Menghadapi persaingan dunia kerja itu memang butuh mental tahan banting dan pantang menyerah. Hal ini terlihat dari masih tingginya angka pengangguran di Indonesia. Salah satu penyebabnya adalah pertumbuhan SDM yang tidak sebanding dengan perkembangan lapangan kerja.

Memang banyak sektor bisnis baru yang juga membutuhkan banyak tenaga kerja, tapi pesaing yang berkualitas juga bertambah. Dari itu, penting bagi jobseeker untuk mempersiapkan diri sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

Tapi sebelum lebih jauh, yuk simak infografis ini dulu biar makin paham bagaimana kondisi ketenagakerjaan di Indonesia Dari itu, penting bagi jobseeker untuk mempersiapkan diri sebelum benar-benar terjun ke dunia kerja.

data statistik ketenaga kerjaan indonesia februari 2021

Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia (Per Feb 2021)

  • Jumlah penduduk Indonesia: 271,36 juta orang
  • Jumlah Penduduk Usia Kerja (PUK): 205,36 juta orang
  • Jumlah Penduduk yang bekerja: 131,06 juta orang
  • Jumlah Pengangguran: 8,75 juta orang
  • 9,30% penduduk usia kerja terdampak Covid-19
  • 1,62 juta orang dari total PUK pengangguran karena Covid-19
  • 15,72 juta orang bekerja dengan pengurangan jam kerja karena Covid-19

Sumber: bps.go.id

Dari info di atas, bisa dilihat bahwa banyak sekali orang yang berjuang untuk mendapatkan pekerjaan. Kalau kamu adalah salah satunya, tidak perlu khawatir! Rezeki sudah ada yang mengatur. Yang penting jangan gampang menyerah dan terus mencoba. Tapi ada satu kunci penting yang harus kamu lakukan, yaitu cari tau strategi tepat agar bisa mendapat pekerjaan dengan cepat.

Persiapan Memasuki Dunia Kerja

Berikut ini adalah 7 hal esensial yang penting dipahami biar kamu makin dekat dengan karier impian:

Membuat CV yang Stand Out

CV adalah cara perkenalan pertama yang menghubungkan kamu dengan rekruter. Maka dari itu, hal ini harus diperhatikan secara ekstra dan dibuat semenarik mungkin. Mulai dari layout, isi, sampai ke desain secara keseluruhan, sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan atau posisi yang kamu dilamar.

Karena zaman semakin canggih, ada baiknya kamu membuat CV yang ATS friendly. ATS sendiri merupakan singkatan Applicant Tracking System, software yang biasa digunakan oleh perusahaan besar untuk membantu proses seleksi kandidat dan rekrutmen. Sistem ini akan membantu penyeleksian yang sudah diatur sebelumnya. Misal, IPK, tahun akademis, pengalaman kerja, sampe skill yang dibutuhkan perusahaan.

Nggak kalah penting, usahakan membuat CV secara sederhana, tapi tetap menarik hati. Cara bikinnya gimana? Kita bahas lain kali, ya!

Baca Juga: Cara Membuat CV Yang Menarik

Maksimalkan Profil LinkedIn

Zaman sudah semakin canggih. Banyak kebiasaan konvensional yang beralih secara digital. Salah satunya, proses rekrutmen pegawai yang bisa dilakukan via online.

LinkedIn merupakan aplikasi atau media sosial yang dikreasikan untuk keperluan profesional. Di sini kamu bisa dan perlu membuat profil semenarik mungkin mengenai riwayat pendidikan, pengalaman organisasi, sampai volunteering untuk menunjukkan gambaran singkat mengenai latar belakang kamu. Profil LinkedIn kini jadi salah satu bahan pertimbangan rekruter. 

Ini beberapa tips untuk mengoptimalkan profil LinkedIn:

  • Gunakan foto profil yang jelas dan sopan.
  • Isi profil dengan deskripsi sederhana tapi padat mengenai diri dan pengalaman.
  • Sertakan rekomendasi, semacam testimoni dari rekan kerja atau atasan tentang kinerja. Hal ini bisa menambah daya tarik di mata rekruter.

Perluas dan Tingkatkan Skill

Sambil mencari kantor dan posisi yang cocok, atau sembari menunggu panggilan interview, daripada berdiam diri dan resah menanti kabar, ada baiknya tingkatkan skill biar kamu jadi punya nilai tambah tersendiri. Misalnya, ambil kelas online sesuai dengan kebutuhan kerja yang akan kamu lamar.

Ikut Kelas di Kuncie!

Tingkatkan pengetahuan dan skillmu dengan mengikuti kelas-kelas di Kuncie

Kamu bisa memperdalam ilmu menulis, digital marketing, analisis, public speaking, manajemen keuangan, sampe belajar berbagai ilmu bisnis biar makin banyak paham mengenai dunia kerja yang sesungguhnya. Menariknya, berbagai ilmu ini disediakan di Kuncie, lho!

Apapun jenis kelas dan topiknya,  asalkan kamu belajar  sungguh-sungguh, kelas seperti ini bakal berguna dalam membantu persiapan dunia kerja. 

Jangan lupa asah juga soft skill kamu! Soft skill adalah ilmu non teknis terkait bidang kerja yang berguna untuk perkembangan karier. Contohnya, kemampuan komunikasi, negosiasi, kepemimpinan, sampe mental tahan banting alias kemampuan manajemen stress untuk menghadapi berbagai tekanan dan situasi, masuk ke dalam kategori skill ini. 

Emang bisa dilatih? Bisa, dong! Kelasnya juga bisa kamu ikuti di Kuncie!

Melamar Di Beberapa Perusahaan

Meskipun kamu naksir berat dengan satu company, tapi ada baiknya kamu menyebar CV ke perusahaan lain. Ingat, ada banyak jobseeker lainnya yang mendaftar pada posisi yang sama denganmu. Ada baiknya kamu menyusun rencana dan tidak berharap hanya pada satu perusahaan.

Ini adalah beberapa hal yang juga perlu diperhatikan:

  • Pahami Jobdesc

Titel atau posisi boleh sama, tapi beda perusahaan kadang beda juga job description-nya. Misal, pada perusahaan A, seorang account executive (AE) punya tugas utama untuk jadi penghubung antar klien dan tim internal. Sementara, di Perusahaan B, kewajiban utamanya untuk melakukan penjualan. Di perusahan C, dan lainnya pun bisa berbeda. Sesuaikan dengan keinginan dan kemampuanmu.

  • Pertimbangkan Peluangnya

Makin besar perusahaan, makin banyak juga peminatnya. Kamu perlu melakukan pertimbangan yang rasional. Bila kamu sudah yakin dan percaya diri dengan  kemampuan dan berbagai pengalaman yang kamu tulis di CV, kamu boleh saja sedikit idealis. Tapi, kalau kamu merasa masih butuh banyak pengetahuan dan pengalaman, menyebar CV ke berbagai perusahaan bukan hal yang salah, kok.

Lakukan Riset Tentang Perusahaan

  • Penting dilakukan sebelum interview!

Ibaratnya lagi mau mengambil hati seseorang, bakal lebih gampang kalau sudah punya contekan mengenai si orang ini, kan? Kamu jadi tau karakter dan kesukaannya. Kamu juga bisa menghindari hal yang bikin dia merasa tidak nyaman. 

Begitu juga dengan perusahaan. Kalau ingin melamar ke perusahaan yang punya kultur formal, bisa gunakan gaya bahasa cukup baku dan pakaian yang juga formal. Sesuaikan dengan kebutuhan berdasarkan value dari perusahaan yang dituju.

  • Membantu membentuk kesan baik di mata perusahaan

Jika punya banyak contekan mengenai perusahaan yang diincar, kamu jadi punya amunisi ekstra dan lebih siap untuk tampil di depan para rekruter. Lebih percaya diri, terlihat pintar, dan memberi kesan penuh persiapan yang tentunya akan membentuk impresi yang baik bagi perusahaan.

Practice Makes Perfect!

Buat persiapan interview, kamu bisa latihan dengan berbagai cara. Misalnya, latihan di depan cermin, minta tolong teman atau saudara untuk sesi ngobrol dan tanya jawab, konsultasi dengan senior yang sudah lebih paham, atau rekam diri kamu dan evaluasi sendiri. 

Perusahaan besar biasanya punya tahapan rekrutmen yang cukup banyak. Mulai dari submit CV akumulatif dengan deadline waktu tertentu, proses screening CV, interview dengan user dan/atau HRD, tes psikologi, hingga interview dengan big boss. Bahkan untuk posisi tertentu, kadang rekruter juga memberi tugas personal atau studi kasus yang harus diselesaikan melalui focus group discussion (FGD).

Kok kayak ngeri, ya? Nggak segitunya, kok! Yang penting, perbanyak latihan biar persiapannya makin matang. Nanti saat dijalani ini semua akan terasa lebih gampang, kok!

7. Stalking Calon Rekan Kerja

Stalking itu tidak melulu soal kepoin gebetan atau ngintip kehidupan mantan yang masih susah dihapus jejaknya dalam ingatan. Kamu bisa pakai metode ini dengan memanfaatkan teknologi buat cari tau info pribadi maupun track profesional calon atasan dan rekan kerja. 

Cek profil LinkedIn, Instagram, Twitter, dan sebagainya untuk kenalan lebih jauh. Dengan begitu, kamu jadi bisa memprediksi kira-kira akan berhadapan dengan orang seperti apa nantinya. Ini juga akan mempermudah untuk  beradaptasi di lingkungan kerja baru.

Nah, kalau ke tujuh hal ini sudah kamu persiapkan sebaiknya, tinggal banyak berdoa dan minta restu orang tua biar jalan kamu dipermudah dan dilancarkan. Semoga kamu jadi makin jago soal persiapan dunia kerja, ya. Sampai ketemu lagi di artikel selanjutnya!

Sources:

  1. https://www.bps.go.id/pressrelease/2021/05/05/1815/februari-2021--tingkat-pengangguran-terbuka--tpt--sebesar-6-26-persen.html
  2. https://www.bps.go.id/publication/2021/06/08/b547a5642aeb04d071cb83d4/keadaan-angkatan-kerja-di-indonesia-februari-2021.html
Posted 
Aug 1, 2022
 in 
Dunia Kerja
 category

More from 

Dunia Kerja

 category

View All