Dari namanya, kita bisa tahu seorang Data Scientist merupakan ilmuwan dalam bidang data. Paham tentang metode yang digunakan untuk menganalisa data adalah salah satu kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Data Scientist.

Untuk berkarier di bidang data dan bekerja sebagai Data Scientist, kamu harus memiliki dasar ilmu statistik dan programming. Secara umum, pekerjaan Data Scientist berkaitan dengan programming, mengolah data, dan Machine Learning/Artificial Inteligence.

Data Scientist sangat membantu di dunia bisnis. Karena, Data Scientist akan fokus mencari data dan menyajikannya untuk dijadikan bahan pertimbangan untuk pengambilan keputusan.

Sebagai salah satu profesi yang banyak dimintai, Data Scientist punya jenjang karier yang menjanjikan. Simak di bawah ini ya!

Mulai Langkahmu Sebagai Data Analyst

bootcamp data analyst

Daftarkan dirimu di Komplit Data Analytics yang merupakan sebuah langkah awal untuk menjadi seorang data analyst!

Daftar Sekarang!

Jejang Karier Seorang Data Scientist

  • Data Scientist Intern

Pada level ini, Data Scientist baru saja memulai karier. Ini bisa jadi kesempatan untuk bekerja sambil mengembangan keterampilan teknis utama seorang Data Scientist. Seperti SQL dan Python, visualisasi data, ilmu statistik, dan kemampuan komunikasi yang baik.

Menjadi seorang intern bisa jadi pilihan yang tepat untuk mengasah skill dan mempersiapkan diri untuk masuk ke industri dan dunia kerja.

  • Entry-Level Data Scientist

Seorang Data Scientist yang berada di posisi entry-level punya tugas yang gak jauh berbeda dari intern. Dengan menggunakan real case dalam industri, Entry-Level Data Scientist punya tanggung jawab untuk menganalisis dan melaporkan data.

Gak jarang, Entry-Level Data Scientist dapat kesempatan untuk mengerjakan tugas yang lebih menantang. Tapi tenang, dalam situasi ini kamu akan bekerja langsung dengan Data Scientist lain yang lebih senior.

  • Mid-Level Data Scientist

Satu sampai dua tahun berpengalaman sebagai Entry-Level Data Scientist, kamu bisa naik ke jenjang karier yang lebih tinggi, yaitu menjadi Mid-Level Data Scientist. Di posisi ini, kamu bisa berkontribusi lebih banyak dengan mengambil proyek yang kebih besar dan masalah bisnis yang lebih kompleks.

Karena sudah lebih berpengalaman, biasanya Mid-Level Data Scientist punya tingkat pemahaman yang lebih tinggi dan tahu cara menggunakan ilmu data untuk memecahkan masalah.

  • Senior Data Scientist 

Ini dia puncak karier seorang Data Scientist. Punya pengalaman jauh lebih banyak dari entry dan mid-level Data Scientist udah pasti. Tapi, ada lagi perbedaan yang mencolok dari tingkatan profesi ini.

Senior Data Scientist akan punya pandangan holistik dari keseluruhan proyek. Sebagai seorang senior, kamu juga biasanya bisa menyampaikan konsep dan teknik dengan baik, memiliki kualitas coding yang bagus, dan dapat membimbing Data Scientist lainnya.

Meningkatkan Karir Di Bidang Data

Untuk mencapai puncak karier, kamu perlu meningkatkan kemampuan dan menambah pengalaman. Ikuti cara meningkatkan karier di bidang data di bawah ini yuk!

  1. Jangan Berhenti Belajar

Pernah dengar tentang growth mindset? Growth mindset adalah sebuah pola pikir yang berkembang. Ini merupakan pola pikir yang wajib dimiliki kalau kamu ingin meraih kesuksesan di dunia karier.

Orang dengan growth mindset adalah mereka yang percaya bahwa bakat yang dimiliki selalu bisa diasah lagi dan berkembang. Untuk mengembangkan bakat tersebut, kuncinya adalah jangan berhenti belajar dan jangan takut untuk gagal.

Kamu bisa mengambil kursus Data Scientist untuk belajar lebih banyak dan meningkatkan kemampuan. Kamu bisa mencoba mengambil kelas pembelajaran online yang bisa diikuti tergantung waktu luang yang kamu miliki. Ikuti kelas Kuncie Jago Data Science di Kuncie Premium bisa sangat membantu lho!

Kursus Data Science Untuk Pemula

bootcamp data science

Yuk ikutan kursus data science untuk pemula menggunakan Python. Mulai karir di bidang data sekarang juga!

Daftar Sekarang!

  1. Tetap Perbarui Portofolio

Dengan rajin memperbarui portofolio, kamu akan terbantu untuk:

  • Ketika melamar ke perusahaan lain, kamu akan lebih mudah untuk mendapat posisi yang lebih tinggi. Atau bisa juga membantu kamu mendapatkan pendapatan tambahan lewat freelance
  • Menyimpan semua pekerjaan sehingga saat kamu ingin mengidentifikasi proyek mana yang paling menarik dan banyak diminati, akan lebih mudah menemukannya.
  • Untuk memperluas networking dan kesempatan berkarier yang lebih baik, sangat penting bisa membangun personal branding yang juga baik.

  1. Pilih Spesialisasi

Bidang ilmu data punya cabang yang sangat luas. Mulai dari matematika, statistika, learning machine, pemrograman, visualisasi data, dan masih banyak lagi. Memilih untuk fokus pada salah satu bidang, bisa memudahkan kamu belajar lebih dalam dan menjadi ahli pada bidang tersebut.

Setelah memiliki spesialisasi, gak menutup kemungkinan untuk meraih puncak karier sebagai Data Scientist.

  1. Ikut Komunitas

Proses belajar akan lebih menyenangkan jika memiliki teman atau komunitas yang memiliki tujuan yang sama dengan kamu. Semakin banyak kamu berdiskusi dengan orang yang sama-sama berada di dunia data, semakin banyak juga ilmu dan wawasan yang kamu dapatkan.

  1. Definisikan Kesuksesan

Bagian penting yang sering dilewatkan oleh orang-orang. Apa arti kesuksesan untuk kamu?

Mendefinisikan kesuksesan bisa membuat kamu mengambil arah yang tepat ketika berusaha mencapai tingkat tertinggi dalam karier. Selain itu, kamu juga bisa mengevaluasi kinerja pribadi dengan mengimplementasikan ilmu yang kamu miliki.

Data Scientist merupakan karier yang menjanjikan, yakin kamu gak pengen switch karier ke profesi yang sekarang lagi jadi idaman? Kuasai ilmu yang dibutuhkan untuk terjun ke dunia data dengan daftar kelas Kuncie Jago Data Science di Kuncie Premium sekarang!

Posted 
Oct 20, 2022
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All