S

aat ini banyak bisnis yang mengalami kerugian di masa pandemi. Namun, ada juga peluang bisnis yang menguntungkan di masa krisis seperti sekarang ini. Berminat membuka bisnis di masa pandemic? Kamu bisa mencoba salah satu dari 10 ide inovasi bisnis di bawah ini:

  1. Usaha Kebutuhan Pokok

Peluang bisnis kebutuhan pokok sangat menjanjikan karena dianggap mampu bertahan terhadap krisis. Pasalnya, masyarakat membutuhkan pasokan bahan pokok sehari-hari seperti makanan dan minuman terlepas dari apapun kondisinya. Selain itu, modalnya juga relatif kecil dan hanya memerlukan tenaga kerja yang sedikit.

Margin labanya pun berpotensi besar dengan perputaran arus kas yang cepat. Di masa pandemi, kamu bisa berbisnis kebutuhan pokok secara online dengan memanfaatkan marketplace online atau sistem pengiriman online.

  1. Jasa Layanan Pesan Antar

Di masa pandemi, bisnis layanan pesan antar mampu bertahan karena terjadi peningkatan permintaan layanan pesan antar. Layanan tersebut memungkinkan pelanggan

untuk mendapatkan kebutuhan pokok tanpa harus keluar rumah. Bisnis ini memanfaatkan teknologi online atau digital sehingga memudahkan pelanggan untuk mendapatkan barang yang mereka inginkan terlebih di tengah anjuran untuk diam di rumah aja atau stay at home. Kamu juga bisa menggunakan peluang bisnis ini untuk terus mengembangkan usaha selama pandemi.

  1. Bisnis Laundry Pakaian Hingga Sepatu

Peluang bisnis ini juga mendapat perhatian di masa pandemi. Banyak orang yang khawatir virus berbahaya menempel pada pakaian mereka setelah beraktivitas di luar rumah. Tetapi, bila jasa laundry kamu menawarkan layanan ekstra untuk memastikan pakaian dan sepatu pelanggan bebas dari virus, steril, dan bersih.

  1. Menjual Produk Kesehatan

Industri kesehatan menjadi peluang bisnis yang menjanjikan saat pandemi. Wajar saja karena barang atau alat-alat kesehatan menjadi salah satu kebutuhan utama masyarakat di tengah krisis kesehatan. Demi memenuhi kebutuhan tersebut, banyak orang yang rela membeli berbagai barang-barang kesehatan seperti masker medis, masker non-medis, hand sanitizer, obat-obatan atau disinfektan. Kamu juga bisa mencoba peruntungan di bisnis ini dengan berjualan hand sanitizer atau masker dengan harga yang terjangkau. Selama virus masih mewabah, produk kesehatan tersebut akan selalu diburu masyarakat.

  1. Reseller Pakaian Online

Ingin mendapatkan penghasilan tambahan? Coba saja menjadi reseller online. Selama pandemi, persentase aktivitas belanja online meningkat dengan rata-rata 30%. Reseller produk fashion atau pakaian bisa menjadi opsi yang tepat. Untuk berbisnis reseller pun kamu tidak membutuhkan modal yang besar, jadi tidak ada salahnya untuk mencoba kan?

  1. Bisnis Frozen Food

Makanan beku atau frozen food menjadi salah satu jenis makanan yang populer di masa pandemic. Karena dibekukan, makanan tersebut akan tahan lebih lama. Selain itu, frozen food juga bisa jadi alternatif bagi masyarakat yang ingin menyantap hidangan cepat tanpa perlu ribet memasak dari awal. Pilihan makanan beku pun sangatlah beragam dan kamu bisa mengirimkannya ke berbagai daerah tanpa perlu takut kualitas makanannya akan rusak.

  1. Tutor Online

Kalau kamu punya keahlian mengajar, saatnya memanfaatkannya untuk membuka peluang bisnis di masa pandemi. Bila kamu mampu membuat kelas online menjadi menarik, tentunya akan banyak orang yang berminat mengikuti kelas tersebut. Membuka kelas online juga bisa kamu manfaatkan untuk menambah penghasilan. Kamu bisa mematok harga kelas online berdasarkan kelas yang ditawarkan dan keahlian yang dimiliki.

  1. Pelatih Fitness

Menjaga kesehatan merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan daya tahan tubuh, terlebih di masa pandemi. Caranya yaitu dengan rajin berolahraga meskipun dilakukan di rumah saja. Bila kamu mampu melatih kebugaran atau fitness, jadikan bakat tersebut sebagai peluang bisnis. Kamu bisa membuka kelas fitness atau kebugaran secara online. jangan lupa untuk melakukan promosi bisnis ini agar semakin dikenal oleh banyak orang.

  1. Bisnis Digital

Peluang bisnis ini dianggap laris manis saat pandemic. Sesuai namanya, bisnis digital merupakan bentuk usaha menggunakan media teknologi. Media tersebut nantinya akan menjadi sumber pendapatan tambahan kamu. Kalau kamu memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial, pembayaran yang akan didapatkan tentu jauh lebih tinggi.

  1. Freelance

Skill yang kamu miliki bisa menjadi peluang bisnis untuk menambah cuan di tengah mewabahnya virus Covid-19. Bila kamu memiliki kemampuan membuat website, desain, jasa digital marketing, dan keahlian lainnya, kamu bisa coba menjadi freelancer di bidang tersebut. Ada banyak situs yang mewadahi freelancer untuk mengerjakan berbagai proyek. Kamu tinggal mencari proyek mana yang bisa kamu kerjakan dan melamar untuk proyek tersebut.

Wabah Covid-19 menyebabkan banyak bisnis mengalami kerugian, tapi bukan berarti kamu tidak bisa bangkit dan mencari peluang bisnis yang lebih menjanjikan. 10 ide di atas bisa menjadi inspirasi untuk menambah penghasilan.

Selain itu, kamu juga bisa menambah wawasan kamu dalam berbisnis untuk membawa bisnis kamu jadi lebih sukses dengan tips dan trik berbisnis langsung dari para pebisnis handal di Indonesia melalui Kuncie.

Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun. Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi website Kuncie sekarang!


Referensi:

merdeka.com/uang/industri-laris-di-masa-pandemi-ide-bisnis-untuk-kamu-saat-ppkm-2021.html

lodi.id/5-ide-bisnis-kreatif-agar-sukses-berbisnis-di-masa-pandemi/

sikapiuangmu.ojk.go.id/FrontEnd/CMS/Article/20601

money.kompas.com/read/2020/07/25/170100326/ide-ide-bisnis-yang-bisa-dicoba-saat-pandemi-covid-19?page=all

Diakses pada: 4 Oktober 2021



Posted 
Oct 13, 2021
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All