Zaman sekarang makin banyak hobi yang bisa menjadi sumber rezeki. Niat awal hanya ingin mengekspresikan diri. Namun, jika dijalankan sepenuh hati dan sebaik mungkin, bukan hanya kesenangan yang didapat, tapi juga peluang karier. Salah satunya adalah menulis.

Berawal dari kerinduan untuk didengar dan diperhatikan, banyak orang menulis untuk sekadar menuangkan isi pikiran. Medianya bermacam-macam. Bisa pakai cara klasik menggunakan secarik kertas dengan pulpen atau pensil, membuat file pribadi di laptop, hingga fasilitas digital seperti blog atau media sosial.

Jika kegiatan ini rutin kamu lakukan, perlahan kemampuan menulismu pun akan terus meningkat. Hobi corat-coret dan merangkai kata tidak lagi sekadar bahan iseng untuk mengisi kekosongan di sela waktumu yang berharga. Kamu bisa mendapatkan penghasilan yang menjanjikan.

Sebelum beranjak, mari kita lihat

Kira-kira apa saja ya macam-macam peluang karier dalam dunia menulis? Yuk, simak pembahasannya pada artikel berikut ini!

Berbagai Macam Profesi Penulis

  1. Penulis Kreatif

Kamu bisa membuat beraneka ragam karya fiksi maupun non fiksi berupa cerpen, novel, puisi, dan sebagainya. Kamu pun bebas menuliskan isi pikiran, minat, keresahan, dan kerinduanmu akan suatu hal untuk mewakili ide dan perasaanmu.

Tantangan:

Ini adalah profesi yang boleh dibilang menuntut kreativitas dan daya khayal tinggi. Kamu pun perlu menjadi sosok yang melek akan fenomena serta detail dalam menghidupkan suatu cerita agar tulisanmu dapat dinikmati orang banyak. 

  1. Copywriter

Sederhananya, copywriter adalah penulis materi iklan. Salah satu posisi kunci dalam dunia komunikasi pemasaran. Kamu dituntut untuk memiliki kemampuan untuk menulis teks headline, kalimat-kalimat deskripsi dengan punchline, sampai skrip iklan.

Profesi yang makin banyak dibutuhkan di era digital ini cocok untuk kamu pemilik jiwa kreatif yang senang mengeksplorasi berbagai ragam gaya bahasa dan merangkai kalimat persuasi.

Tantangan:

Kamu wajib memahami tata bahasa seperti penggunaan huruf kapital, berbagai kata sambung, serta tanda baca di luar kepala. Tidak diharuskan, tapi sangat disarankan untuk terus mengikuti tren atau fenomena sosial yang sedang ramai dibicarakan masyarakat. Pun dengan kemampuan observasi dan analisis.

Kenapa? Agar kamu dapat menulis secara tepat sasaran sesuai kebutuhan klien dan minat target audience yang banyak sekali segmentasinya.

  1. Content Writer

Penulis profesional yang dibayar untuk memproduksi berbagai konten di media online sesuai kebutuhan pemasaran. Bentuknya beragam. Bisa berupa blog, artikel dalam website, . Biasanya berupa tulisan panjang mulai dari 300 kata atau sesuai kebutuhan.

Tema dan gaya penulisan pun biasanya sudah ditetapkan sesuai dengan persona atau nilai yang ingin diangkat oleh brand atau perusahaan.

Tantangan:

Kamu harus bisa membuat konten yang relevan dengan tema yang ditentukan. Misalnya, kecantikan, kesehatan, teknologi, music, dan sebagainya. Karena itu, sangat disarankan bagimu untuk mendalami satu atau beberapa bidang tertentu agar tulisan bisa mengalir dan terhindar dari kebuntuan.

Akan lebih baik jika kamu memiliki jiwa senang belajar dan berbagi agar tulisan yang kamu buat tidak sekadar enak dibaca, tapi juga bisa bermanfaat dan memberi dampak bagi pembaca.

Jika kamu memiliki banyak deadline, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu untuk tetap berlatih dan bereksplorasi agar pengetahuan dan gaya tulisanmu tidak begitu-begitu saja.

  1. SEO Writer

Mirip dengan content writer, bedanya SEO writer adalah profesi yang mengharuskanmu untuk dapat menulis berbagai artikel dengan sentuhan copywriting, tapi dengan nilai-nilai SEO (Search Engine Opimization) di dalamnya.

SEO sendiri adalah upaya untuk mengoptimalkan suatu konten agar mudah terbaca mesin pencarian online. Di sini kamu perlu mengetahui rumusan yang diperlukan agar tulisanmu memenuhi kaidah konten SEO.

Tantangan:

Kamu perlu memiliki kemampuan menulis yang cukup beragam, baik dari gaya penulisan, hingga topik pembahasan karena biasanya konten SEO dibuat untuk beberapa jenis segmentasi.

Kamu pun harus pandai-pandai meramu tulisan dengan perpaduan berbagai keywords yang sudah ditentukan tanpa membuat pembaca merasa bosan. Keywords ini sendiri biasanya ditentukan oleh tim marketing, tapi bisa juga dilimpahkan sepenuhnya pada SEO writer.

Jika kamu yang menentukan keywords tersebut, maka kemampuan analisis dan membaca traffic menjadi skill yang wajib dimiliki.

  1. News Writer (Jurnalis/Penulis Berita)

Boleh dibilang ini adalah salah satu pekerjaan menulis yang paling menyita fokus dan keseriusan. Bukan berarti penulis lain bermain-main, tetapi lebih karena beban kerja berupa tanggung jawab ekstra dalam memberikan dan membuat berita yang valid untuk pembaca di media.

Beberapa jenis tulisan yang biasa dibuat oleh jurnalis di antaranya:

  • Berita (news)

Laporan peristiwa berupa paparan data dan fakta tentang suatu peristiwa.

  • Opini

Ini adalah tulisan berisi penilaian, pemikiran, atau pandangan subjektif penulis mengenai suatu peristiwa atau masalah yang diambil dari kejadian faktual.

  • Tajuk Rencana

Biasa kita kenal dengan istilah “editorial” atau “opini redaksi”. Isinya berupa pandangan atau penilaian redaksi (biasanya wartawan senior) mengenai suatu fenomena atau masalah. 

  • Feature

Laporan jurnalistik yang ditulis dengan  penulisan seperti dalam cerpen. Menggunakan gaya bahasa story telling mengenai tokoh atau peristiwa faktual yang biasanya dibahas secara lebih mendalam.

  • Resensi

Sebagian media berita memiliki rubrik hiburan yang membahas buku, film, musik, dan karya seni lainnya. Resensi berisi penilaian tentang kelebihan, kekurangan, dan kritik mengenai berbagai karya seni tersebut. 

Tantangan:

Selain kemampuan memahami tata bahasa yang baik dan benar serta merangkainya menjadi tulisan yang layak dibaca, kamu membutuhkan keberanian dan stamina tubuh yang prima. Pekerjaan ini erat kaitannya dengan berbagai kemampuan komunikasi untuk mencari informasi dan deadline. Terkadang, risikonya pun tinggi, tergantung pada berita yang diliput.

Kalau punya jiiwa kepo dan suka memaparkan fakta dan peristiwa, profesi ini cocok untukmu.

  1. Freelance Writer

Dari berbagai jenis peluang karier, freelance writer atau penulis lepas bisa menjadi alternatif bagi kamu yang lebih nyaman bekerja tanpa ikatan dalam kurun waktu yang panjang.

Tantangan:

Kamu harus jemput bola alias aktif mencari peluang kerja setiap proyekmu habis. Akan lebih baik jika sebelumnya kamu memiliki portofolio dan track record yang bagus sehingga pekerjaan akan lebih mudah datang dengan sendirinya.

Masih bingung mau memilih jalur karier yang mana? Tenang! Sekarang, yang penting latih terus kemampuan merangkai kalimat penuh makna. Tidak perlu malu juga mempublikasikannya. Perbanyak referensi berbagai jenis karya tulis untuk menambah wawasan. Selebihnya, kamu bisa mengikuti kata hati. Selamat cuan lewat tulisan!

gaji profesi penulis
Posted 
Aug 30, 2022
 in 
 category

More from 

 category

View All
No items found.