Bercita-cita jadi pengisi suara iklan atau film animasi? Atau kamu suka menggambar dan desain-desain ilustrasi? Hobi-hobi kamu dibidang kreatif serang bisa jadi profesi menjanjikan, lho! 

Pernah dengan kata ‘industri kreatif’? Pengertian dari Kemenperin (Kementerian Perindustrian Republik Indonesia) industri kreatif adalah  industri yang berasa; dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan.

Kemajuan teknologi membuka peluang-peluang baru di industri kreatif. Kini, hampir semua bidang bisa dijadikan lahan pekerjaan dengan imbalan yang cukup menjanjikan. Tidak heran kalau industri kreatif menjadi sasaran bagi banyak orang terlebih bagi kalangan milenial dan generasi Z yang sangat bergantung kepada teknologi. 

Yuk, intip fakta-fakta tentang perkembangan industri kreatif di Indonesia di grafis berikut!

data dan fakta tentang pekerja industri kreatif

Peluang karir di industri kreatif

Dalam sektor ekonomi, industri kreatif berkontribusi mepekejerjakan sebanyak 14,28% tenaga kerja. Banyak sekali faktor yang menyebabkan banyak orang tertarik dengan profesi di industri kreatif. 

Beberapa tahun lalu, sebelum teknologi berkembangan begitu pesat, banyak orang yang percaya bahwa pekerjaan yang paling menjanjikan adalah bekerja sebagai karyawan di perusahaan bonafit. 

Pekerjaan di industri kreatif yang mengandalkan skills dan kreativitas serta kesempatan untuk bekerja sesuai passion membuat industri kreatif menjadi peluang yang menyegarkan. Selain itu, ekosistem pada era 4.0 juga membuat pekerjaan di bidang kreatif lebih menjanjikan. Intip gaji rata-rata pekerja di industri kreatif, yuk!

gaji profesi bidang kreatif

Kemenperin juga menyatakan potensi industri kreatif di Indonesia juga cukup besar. Terlebih dengan kondisi Indonesia yang kaya akan kultur. Selain kemampuan dan kreativitas, kekayaan budaya juga bisa jadi source industri kreatif yang tidak ada habis-habisnya!

Sangat banyak bidang-bidang industri kreatif di Indonesia yang dapat dikembangakan untuk kegiatan ekonomis. Bahkan tidak hanya berkaitan dengan teknologi modern, tetapi juga memanfaatkan unsur seni budaya tradisional hingga kontemporer.

5 Profesi di bidang kreatif dan gajinya

  1. Komikus

Kalau kamu suka membuat cerita bergambar, kamu bisa dalam bidang ini untuk jadi seorang komikus andal dan berpeluang merambah pasar nasional bahkan internasional.

Kamu pernah dengan Si Juki? Kamu bisa belajar bagaimana menjadi seorang komikus langsung dari Komikus Si Juki di kelas yang ada di Kuncie! Bareng Faza Meonk kamu akan kulik lebih dalam tentang dunia komik!

Pendapatan seorang komikus di Indonesia menurut Salary Expert ada di rentang Rp 6 juta dengan bonus tahunan sekitar Rp 4 juta. 

cara menjadi komikus
Tonton modul kiat menjadi komikus disini
  1. Photografer

Dari zaman menggunakan kamera analog, fotografer menjadi salah satu profesi di industri kreatif yang cukup populer.

Kini dengan teknologi yang semakin berkembang membuat profesi ini membuat profesi ini semakin dilirik. DItambah, akses informasi untuk mempelajari berbagai teknik di fotografi bisa diakses dengan mudah pada masa sekarang. 

Kamu bisa belajar Fotografi di kelas ini bersama Martha Suherman. Salary Expert menyebutkan rata-rata photographer di Indonesia menerima pendapatan sekitar Rp 7 juta dengan bonus tambahan sekitar Rp 4 juta per tahun.

kursus photografer
Tonton Modul Martha Suherman disini
  1. Videographer 

Konten video itu sekarang ada dimana-mana! Mulai dari di berbagai sosial media, televisi, bahkan pada billboard untuk kebutuhan iklan. Sudah kebayang kan bagaimana kebutuhan untuk profesi videographer?

Pekerjaan ini cukup menjanjikan, lho. Pendapatan seorang videographer juga cukup menjanjikan, lho. Salary Expert mengungkapkan seorang videographer meraup pendapatan sekitar Rp 8 juta serta bonus tambahan hingga Rp 4,2 juta setiap tahunnya. 

  1. Fashion Design

Untuk menjadi seorang fashion designer kamu perlu wawasan yang luas akan trend, kemampuan membuat desain sketsa, kecermatan memilih material, kreativitas, dan skill relevan lainnya. 

Bekerja menjadi seorang fashion designer menurut Salary Expert kamu akan mendapatkan hingga Rp 9,9 juta setiap bulan dengan bonus sekitar Rp 9,7 juta setiap tahun. 

Tapi, kamu pernah menyaksikan konten bisnis fashion design oleh Christie Basil di TikTok, kan? Kini usaha yang dirintisnya sudah merambah pasar internasional! Tertarik nggak nih jadi fashion designer? Yuk, belajar langsung dari Christie Basil!

kelas fashion design christie basil
Tonton Modul Christie Basil disini
  1. Content Creator

Jadi content creator ini banyak sekali bidangnya, bisa melalui tulisan, gambar, ataupun video. Konten yang dihasilkan pun dapat dibagikan ke berbagai platform media sosial mualaid ari Facebook, Twitter, Instagram, Youtube, dan media lainnya. 

Seperti profesi kreatif lainnya, content creator juga membutuhkan kreativitas. Nah bagi kamu yang ingin terjun ke dunia content creator ini harus pahami terlebih dahulu bidang konten yang akan digeluti.

Bila punya kemampuan menulis, tak ada salahnya untuk bekerja di bagian perusahaan yang mengandalkan penulisan dalam bekerja. Kamu bisa apply menjadi seorangi content writer. Menurut Salary Expert kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 6,4 juta serta bonus tambahan per tahun sekitar Rp 3,8 juta.

BIla ingin berkarya secara personal, juga sangat bisa. Kamu bisa simak rahasia membuat konten digital!

belajar menjadi content creator
Belajar menjadi content creator disini

Gimana? Tertarik untuk terjun dan berkarir di bidang industri kreatif? Ini sebetulnya bisa jadi peluang yang nggak boleh kamu lewatkan. Sebab, berbagai kelas dan pembelajaran yang bisa menjadi modal kamu untuk menyelami industri kreatif bisa kamu akses dengan mudah pada saat ini. 

Ingin belajar tentang desain, fotografi, content creator, fashion designer atau berbagai pekerjaan kreatif lainnya? Temukan berbagai kelasnya di Kuncie! Jadikan Kuncie sebagai temanmu untuk berkembang dan meningkatkan skill yang kamu punya.

Posted 
Jun 7, 2022
 in 
profesional
 category

More from 

profesional

 category

View All