namun, dengan strategi yang asal-asalan, konten yang kamu buat malah akan merugikan bisnis. Itu sebabnya kamu memerlukan strategi konten yang tepat. Lantas, bagaimana langkah membuat konten marketing yang tepat untuk bisnismu?


  1. Tentukan Tujuan

Tujuan dan gol menjadi hal penting yang perlu dimiliki oleh setiap bisnis, termasuk dalam menentukan suatu strategi pemasaran. Tujuan pun diperlukan dalam menyusun strategi konten marketing. Dengan tujuan yang tepat, kamu memiliki parameter atau target yang ingin dicapai. Proses pemasaran pun akan mudah untuk dilakukan dan diukur.


  1. Buat Konten Berkualitas

Konten menjadi bagian utama dalam strategi konten marketing. Tentu saja konten yang dibuat haruslah berkualitas agar mampu meningkatkan performa bisnis. Dalam membuat konten, pertimbangkan unsur promosi yang tetap mengedukasi pelanggan. Dengan begitu konten yang kamu buat akan lebih berkualitas dan menarik perhatian mereka.


  1. Miliki Target Konsumen

Target konsumen atau target pasar akan menjadi acuan dalam setiap penyusunan strategi pemasaran, termasuk dalam konten marketing. Cari tahu minat dan kebiasaan mereka. Temuan tersebut nantinya akan membantu kamu dalam proses pembuatan konten. Kamu pun akan menghasilkan konten berkualitas yang dapat menarik minat target konsumen.


  1. Lakukan Promosi yang Tepat

Proses promosi di sini berkaitan bagaimana cara kamu mendistribusikan konten yang telah diproduksi. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk melakukan promosi konten yang tepat. Di antaranya unsur waktu, tempat konten dipublikasi, dan bagaimana cara mempromosikannya.


Unsur-unsur ini dapat terpenuhi jika kamu mengenal target konsumen dengan baik. Cari tahu kapan dan di mana mereka biasanya aktif lalu lakukan promosi konten berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.


  1. Evaluasi Konten

Setiap strategi pemasaran yang kamu jalankan memerlukan evaluasi. Melalui evaluasi tersebut, kamu akan mengetahui apa yang perlu diperbaiki, ditingkatkan, atau dipertahankan. Hal tersebut juga berlaku dalam konten marketing. Cari tahu apakah konten yang kamu produksi memberikan dampak positif pada bisnis, bagian mana saja yang perlu diperbaiki dari konten tersebut, dan apa saja yang perlu ditingkatkan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal.


Memahami proses strategi pemasaran sangatlah penting untuk setiap pelaku usaha guna meningkatkan bisnis mereka. Informasi di atas tentunya akan membantu kamu memahami penerapan strategi pemasaran yang tepat melalui konten marketing. Dengan biaya pemasaran yang lebih rendah, performa bisnis akan semakin lebih baik.


Nah, buat kamu yang sedang berbisnis dan sedang mencari berbagai tips bisnis dan rahasia suksesnya, kamu bisa temuka semua itu di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.


Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

glints.com/id/lowongan/apa-itu-content-marketing/#.YaYQv_HP1hA

niagahoster.co.id/blog/apa-itu-content-marketing/

jurnal.id/id/blog/manfaat-content-marketing-bagi-bisnis-kecil/

sekawanmedia.co.id/content-marketing/

panduanim.com/apa-itu-content-marketing/

dewaweb.com/blog/panduan-lengkap-content-marketing/

Diakses pada: 6 Desember 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All