Selama dua dekade ini semakin terasa bahwa banyak pergeseran perilaku yang terjadi seiring berkembangnya teknologi. Berbagai kebiasaan konvensional bergeser mengikuti tren digital. Kita pun semakin terbiasa dengan proses serba cepat dengan bantuan komputasi dan mesin.

Terlebih lagi dengan perkembangan dunia bisnis. Sejak masyarakat semakin akrab dengan e-commerce dan marketplace, segala kegiatan pemasaran pun semakin dinamis.

Untuk dapat beradaptasi dan terus berekspansi, berbagai lini bisnis pun memanfaatkan teknologi machine learning yang secara pintar mengidentifikasi kebutuhan pasar, perilaku pelanggan, hingga membantu proses pengambilan keputusan.

Apa sih, machine learning itu? Bagaimana penerapannya untuk pengembangan bisnis? Yuk, cari tahu lewat artikel berikut ini!

Bidang Yang Sedang Berkembang Di Dunia Bisnis

1. Big Data

Ini adalah sekumpulan data bervolume besar, baik secara acak maupun terstruktur, yang nantinya dapat dianalisis serta diolah untuk memahami kebutuhan pasar. Big data ini adalah bekal yang dapat membantu perusahaan untuk membantu pengambilan keputusan dan pembuatan strategi bisnis yang lebih baik.

Ketika big data digabungkan dengan sistem analisis yang powerful, perusahaan atau dapat terbantu untuk:

  • Mencari tahu akar masalah dan penyebab kegagalan secara real time.
  • Menghitung ulang seluruh portofolio risiko dalam hitungan menit
  • Mendeteksi kecurangan secara cepat
  • Mengidentifikasi dan membuat kupon belanja yang cocok berdasarkan kebiasaan belanja pelanggan

2. Machine Learning (ML)

Algoritma machine learning dapat digunakan untuk mengklasifikasikan big data yang nantinya membentuk pola tertentu untuk bekerja secara otomatis dalam membantu proses berjalan dan pengembangan bisnis.

Contoh Penerapan Machine Learning Pada Bisnis Yang Sering Kita Temukan

  • Virtual personal assistant (VPA) atau chatbot

Dengan bantuan VPA, aktivitas komunikasi dengan customer terlaksana secara lebih sistematis, praktis, cepat, dan efisien. Teknologi ini juga dapat meningkatkan kepuasan pelanggan karena mempermudah mereka dalam menjangkau informasi mengenai layanan dan produk.

  • Rekomendasi produk

Kamu pernah terpapar iklan atau konten rekomendasi produk tertentu setelah mencari barang atau jasa di dalam website e-commerce atau marketplace? Ini adalah salah satu hasil dari penerapan ML di sistem platform tersebut.

Bagi calon customer, hal ini dapat membantu untuk mendapatkan alternatif pilihan dari produk atau jasa yang sedang dicari. Sementara, dari sisi bisnis, rekomendasi seperti ini dapat meningkatkan kemungkinan upselling dan cross-selling.

  • Personalisasi konten di media sosial

Contoh lain penerapan ML adalah dengan menampilkan rekomendasi konten yang lebih personal pada media sosial. Misalnya, saat menggunakan Instagram.

Kalau kamu sering memberi like pada posting yang membahas gym dan diet, di halaman explore akan muncul berbagai konten dengan tema sejenis.

Fitur ini dapat membantu suatu akun bisnis untuk mendapatkan engagement ketika sedang mempromosikan konten terkait dengan niche produk yang ditawarkan. Biasanya, cara yang digunakan adalah dengan menggunakan foto atau video yang menarik atau menggunakan hashtag yang relevan dengan promosi produk.

Beberapa fakta menarik tentang machine learning (ML) yang harus kamu tau:

  • Bisnis menggunakan lebih dari sepuluh aplikasi untuk menganalisis penipuan dan mengelompokkan konsumen mereka sesuai tren pasar. Aplikasi tersebut berupa prosesor AI, chatbots, serta layanan perangkat keras dan lunak terintegrasi lainnya.
  • 83% pemimpin yang bekerja dibidang IT percaya bahwa learning machine dapat membawa peningkatan dalam hal customer engagement.
  • Machine learning dapat menekan biaya yang digunakan untuk konsumsi energi, beban gaji, dan tenaga kerja hingga 38%

3. Artificial Intelligence (AI)

AI adalah simulasi proses kecerdasan manusia yang dikomputasi. Secara umum, sistem AI menggunakan machine learning untuk meniru kecerdasan tersebut, algoritma, serta data historis untuk membuat berbagai prediksi.

3 Kemampuan Kognitif Pada AI

  • Learning Process

Fokus pada pengumpulan data dan pengolahannya menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti berupa algoritma.

  • Reasoning Process

Di sini, AI melakukan seleksi algoritma secara lebih presisi dan tepat untuk mencapai hasil yang diinginkan.

  • Self-Correction Process

Ini juga dilakukan untuk memastikan agar hasil pengolahan algoritma menjadi seakurat mungkin.

Manfaat Penerapan ML Pada Bisnis

Marketing insight yang real time

Menggunakan ML, bisnis bisa memperoleh insight pemasaran yang real time. Insight yang didapatkan membuat bisnis lebih memahami audiens, mengoptimalkan pengalaman belanja yang baik, dan meningkatkan kinerja dan peningkatan bisnis.

Memberikan gambaran tentang keadaan finansial

ML bisa memberikan gambaran tentang keadaan finansial dan prospek bisnis. Gambaran tersebut termasuk proyeksi kas dan tren penjualan.



Identifikasi customer yang akurat

Tren bisnis bisa berubah setiap beberapa bulan sekali. Karenanya, para pengusaha sebaiknya lebih berhati-hati dan mencari tahu terlebih dahulu potensi keberlangsungan bisnis yang hendak dibangun. Begitu juga dengan bisnis yang sudah berjalan. Pebisnis perlu terus update mengenai kegiatan pemasaran.

ML dapat membantu pelaku bisnis untuk memahami siapa pelanggan mereka, apa yang membuat mereka tertarik, produk apa saja yang laris, dan lainnya. Informasi tersebut sangat diperlukan ketika mengambil keputusan dan menghindari tren yang berisiko.



Layanan pelanggan yang 24/7

ML dapat membantu bisnis menyediakan pelayanan pelanggan yang interaktif berbasis AI. Layanan ini dapat berfungsi 24/7 dan memberikan jawaban yang akurat atas perananan pelanggan. Pengadaan layanan ini akan sangat membantu serta dapat meningkatkan kepuasan pelanggan.



Customer retention yang lebih baik

Apa hal yang lebih menyenangkan dari dagangan yang laku keras bagi para pebisnis? Repeat order dan pelanggan setia. ML dapat memberikan personalisasi dan rekomendasi yang lebih spesifik. Ini bisa menjadi salah satu cara untuk meningkatkan strategi retention.



Meningkatkan customer experience

ML bisa menggunakan AI untuk memproses data dan mengidentifikasi pola. Analisis ini akan sangat membantu meningkatkan customer experience.

manfaat machine learning untuk bisnis

Marketing insight yang real time

Memperoleh insight pemasaran yang real time untuk memahami audiens, mengoptimalkan pengalaman belanja, dan meningkatkan kinerja bisnis.

Memberikan gambaran keadaan finansial

ML bisa memberikan gambaran tentang keadaan finansial dan prospek bisnis berupa proyeksi kas dan tren penjualan.

Identifikasi customer yang akurat

Membantu bisnis memahami siapa pelanggan mereka, apa yang membuat mereka tertarik, produk apa saja yang laris, dan lainnya

Layanan pelanggan 24/7

ML dapat membantu bisnis menyediakan pelayanan pelanggan yang interaktif berbasis AI dan dapat berfungsi 24/7.

Customer retention yang lebih baik

ML dapat memberikan personalisasi dan rekomendasi yang lebih spesifik, yang bisa menjadi salah satu cara meningkatkan strategi retention.

Meningkatkan customer experience

ML bisa menggunakan AI untuk memproses data dan mengidentifikasi pola yang akan membantu meningkatkan customer experience.

Machine learning makin diandalkan dalam berbagai kegiatan berskala besar termasuk bisnis karena banyak sekali manfaat yang didapatkan. Tak heran, banyak perusahaan yang memiliki orientasi pada inovasi terkait pengolahan data untuk membuka peluang bisnis yang menarik di pasar.

Hal ini tentunya juga menjadi peluang tersendiri bagi para penggemar angka dan olah data yang ingin berkarier di bidang ini. Jika kamu salah satunya, yuk belajar dan jadi ahlinya bareng Kuncie!

Posted 
Sep 16, 2022
 in 
Upskilling
 category

More from 

Upskilling

 category

View All