Aktivitas marketing campaign (kampanye pemasaran) merupakan hal umum yang biasa dilakukan oleh semua bisnis. Agar dapat sukses mengenalkan produk atau layanan, bisnis perlu mengelola sumber daya, aktivitas, biaya, hingga jadwal yang diperlukan untuk menjalankan kampanye pemasaran. Itulah mengapa manajemen pemasaran menjadi sangat penting untuk diperhatikan.

Proses manajemen pemasaran digunakan untuk merampingkan pekerjaan pelaku pemasaran dan membantu menjangkau pelanggan agar dapat merespons permintaan pelanggan dengan cepat dan akurat. Manajemen pemasaran berorientasi pada konsumen. Oleh karena itu, pelaku pemasaran harus mengetahui produk atau layanan apa yang disukai konsumen, beserta produk atau layanan yang tidak sesuai dengan harapan mereka.

Begitulah penjelasan singkat mengenai manajemen pemasaran. Untuk mengetahui lebih dalam mengenai manajemen pemasaran, baca artikel ini sampai selesai. Semua pembahasan mulai dari pengertian, tujuan, fungsi, hingga alasan mengapa manajemen pemasaran itu penting akan dibahas tuntas di sini!

Kuncie x SBM ITB: Mini MBA Program

Kelas Mini MBA

Dapatkan pembelajaran setara MBA dengan harga yang lebih terjangkau dan waktu yang lebih singkat di program non-degree Mini MBA bersama SBM ITB di Kuncie!

Daftar Sekarang!

Apa itu Manajemen Pemasaran?

Manajemen pemasaran atau marketing management adalah suatu proses analisis, perencanaan, implementasi, serta pengendalian atas program-program yang dirancang untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan memenuhi tuntutan dari pelanggan. Singkatnya, manajemen pemasaran adalah cara untuk mengetahui peluang yang menguntungkan perusahaan, lalu menggunakan peluang tersebut untuk menarik hati pelanggan dengan cara memuaskan kebutuhannya.

Proses manajemen pemasaran dilakukan dengan mengatur tujuan dan sasaran pemasaran, mengembangankan rencana pemasaran, mengatur fungsi pemasaran, menerapkan rencana pemasaran ke dalam tindakan, dan yang terakhir mengontrol kegiatan pemasaran yang sudah dijalankan.

Manajemen pemasaran dianggap penting karena pemasaran adalah aktivitas yang vital untuk dilakukan sebuah perusahaan. Maka dari itu, segala keputusan pada kegiatan pemasaran yang diambil harus dirancang dengan sempurna.

Elemen Kunci dalam Manajemen Pemasaran 

Untuk membangun manajemen pemasaran yang baik, pahami elemen-elemen penting yang membangun kerangka kerja manajemen pemasaran berikut ini:

  1. Marketing Mix

Marketing mix adalah sekumpulan variabel pemasaran yang digabungkan dan dikendalikan oleh perusahaan demi mencapai tujuan. Variabel tersebut merupakan pertimbangan utama yang harus ditinjau ulang dan diterapkan dengan bijak agar berhasil memasarkan produk atau layanan. Mereka adalah product (produk), price (harga), place (tempat), dan promotion (promosi).

  1. Marketing Strategy

Strategi pemasaran adalah rencana jangka panjang yang menentukan bagaimana perusahaan akan menargetkan pelanggannya, termasuk aspek fungsi pemasaran seperti riset pasar, branding, channel distribusi, periklanan, dan penetapan harga. Dalam menjalankan strategi pemasaran, kamu disarankan untuk menggunakan campuran strategi pemasaran pull and push.

  1. Marketing Plan

Rencana pemasaran adalah dokumen yang menguraikan strategi pemasaran keseluruhan perusahaan. Dalam dokumen ini akan dijelaskan secara rinci bagaimana strategi pemasaran akan dieksekusi. Hal-hal seperti anggaran pemasaran yang akan menutupi biaya kegiatan juga akan termasuk di dalamnya.

  1. Marketing Budget

Anggaran pemasaran merupakan sejumlah uang yang dibutuhkan untuk menutup kegiatan pemasaran suatu perusahaan. Penting bagi perusahaan untuk melakukan estimasi biaya secara menyeluruh. Hal ini dilakukan guna menghindari pembengkakan biaya yang tidak terduga pada kegiatan marketing campaign.

  1. Marketing Campaign

Kampanye pemasaran adalah serangkaian kegiatan atau taktik yang masuk ke dalam rencana pemasaran. Kegiatan ini dikembangkan untuk mempromosikan perusahaan, merek, atau produk.

Berikut adalah beberapa contoh taktik pemasaran yang dapat kamu gunakan sesuai dengan cakupan dan anggaran yang diinginkan:

  • Digital Marketing
  • Paid Advertising
  • Email Marketing
  • Word of Mouth
  • dan masih banyak lagi
Baca Juga: Wajib Tahu: Pentingnya Manajemen Strategis Dalam Bisnis

Tujuan Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran dilakukan bukan tanpa tujuan yang spesifik dan besar. Berikut adalah beberapa tujuan manajemen pemasaran yang dapat kamu pelajari:

  1. Menarik Pelanggan Baru

Konsumen adalah faktor terpenting yang menentukan masa depan perusahaan. Oleh karena itu, menyediakan produk terbaik yang sesuai dengan kebutuhan konsumen adalah tugas penting bagi pelaku pemasaran. Eksplorasi dan identifikasi kebutuhan konsumen melalui manajemen pemasaran akhirnya akan membantu menciptakan pelanggan baru dan bahkan mempertahankan pelanggan yang sudah berhasil digaet.

  1. Memuaskan Permintaan Pelanggan

Perusahaan harus terus berinovasi mengembangkan dan mendistribusikan produk atau layanan yang memenuhi ekspektasi pelanggan, guna memberikan kepuasan. Jika pelanggan merasa puas dengan produk atau layanan yang ditawarkan, ada peluang bagi mereka untuk merekomendasikannya kepada orang lain

  1. Meningkatkan Keuntungan

Perusahaan harus dapat memperoleh keuntungan yang cukup dari penjualan produk atau layanan yang memuaskan. Manajemen pemasaran membantu meningkatkan laba dan volume penjualan. Hal ini bisa diraih dengan meluaskan pangsa pasar serta menambah jumlah pelanggan.

  1. Memaksimalkan Market Share

Market share juga merupakan salah satu tolok ukur keberhasilan dalam berbisnis. Semakin besar pengaruh manajemen pemasaran, semakin besar pula market share yang diciptakan.

  1. Menciptakan Reputasi yang Baik

Perusahaan yang baik dikenal dari reputasinya di pasar. Reputasi ini dibangun melalui proses penjualan yang dilakukan perusahaan, hingga sampai ke tangan pembelinya. Lewat manajemen pemasaran yang tepat dan efektif, perusahaan dapat menyusun strategi terbaik agar kegiatan pemasaran berjalan dengan lancar dan akhirnya menghasilkan reputasi yang baik. Perusahaan dengan reputasi yang baik akan mendapatkan lebih banyak peluang untuk berkembang dan mendapatkan lebih banyak pelanggan.

7 Fungsi Manajemen Pemasaran

Ada 7 fungsi manajemen pemasaran yang merupakan pilar utama. Di antaranya adalah:

  1. Promotion

Mengacu pada semua kegiatan pemasaran yang mempromosikan brand awareness. Ada banyak jenis promosi seperti iklan digital, konten marketing, Public Relations, dan event.

  1. Selling

Pemasaran dan penjualan adalah dua hal yang saling erat kaitannya. Biasanya, departemen pemasaran membangun strategi pemasaran yang menghasilkan prospek dan penjualan untuk suatu organisasi.

  1. Product Management

Manajemen pemasaran juga melibatkan kerja sama dengan departemen manajemen produk. Kedua tim harus saling memberikan feedback secara berkala untuk mengembangkan produk yang memenuhi persyaratan perusahaan dan kepuasan pelanggan.

  1. Pricing

Manajemen pemasaran profesional harus mengembangkan struktur penetapan harga untuk bisnis. Beberapa faktor yang terlibat dalam proses pengambilan keputusan penetapan harga, di antaranya adalah perencanaan permintaan, biaya, dan lanskap persaingan merek.

  1. Market Research

Riset pasar adalah proses menganalisis data pelanggan seperti informasi demografis untuk mengembangkan strategi pemasaran yang memuaskan kebutuhan mereka.

  1. Financing and Budgeting

Mengamankan pembiayaan, memperkirakan biaya, dan membuat anggaran pemasaran adalah bidang penting dalam manajemen pemasaran. Tanpa pembiayaan dan penganggaran, strategi pemasaran tidak dapat dijalankan dengan baik.

  1. Distribution

Memutuskan channel distribusi terbaik untuk menjual produk adalah bagian penting dari manajemen pemasaran. Kamu dapat memilih lokasi fisik, online channel, atau mengimplementasikan model hybrid.

manajemen pemasaran

Mengapa Manajemen Pemasaran itu Penting?

Manajemen pemasaran sangat penting karena membantu berdiri perusahaan mampu berdiri secara kompeten dalam menghadapi persaingan yang sangat berkembang di pasar. Manajemen pemasaran juga membantu perusahaan mengembangkan strategi untuk meningkatkan keuntungan dan mengurangi biaya produksi. Manajemen pemasaran telah menjadi sumber utama pertukaran dan transfer barang. Lebih jelasnya, berikut adalah manfaat manajemen pemasaran:

  1. Membantu Menjaga Reputasi Perusahaan
  2. Membantu Meningkatkan Ekonomi Perusahaan
  3. Mempromosikan Ide-Ide Baru
  4. Sumber Iklan Produk Baru

Demikianlah pembahasan mengenai manajemen pemasaran. Kalau masih ingin tahu lebih lanjut ilmu-ilmu penting dalam dunia bisnis, kamu dapat mengikuti Mini MBA dari Kuncie! Program ini merupakan program non-degree yang berfokus pada pengembangan bisnis dengan materi kelas Master Business Administration (MBA) yang dipadatkan.

Tertarik untuk daftar? Klik di sini!

Posted 
Jan 24, 2023
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All