S

emua orang tentu bermimpi untuk membangun perusahaannya sendiri. Namun, hanya sebagian orang saja yang dapat berhasil merealisasikan mimpinya itu. Ada banyak faktor yang menjadi penyebab seorang gagal untuk membangun perusahaannya.


Kendati begitu, bukan hal yang mustahil untuk membangun bisnismu sendiri, apalagi dengan menerapkan tips-tips berikut ini. Lantas, apa saja tips sukses membangun perusahaan sendiri? Untuk mengetahuinya, simak ulasannya berikut ini.


Membangun Perusahaan Sendiri Apakah Mungkin?

Dalam membangun perusahaan sendiri, dibutuhkan tekad yang kuat, usaha yang keras, dan kemauan untuk terus belajar hingga akhirnya berhasil. Meski begitu, kamu sepatutnya tidak perlu takut atau khawatir untuk memulai usaha sendiri. Bila kamu masih takut, kini saatnya untuk mengubah paradigma tersebut.


Hilangkan prasangka yang menyebut bahwa membangun perusahaan sendiri sesuatu yang mustahil untuk dilakukan. Karena faktanya, hal tersebut sangat mungkin untuk direalisasikan dengan berbagai cara yang kamu miliki, termasuk modal yang minim.


Tips Membangun Perusahaan Sendiri

Seiringan dengan tren wirausaha semakin tinggi, kamu perlu merencanakan strategi yang tepat sebelum memutuskan untuk membangun perusahaan sendiri. Tujuannya agar perusahaan yang sedang kamu bangun bisa tetap bertahan di tengah persaingan yang ada. Berikut tips-tips yang harus diterapkan bila ingin membangun perusahaan sendiri.


  1. Lakukan Riset Pasar

Tips pertama yang harus dilakukan sebelum membangun perusahaan sendiri adalah dengan melakukan riset pasar. Ini penting, karena untuk  mengetahui sejauh mana minat masyarakat terhadap produk atau jasa yang akan kamu tawarkan nanti.


Tak hanya mengukur minat masyarakat, riset pasar ini juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa banyak kompetitor yang menawarkan produk atau jasa serupa. Bila kompetitor terlalu banyak, maka peluang kamu untuk berhasil dalam bisnis tersebut akan semakin kecil, pun sebaliknya.


  1. Tawarkan Sesuatu yang Unik dan Berbeda

Setelah melakukan riset pasar, kini saatnya kamu memikirkan produk atau jasa yang akan dijual ke pasar. Pastikan produk atau jasa yang kamu jual berbeda serta unik dari yang sudah ada sebelumnya.


Mengapa harus demikian? Tujuannya adalah untuk menjadikan bisnis kamu spesial di mata konsumen, sehingga konsumen akan terus-menerus mengingat dan membeli produk atau jasa yang kamu jual.


  1. Tentukan Arah Bisnis

Tips ketiga ini juga tak boleh terlewat ketika akan membangun perusahaan secara mandiri. Dengan menentukan arah bisnis ini, kamu pun bisa tetap berada di jalur yang tepat ketika perusahaan sudah mulai berjalan. Penentuan arah bisnis ini mencakup apa yang ingin dijual, target pasar, serta bagaimana cara mendapatkan profit dari bisnis tersebut.


  1. Kenali Kompetitor

Kamu juga harus mengenali kompetitor sebelum mulai membangun usaha secara mandiri. Dengan mengenali kompetitor, kamu pun bisa mendapatkan banyak pelajaran yang bisa diambil, salah satunya adalah mengetahui kelebihan dari produk yang dijual oleh pesaing.


Setelah mengetahui kelebihannya, kamu tidak perlu mengikuti persis seperti apa yang dilakukan oleh pesaingmu itu. Sebaliknya, kamu bisa mengembangkan keunggulan dari pesaingmu itu agar bisnis yang kamu bangun bisa lebih menarik minat konsumen.


  1. Atur Keuangan dengan Baik

Tips terakhir adalah mengatur keuangan dengan baik. Meski kamu memulai usaha dengan modal yang masih minim, kamu tetap harus mengelola keuangan dengan baik mungkin.


Tujuan pengelolaan keuangan ini adalah untuk mengatur pengeluaran dan pemasukan berjalan dengan seimbang. Bila kamu merasa kesulitan untuk melakukan pengelolaan keuangan, kamu bisa meminta bantuan seorang akuntan yang kompeten.


Hal-hal yang harus Diketahui dalam Membangun Perusahaan Sendiri

Setelah tahu tipsnya, kini saatnya kamu mengetahui hal-hal yang harus diperhatikan dalam membangun perusahaan secara mandiri.


  1. Kondisi Emosional

Ini adalah aspek yang seringkali dilewatkan oleh para pebisnis (entrepreneur). Padahal, aspek ini begitu penting untuk diperhatikan karena bisnis bukanlah sesuatu yang mudah dan tentu saja dapat menimbulkan stres.


Kondisi emosional yang tidak stabil dapat mempengaruhi keputusan yang akan kamu ambil kedepannya.Itu sebabnya, kamu perlu menyiapkan sebuah wadah yang bisa digunakan untuk menetralisir tingkat stres yang tinggi selama menjalani bisnismu.


  1. Modal Usaha

Sumber dana atau modal usaha juga perlu diperhatikan ketika mulai membangun usaha. Modal usaha ini bisa diperoleh dari berbagai sumber, misalnya saja dana dari kantor sendiri. Atau, bisa juga menggunakan alternatif dana lain dengan meminjam kepada teman, keluarga, atau kerabat terdekat.


  1. Pengetahuan Bisnis 

Selain kedua hal di atas, kamu juga wajib mengetahui kondisi lapangan dan memperoleh informasi sebanyak-banyaknya mengenai hal-hal yang berhubungan dengan bisnis yang kamu jalankan.


Kamu bisa melakukannya melalui cara yang paling sederhana, seperti mempelajari pengetahuan dasar mengenai industri dan bidang usaha yang dijalankan, hingga meninjau seberapa besar persaingan yang ada. Dengan begitu, pengetahuanmu melalui bisnis akan semakin bertambah dan meminimalkan risiko kerugian yang bisa terjadi ketika menjalankannya.


Itu dia tiga hal yang mesti kamu perhatikan sebelum memulai usaha sendiri. Bila kamu ingin menemukan berbagai tips lain mengenai usaha dan bisnis, kamu bisa temukan di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.


Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

suara.com/bisnis/2018/11/10/021500/5-cara-membangun-perusahaan-besar-dengan-modal-minim?page=all

ruangkerja.id/blog/ini-dia-5-langkah-awal-untuk-membangun-perusahaan-impian-anda

merdeka.com/uang/5-tips-sukses-bangun-dan-besarkan-perusahaan-sendiri.html

jurnal.id/id/blog/membangun-bisnis/

Diakses pada: 6 Desember 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All