S

etiap usaha atau bisnis yang akan dijalankan membutuhkan perencanaan usaha yang tepat untuk meminimalisir risiko kerugian yang kemungkinan akan terjadi saat menjalankan sebuah bisnis kedepannya. Maka dari itu, menyusun perencanaan usaha tidak boleh main-main.

Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa modal awal menjadi unsur penting dalam membangun suatu usaha. Akan tetapi, terdapat hal-hal lain yang tidak kalah krusial misalnya wawasan bisnis, yang salah satunya adalah sebuah perencanaan usaha.

Perencanaan usaha yang dimaksud memiliki tujuan untuk meminimalisir kerugian yang bisa terjadi kapan saja dan upaya antisipasi serta mencari solusinya. Seperti diketahui, dalam membangun usaha, urusan untung dan rugi adalah hal yang biasa terjadi bahkan bisa dialami korporasi besar sekalipun.

Mengingat betapa pentingnya perencanaan usaha, selain modal awal, hal ini lebih baik sudah kamu siapkan sebelum menjalankan sebuah bisnis. Sayangnya, kebanyakan pebisnis yang baru cenderung belum memahami betul pentingnya perencanaan usaha.

Apa yang Dimaksud Dengan Perencanaan Usaha?

Perencanaan usaha merupakan sebuah tindakan atau upaya yang sudah direncanakan guna dilakukan saat mau menjalankan suatu bisnis atau usaha. Sederhananya, perencanaan usaha adalah sebuah langkah awal untuk memulai usaha.

Perencanaan usaha memiliki konsep seperti ketika kamu membuat sebuah proposal untuk kegiatan tertentu. Perencanaan usaha pun memerlukan sejumlah komponen supaya usaha yang dijalankan berlangsung dengan lancar dan konsisten.

Untuk membuat perencanaan bisnis yang baik, kamu perlu memenuhi enam komponen penting. Berikut ini adalah penjelasan lengkapnya:

  • Deskripsi Bisnis

Komponen pertama dari perencanaan usaha yang perlu kamu perhatikan adalah deskripsi usaha. Deskripsi tersebut sifatnya sangat krusial karena bisa menjelaskan kepada pihak terkait soal penjelasan bisnis yang sedang dibangun.

Deskripsi bisnis memiliki fungsi guna memberitahu ke seluruh pihak mengenai gagasan dan ide-ide bisnis yang akan dilakukan kedepannya. Dengan memiliki deskripsi bisnis yang baik, pihak-pihak terkait termasuk calon investor akan memiliki pemahaman yang jelas mengenai usaha kamu.

  • Riset Pasar

Banyak orang yang abai mengenai pentingnya riset pasar. Padahal, dengan melakukan riset pasar untuk sebuah jasa atau produk yang mau dipasarkan, kamu akan memiliki wawasan yang cukup sebelum terjun secara nyata di pasaran.

Riset pasar ini dapat kamu lakukan dengan segmentasi pasar untuk memahami perilaku dan target konsumen, sehingga produk atau jasa yang kamu tawarkan dapat menyasar target konsumen dengan tepat.

Riset pasar ini jelas menjadi komponen yang sangat penting dalam langkah awal membangun usaha. Sifat abai terhadap riset pasar sebelum merilis produk atau jasa ke pasaran akan berujung pada sulitnya memenuhi ROI bisnis(Return on Investment).

  • Strategi Marketing

Strategi marketing merupakan hasil dari analisis pasar yang sudah dilakukan dengan cermat dan tepat. Di sinilah pentingnya sebuah riset pasar guna menentukan strategi marketing yang optimal.

Ketika menyusun strategi marketing, kamu perlu sebuah analisis yang tepat supaya strateginya tersusun dengan baik. Jenis analisis yang biasa dipakai adalah SWOT yakni untuk memahami kelemahan, keunggulan, ancaman, dan peluang bagi sebuah produk.

Keunggulan dari analisis SWOT yakni kemampuannya dalam menghasilkan keputusan guna menerapkan strategi marketing yang maksimal tanpa perlu membuang-buang waktu, tenaga, serta jumlah biaya yang besar.

  • Rencana Manajemen dan Operasional

Rencana manajemen dan operasional disusun dalam sebuah komponen perencanaan usaha guna menjabarkan suatu usaha akan berkelanjutan atau berjalan lancar. Hal ini memiliki fokus dalam memenuhi kebutuhan logistik perusahaan misalnya tugas dan tanggung jawab dari divisi sales dan marketing.

Selain itu, rencana manajemen dan operasional juga bisa menunjukkan prosedur dan cara penugasan antar divisi dalam satu perusahaan, kebutuhan anggaran belanja, dan ongkos yang memiliki kaitannya dengan operasional sebuah perusahaan.

  • Proses Produksi

Seusai memenuhi komponen-komponen yang sudah disebutkan sebelumnya, proses produksi juga tidak kalah penting dalam sebuah perencanaan usaha. Proses produksi yang mudah terukur menjadi patokan yang umum.

Perencanaan bisnis menjadi tidak berarti apa-apa tanpa eksekusi proses produksi yang baik. Nantinya, perencanaan bisnis dapat dievaluasi untuk meminimalisir segala risiko yang bisa terjadi kapan saja.

  • Estimasi Biaya

Elemen biaya terkesan sangat sensitif. Namun, estimasi biaya perlu dipikirkan dengan matang karena menyangkut modal usaha (sumber dana), aktiva, dan untuk mengatur anggaran dengan efisien. Perencanaan estimasi biaya yang baik bisa menghasilkan usaha yang lancar. Selain itu, hal ini juga sangat berguna sebagai langkah awal dalam neraca lajur laporan keuangan.

Dalam menyusun estimasi biaya, kamu perlu memperhatikan faktor pembiayaan seperti laporan keuangan perencanaan usaha, laporan arus kas perencanaan usaha, laporan neraca perencanaan usaha, analisis pengembalian modal untuk usaha, dan lain-lain.

Sekarang kamu tidak perlu repot-repot membuat buku akuntansi perusahaan seperti cara lama. Sudah banyak aplikasi akuntansi online yang bisa kamu gunakan untuk mempermudah pelacakan biaya-biaya yang dikeluarkan.

Banyak orang yang ingin berbisnis karena dapat memberikan penghasilan dan keuntungan tambahan, atau bahkan menjadi sumber penghasilan utama. Namun, kenyataannya tidak mudah dalam membangun dan menjalankannya. Memiliki perencanaan usaha yang tepat bisa membantu kamu dalam membangun dan menjalankan bisnis dengan lancar.

Nah, buat kamu yang ingin berbisnis, sangat penting untuk memiliki wawasan dan skill berbisnis yang mumpuni! Dalam hal ini, kamu bisa mendapatkan berbagai tips dan rahasia sukses untuk berbisnis bersama Kuncie.

Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun. Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses dalam berbisnis bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!


Referensi:

pintek.id/blog/perencanaan-usaha/

harmony.co.id/blog/apa-saja-komponen-perencanaan-usaha-simak-selengkapnya

majoo.id/solusi/detail/perencanaan-usaha

akseleran.co.id/blog/komponen-perencanaan-usaha/

awalilmu.com/2018/09/pengertian-perencanaan-usaha-maksud-tujuan-dan-manfaatnya-lengkap.html

Diakses pada: 3 Januari 2022


Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All