S

eiring berkembangnya dunia digital, desain grafis pun mengalami peningkatan popularitas khususnya untuk mendukung keperluan pemasaran dan branding. Salah satu cabang ilmu dari desain grafis adalah motion graphic atau grafis gerak.


Dalam hal ini, grafis gerak mengalami perkembangan karena dianggap dapat membantu suatu perusahaan untuk menjangkau audiens dan berbagi cerita dengan cara yang lebih menarik. Lantas apa sih grafis bergerak itu dan bagaimana hal tersebut dapat membantu bisnis kamu?


Pengertian dan Penggunaan Motion Graphic

Ini merupakan cabang ilmu desain grafis di mana kamu dapat menggabungkan teks, warna, grafik, dan gerakan untuk menghasilkan suatu media animasi visual yang menarik. Tidak sedikit orang yang menganggap bahwa grafis bergerak adalah desain grafis yang dijadikan animasi.

Motion graphic pun dapat digunakan dalam beberapa cara. Di antaranya:

  • Brand video; bertujuan untuk mendukung kebutuhan pemasaran sehingga brand tersebut dapat menarik perhatian audiens.
  • Explainer video; dibuat agar penonton dapat memahami isi dari video yang dibuat. Biasanya jenis ini lebih banyak menggunakan elemen animasi kartun dan tipografi.
  • Instructional video; digunakan untuk menyampaikan penjelasan berupa instruksi agar penonton dapat mengikutinya dengan mudah.
  • Movie clip; digunakan untuk mendukung produksi suatu film dan membantu meningkatkan mood atau suasana saat menonton.
  • Konten media sosial; digunakan untuk membagi informasi, berita, hiburan, dan jenis konten media sosial lainnya yang disajikan semenarik mungkin agar audiens tertarik.

Penjelasan di atas mungkin membuat kamu bertanya-tanya, apa sih perbedaan motion graphic dan animasi? Karena bila dilihat sepintas, keduanya memiliki kesamaan. Tetapi, ada perbedaan yang menonjol dari kedua cabang ilmu desain grafis tersebut. Apa saja?


Perbedaan Motion Graphic dan Animasi

Berikut ini beberapa perbedaan yang perlu kamu ketahui dari motion graphic dan animasi. Di antaranya:


  1. Definisi

Sebenarnya animasi memiliki definisi yang lebih luas dari motion graphic. Menurut 99designs, gambar statis atau objek lain yang bergerak dikenal sebagai animasi. Animasi sendiri memiliki ragam bentuk seperti CGI (computer generated imagery), claymation, anime, hingga grafis bergerak.

Berbeda dari animasi, motion graphic tidak hanya menghasilkan gerak visual saja, tapi juga terdapat voice over dan teks untuk menjelaskan apa yang dipaparkan dalam animasi yang tersaji. Dari definisi tersebut, kamu dapat menyimpulkan bahwa animasi dan gerak grafis memiliki tujuan yang berbeda pula.


  1. Tujuan

Salah satu perbedaan dari dua cabang ilmu desain grafis ini adalah tujuan pembuatannya. Animasi digunakan untuk bercerita atau storytelling, sedangkan motion graphic bertujuan untuk mengedukasi penonton. Kamu tidak memerlukan tokoh utama, jalan cerita, dan narasi yang rumit seperti yang terdapat pada animasi. Asalkan konten visual yang kamu hasilkan melalui grafis bergerak dapat memberikan informasi yang penting.


  1. Konten

Fokus konten dalam animasi adalah karakter utama yang dapat membuat penonton merasakan emosi tertentu. Sementara motion graphic lebih berpusat pada proses yang dijalani. Di dalamnya kamu bisa menjelaskan bagaimana suatu produk dapat dibeli, cara memanfaatkan promosi dan tawaran menarik, dsb.


  1. B2B & B2C Marketing

Baik animasi dan motion graphic bermanfaat untuk pengembangan B2B dan B2C marketing.  Tetapi, animasi biasanya digunakan dalam B2C karena dapat membantu membangun emosi antara suatu brand dan konsumen. Grafis bergerak lebih sering digunakan dalam B2B karena lebih praktis dan dapat membantu menjelaskan proses dalam suatu usaha.


Itulah beberapa perbedaan mendasar antara animasi dan motion graphic. Kamu pun bisa menggunakan keduanya untuk tujuan yang berbeda demi pengembangan bisnismu nanti.


Manfaat Penggunaan Motion Graphic

Meningkatnya popularitas motion graphic, khususnya di dunia pemasaran digital, bukanlah tanpa alasan. Pasalnya, jenis desain grafis ini memiliki fungsi atau manfaat sebagai berikut:


  1. Sebagai Alat Bantu Visual

Kamu bisa menggunakan motion graphic untuk membuat penonton paham akan isi konten visual yang tersaji. Apalagi jika konten tersebut berisi data atau statistik yang cukup sulit untuk dipahami tanpa bantuan elemen visual apapun. Tetapi, jika kamu menggabungkan grafis bergerak dengan animasi lain seperti kartun atau tipografi, penonton akan terbantu untuk memahami isi konten tersebut.


  1. Penyampain Informasi yang Lebih Singkat

Bila hanya mengandalkan talking head atau video live action, kamu akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjelaskan suatu informasi. Sebaliknya, dengan adanya motion graphic, informasi tersebut dapat disampaikan lebih singkat namun tetap padat dan jelas.


  1. Isi Informasi Lebih Menarik dan Berkesan

Konten visual dengan menerapkan motion graphic akan lebih menarik dan meninggalkan kesan bagi penonton. Mereka akan merasa terbantu dengan adanya gerakan grafis sehingga informasi yang awalnya terkesan rumit jadi lebih mudah dipahami.

Penonton pun akhirnya memiliki kesan positif dan mereka tidak akan ragu lagi untuk menyaksikan berbagai konten visual yang kamu sajikan. Apalagi bila kamu memiliki keunikan tersendiri dalam menyampaikan informasi menggunakan teknik grafis bergerak.

Dengan memahami pengertian motion graphic serta manfaatnya, kamu bisa mulai menerapkan cabang ilmu desain grafis tersebut untuk kepentingan pemasaran. Bahkan kamu pun bisa menggabungkan animasi dan grafis bergerak guna menghasilkan konten visual yang lebih menarik.

Untuk menjadi seorang motion designer dan dapat meraih sukses, kamu tentu harus memiliki banyak pengetahuan juga untuk mengembangkan skillset yang kamu miliki. Dalam hal ini, kamu bisa mengandalkan Kuncie yang akan membantu kamu mendapatkan beragam tips dan rahasia sukses dalam berbagai hal, mulai dari berbisnis hingga pengembangan diri.

Kamu bisa memilih beragam kelas sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa memperluas koneksi.


Yuk, dapatkan kunci sukses mu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

animasistudio.com/manfaat-motion-graphic-yang-harus-kamu-tau/

smk.topkarir.com/article/detail/7-software-motion-graphic-terbaik-untuk-pemula-dan-profesional-2021

glints.com/id/lowongan/perbedaan-animasi-dan-motion-graphic/#.YdQDbhPP1hA

glints.com/id/lowongan/motion-graphic-adalah/#.YdQDhBPP1hA

dafideff.com/2016/01/pengertian-motion-graphics-dan-cara-membuatnya.html

ekrut.com/media/motion-graphic

konsepmotion.com/2020/08/25/apa-itu-motion-graphic/

videos.id/apa-itu-motion-graphic/

Diakses pada: 12 Januari 2022



Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All