Big data kerap menjadi bahan perbincangan di era digital seperti sekarang. Teknologi ini diyakini memiliki peran besar dalam revolusi industri 4.0 yang tengah terjadi kini. Dengan adanya teknologi big data, perusahaan bisa mendapat banyak dampak positif.

Dalam menjalankan bisnis, perusahaan banyak berhubungan dengan data. Maka dari itu, tak ayal jika teknologi big data memberi banyak dampak positif untuk perusahaan. Data pun menjadi komoditas penting bagi perusahaan dan mereka tak ragu untuk berinvestasi pada big data

Melihat banyaknya perusahaan besar yang berinvestasi penuh pada data, kamu pasti penasaran, seberapa besar dampak positif teknologi big data terhadap perusahaan? Untuk mengetahuinya, simak artikel ini sampai akhir, ya!

Mulai Karir Data Analyst Sekarang

kursus data analyst

Ikut Bootcamp Data Analytics dan mulai langkahmu menjadi seorang data analyst sekarang!

Daftar Sekarang!

Apa Itu Big Data?

Big data adalah serangkaian proses yang terdiri dari data bervolume besar yang tidak terstruktur maupun terstruktur dan dipakai untuk menunjang aktivitas bisnis. Karena memiliki volume yang besar, maka tidak bisa diproses menggunakan alat tradisional biasa. 

Istilah big data sendiri sudah muncul sejak tahun 2000-an. Pada saat itu, dikenalkan pula tiga konsep utama dari big data, yaitu Volume, Velocity, dan Variety. Berikut penjelasan dari tiga konsep tersebut.

Volume

Big data memiliki ukuran kapasitas data yang sangat besar. Maka dari itu, pemrosesan data berukuran besar sangat memungkinkan untuk dijalankan. Data tersebut bisa berupa transaksi bisnis, media sosial, hingga data yang didapat secara otomatis dari sensor mesin.

Velocity

Big data memiliki kecepatan transfer yang sangat cepat, stabil, dan efektif. Selain itu, mampu menerima data secara real time. Maka dari itu, meskipun datanya besar, tetap bisa diproses secara cepat. Hal ini karena big data menggunakan teknologi canggih. 

Variety

Big data memiliki variasi data yang melimpah, baik terstruktur maupun tidak. Variasi data tersebut misalnya numerik, teks, audio, video, dan sebagainya. Meskipun demikian, data-data seperti teks, audio, dan video, harus melalui beberapa tahap sebelum akhirnya dapat diproses dalam database. 

Manfaat Big Data

Telah disebutkan sebelumnya bahwa big data memberi banyak manfaat bagi perusahaan, instansi, atau pun organisasi. Apa sajakah manfaat tersebut? Berikut penjabarannya: 

1. Membantu Mengambil Keputusan

Analisis yang didapatkan melalui big data dapat membantu para stakeholder di perusahaan dalam mengambil kebijakan atau keputusan. Karena didasari data, kebijakan atau keputusan tersebut yang diambil cenderung akurat. 

2. Menentukan Penyebab Masalah

Big data mampu melakukan analisis dan menentukan penyebab timbulnya suatu masalah yang terjadi pada sistem. Selain itu, hasil analisis big data juga bisa digunakan untuk mengurangi kekeliruan atau mencegah masalah yang mungkin akan terjadi. 

3. Mengenal Pelanggan dengan Baik

Melalui big data, kita bisa mendapat banyak informasi tentang pelanggan. Maka dari itu, kita bisa lebih memahami mereka dengan baik. Misalnya kita bisa tahu data diri pelanggan dan alasan mereka membeli produk atau jasa kita. 

4. Membuat Strategi Marketing 

Dengan memahami konsumen, tentunya kita juga bisa membuat strategi marketing yang efektif. Kita juga bisa menargetkan konsumen secara tepat. Selain itu, kita bisa membuka peluang cross selling dan upselling. 

5. Mendeteksi Penyimpangan

Big data bisa mendeteksi perilaku yang menyimpang atau anomali dalam bisnis. Bahkan, hal tersebut dapat dilakukan secara relatif cepat dan tepat. Selain itu, big data juga dapat memberi opsi solusi untuk mengatasi perilaku menyimpang tersebut. 

6. Pengembangan Produk

Karena big data dapat membantu memahami pelanggan, maka perusahaan juga bisa melakukan pengembangan produk sesuai minat pelanggan. Dengan demikian, penjualan pun dapat semakin meningkat.

7. Memprediksi Masa Depan

Hasil analisis big data bisa membantu memprediksi masa depan. Misalnya memprediksi tren pasar dan memperkirakan kebutuhan masa depan. Dengan demikian, perusahaan bisa melakukan perencanaan dengan baik.

Pentingnya Big Data

Big data dinilai sangat penting, bahkan bagi 93% perusahaan. Lantas, mengapa big data dinilai sangat penting? Berikut beberapa alasannya.  

1. Menghemat Biaya

Big data memanfaatkan tools seperti Apache Hadoop, Spark, dan lainnya. Hal itu sangat menghemat budget bisnis dalam menyimpan data dalam jumlah besar. Tools tersebut membantu organisasi dalam mengidentifikasi cara yang lebih efektif dalam menjalankan bisnis. 

2. Menghemat Waktu

Analisis big data yang bersifat real time membantu perusahaan mengumpulkan data dari berbagai sumber sehingga dapat memberikan gambaran keputusan yang lebih akurat dalam waktu yang relatif lebih singkat.

3. Memahami Kondisi Pasar

Analisis big data membantu perusahaan  mendapatkan pemahaman yang lebih baik mengenai situasi pasar. Dengan demikian, perusahaan bisa membuat strategi pemasaran yang efektif untuk meningkatkan penjualan.

4. Meningkatkan Retensi Pelanggan

Pelanggan adalah aset terpenting dalam perjalanan bisnis. Analisis big data dapat membantu bisnis mengidentifikasi tren dan pola terkait pelanggan sehingga dapat memberikan gambaran strategi yang lebih tepat dalam meningkatkan loyalitas pelanggan.

5. Mendorong Inovasi dan Pengembangan Produk

Analisis big data mendorong perusahaan untuk selalu berinovasi dan terus mengembangkan produk. Dengan terus berinovasi dan mengembangkan produk, maka perusahaan bisa semakin cepat bertumbuh dan maju.

Demikianlah penjelasan tentang manfaat dan pentingnya big data bagi perusahaan. Dengan melihat banyaknya manfaat dan betapa pentingnya big data bagi perusahaan, tidak heran jika profesi di bidang data banyak dibutuhkan. Profesi di bidang data tersebut misalnya data analyst, data scientist, data engineering, dan sebagainya.

Karena banyak dibutuhkan dan dicari, profesi di bidang data memiliki penghasilan yang cukup besar. Maka dari itu, banyak orang yang tertarik untuk berkarier di bidang ini. Apa lagi, peluangnya terbuka lebar dan prospeknya sangat cerah.

Bootcamp Data Analytics

Dapatkan Pembelajaran Intensif Tentang Data Analytics Dari Para Ahli dan Praktisi!

Untuk berkarier di bidang data pun tidak harus membutuhkan latar belakang di bidang data. Siapa pun bisa berkarier di bidang data, asalkan mau untuk belajar secara intensif. Saat ini, banyak platform yang menyediakan program pembelajaran untuk berkarier di bidang data, salah satunya adalah Kuncie.

Kuncie menghadirkan berbagai program pembelajaran di bidang data. Jika kamu mengikutinya, kamu bisa mendapat pembelajaran intensif dari para ahli data yang berpengalaman dan profesional. Kamu juga akan mendapat materi yang terstruktur dan lengkap. Selain itu, ada banyak lagi benefit lainnya. Maka dari itu, tunggu apa lagi? Ayo, wujudkan mimpimu untuk berkarier di bidang data!

Posted 
Oct 19, 2022
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All