Data scientist menjadi profesi yang sangat diminati belakangan ini. Banyak orang berlomba-lomba untuk menjadi seorang data scientist. Bahkan, banyak dari mereka yang sudah memiliki profesi tertentu, memutuskan untuk melakukan switch karier ke data analyst.  

Lantas, apa sebabnya profesi data scientist banyak diminati? Penyebabnya adalah perkembangan teknologi di bidang big data. Perusahaan menyadari bahwa pengolahan data itu penting. Bahkan, jika diolah dengan baik, bisa memberi banyak manfaat bagi kemajuan perusahaan. 

Dengan menyadari banyaknya manfaat data science, perusahaan membuka lowongan besar-besaran untuk merekrut data scientist. Mereka pun berlomba-lomba untuk mendapat talenta terbaik di bidang data. 

Sementara, talenta di bidang data yang benar-benar ahli masih terbilang cukup sedikit. Hal ini membuat perusahaan berani menawarkan gaji yang besar untuk seorang data scientist. Maka dari itu, banyak orang tertarik untuk menjadi data scientist

Terlebih lagi, data science bisa dipelajari oleh siapa pun, tidak harus memiliki latar belakang pendidikan di bidang data. Skill data science seperti matematika, statistika, coding, dll bisa dipelajari di online course

Jika kamu tertarik mengikuti online course untuk menjadi data scientist, kami telah menyajikan rekomendasi kursus yang tepat. Akan tetapi, sebelumnya mari kita simak penjelasan tentang data scientist terlebih dahulu agar kamu semakin yakin berkarier di bidang ini. 

Apa Itu Profesi Data Scientist?

Data scientist adalah profesi yang mempelajari tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasi data menurut formula statistika serta menggunakan bahasa pemrograman dan tools yang tepat dalam mengolah data. Tanggung jawabnya luas, mulai dari analisis sampai mendapatkan insight atau rekomendasi untuk pengembangan bisnis. 

Data scientist bertugas menganalisis berbagai macam data dalam jumlah besar, yakni big data yang terakumulasi di perusahaan. Selain itu, mereka juga menggabungkan data dari berbagai sumber dan memastikan konsistensi dataset. Lalu, mereka juga membuat infografis untuk memudahkan para pengambil keputusan dalam memahami data. 

Prospek Data Scientist

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, banyak perusahaan membutuhkan data scientist. Maka dari itu, prospek data scientist terbilang sangat cerah. Perusahaan-perusahaan tersebut pun datang dari berbagai bidang, mulai dari perbankan, jasa, dan manufaktur. 

Contoh perusahaan yang memanfaatkan data scientist adalah Google. Perusahaan teknologi digital itu merekrut data scientist untuk mengolah dan menginterpretasikan big data. Hasil dari analisis data tersebut adalah sebuah insight yang dijadikan dasar untuk membuat strategi untuk memajukan Google. 

Rekomendasi Kursus Data Science

Sebelumnya telah dijelaskan bahwa untuk memulai karier sebagai data scientist, bisa dipelajari dengan mengikuti online course. Jika kamu tertarik untuk menjadi data scientist, berikut beberapa rekomendasi online course data science yang bisa kamu ikuti.

  1. Coursera - Data Science Specialization

Rekomendasi online course data science pertama adalah Coursera oleh John Hopkins University. Kelas bisa diakses secara gratis, namun harus membayar untuk mendapatkan sertifikat. Online course data science di Coursera terdiri dari 10 materi pembelajaran yang mencakup:

  • Pemrograman statistik R
  • Analisis klaster
  • Natural language processing
  • Praktik machine learning
  1. Cognitive Class - Data Science Fundamental

Rekomendasi online course data science yang kedua adalah Cognitive Class. Platform ini awalnya dikenal dengan Big Data University dan rebranding menjadi Cognitive Class. Materi pembelajarannya mencakup:

  • Data science 101
  • Methodology hands-on applications
  • Programming in R dan open source tools
  1. Dataquest - Become A Data Scientist

Dataquest adalah penyedia pelatihan online independen. Dataquest menawarkan akses gratis untuk beberapa materi, termasuk di bidang data. Pembelajaran di Dataquest dibidang data dibagi menjadi tiga spesialisasi yaitu data analyst, data scientist, dan data engineer. 

  1. California Institute of Technology - Learning from Data

California Institute of Technology menawarkan kursus data science yang berfokus pada machine learning. Pembelajaran disampaikan melalui media video, artikel, dan juga dilengkapi sesi recorded Q&A. Materinya mencakup:

  • Teori dasar machine learning
  • Algoritma machine learning
  • Aplikasi dan implementasi machine learning di berbagai bidang
  1. KDNuggets - Data Mining Course

Rekomendasi kursus data science selanjutnya adalah KDNuggets. KDNuggets menyajikan beberapa modul tentang machine learning, konsep statistik, regresi, dan banyak lainnya. Tidak hanya menyajikan teori, platform tersebut juga memberi contoh pengaplikasiannya. 

  1. Kuncie

Kursus Data Scientist

kursus data scientist

Ikut kursus data scientist dan mulai karir mu sekarang juga disini!

Daftar Sekarang!

Selain platform online course di atas, kamu juga bisa mengikuti kelas data science di Kuncie. Di Kuncie, kamu akan dibimbing oleh para mentor ahli dari Sadasa Academy. Kamu akan mendapat pembelajaran dengan materi yang lengkap. 

Apa saja kah materinya? Mulai dari pemahaman dasar tentang Python sampai tingkat lanjut. Lalu, kamu juga akan mempelajari cara manipulasi data dengan Pandas dan visualisasi data dengan Matplotlib.

Dalam kelas, kamu juga akan mendapat sesi latihan untuk mengukur pemahaman kamu terhadap materi pembelajaran. Setelah menyelesaikan kelas, kamu akan mendapat sertifikat. Selain itu, kamu juga akan mendapat lifetime akses untuk kelas. Jadi, kamu bisa mempelajarinya lagi di kemudian hari.

Mulai Karir Data Analyst Sekarang

kursus data analyst

Ikut Bootcamp Data Analytics dan mulai langkahmu menjadi seorang data analyst sekarang!

Daftar Sekarang!

Selain data science, kamu juga bisa mengikuti Bootcamp Data Analytics di Kuncie.  Kamu akan dibimbing oleh para mentor yang profesional dan berpengalaman di bidang data. Pembelajaran akan dilakukan secara intensif selama 7 minggu dengan materi yang komplit.

Apa saja kah materi pembelajarannya? Mulai dari Python, Numpy, Pandas, Matplotlib, machine learning, reporting, presenting, final project, sampai pitching. Bahkan, kamu juga akan dibimbing dalam menyiapkan CV, portofolio serta interview HR dan user. Selain materi yang lengkap, masih banyak lagi benefit mengikuti Bootcamp Data Analytics di Kuncie sebagai berikut.

  • Pembelajaran yang komprehensif dan ramah untuk pemula
  • Dilengkapi dengan portfolio building melalui project based dalam setiap pertemuan
  • Industry networking bersama para mentor dan learner untuk membantu pengembangan karier
  • Mendapat sertifikat setelah menyelesaikan program
  • Peluang bekerja di hiring partner Kuncie
  • Mentor berpengalaman dan ahli di bidangnya 
  • Live teaching via Zoom dan menggunakan Bahasa Indonesia sehingga lebih mudah dimengerti
  • Dilengkapi pre-test dan post-test untuk memastikan pemahaman learners di setiap materinya
  • Lifetime akses untuk seluruh materi pembelajaran

Demikianlah penjelasan tentang rekomendasi kursus data scientist. Jika kamu tertarik untuk menjadi data scientist, kamu bisa mengikuti kursus di Kuncie. Pembelajaran di Kuncie sangat cocok untuk fresh graduate maupun profesional yang ingin melakukan switch karier. 

Data scientist punya prospek dan jenjang karier yang cerah. Gaji yang ditawarkan juga sangat menggiurkan. Telah dijelaskan sebelumnya pula bahwa siapa pun bisa menjadi data scientist. Maka dari itu, jangan ragu untuk mengikuti Kelas Data Science atau Bootcamp Data Analytics di Kuncie. Kamu tidak perlu khawatir, kamu akan dibimbing secara step by step, sampai kamu bisa. Jadi, tunggu apa lagi? Ayo, daftar sekarang dan wujudkan mimpimu berkarier menjadi praktisi ahli di bidang data!

Posted 
Oct 21, 2022
 in 
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

 category

View All
No items found.