T

idak adanya prinsip kerja yang kuat membuat banyak orang, khususnya millennial, sulit beradaptasi dengan lingkungan kerjanya. Selain dapat mempengaruhi performa kerja secara keseluruhan, hal tersebut juga dapat memperlambat karirmu di masa depan. Oleh karena itu, kamu perlu tahu prinsip-prinsip dasar dalam bekerja. Dengan begitu, kamu dapat meraih kesuksesan dengan cepat di usia yang relatif muda.


Pentingnya Memiliki Prinsip Dalam Bekerja

Meski definisi sukses sangat luas dan dapat bervariasi pada setiap orang, memiliki prinsip yang kuat dalam bekerja adalah hal yang krusial. Pasalnya, prinsip kerja diperlukan supaya kamu mempunyai sebuah pegangan untuk bertindak dan berperilaku dalam dunia kerja. Tak hanya itu, prinsip ini juga akan membantu kamu untuk terus bertumbuh dan mencapai tujuan yang kamu inginkan.


Sebaliknya, jika kamu tidak memiliki prinsip kerja yang kuat dan jelas. Kamu mungkin tidak akan pernah tahu arah yang sebenarnya ingin kamu tuju dari pekerjaan yang sedang kamu geluti saat ini. Alhasil, kamu akan jadi seseorang yang mudah untuk dipengaruhi dan terbawa arus.


Selain dapat mempengaruhi semangat dan produktivitas dalam bekerja, tidak memiliki prinsip yang kuat juga dapat menghambat perkembangan karirmu di masa depan. Lebih jauh lagi, hal tersebut pun pada akhirnya akan berdampak langsung pada kualitas hidup kamu secara keseluruhan.


Prinsip-prinsip Dasar Dalam Bekerja yang Perlu Kamu Miliki

Penting untuk dipahami, membangun prinsip kerja yang kuat memang tidak mudah. Kamu mungkin butuh waktu dan proses yang tidak sebentar. Bahkan, mungkin kamu harus melalui banyak lika-liku masalah pekerjaan sebelum benar-benar menemukannya.


Kendati tidak mudah, ketika kamu sudah berhasil melewati proses tersebut, kamu akan merasakan banyak keuntungan. Salah satunya, kamu dapat meraih apa pun yang kamu inginkan. Nah, guna membantu kamu mencapai kesuksesan dalam dunia kerja, di bawah ini adalah prinsip-prinsip dasar yang bisa kamu coba terapkan dan lakukan dalam bekerja. 


  • Memiliki Tujuan Hidup yang Jelas

Prinsip dalam bekerja yang paling utama adalah memiliki tujuan hidup. Dengan memiliki tujuan hidup yang jelas, kamu akan lebih semangat untuk bekerja dengan sungguh-sungguh dan tidak akan tersesat ketika menjalani karir. Hal ini karena kamu sudah tahu apa yang kamu kerjakan dan kemana arahnya kelak. Sederhananya, tujuan hidup ini sebagai peta jalan yang akan membantumu meraih apa yang kamu impikan sejak dulu.


Jadi, mulai sekarang, coba tentukan tujuan hidup kamu, apa yang ingin kamu kejar dalam waktu dekat maupun panjang. Agar selalu ingat, tulis tujuan tersebut pada sebuah buku jurnal khusus. Setelah itu, cobalah jalani hari-harimu sepenuh hati dan berusahalah untuk memperjuangkan apa yang kamu mau dan cita-citakan.


  • Fokus Itu Penting!

Dalam perjalannya, kamu mungkin akan melewati banyak rintangan dan godaan. Hal ini adalah wajar, dan kamu tidak perlu putus asa karenanya. Intinya, jangan jadikan rintangan dan godaan yang ada sebagai penghambat yang mempengaruhi arah tujuan hidupmu.


Inilah sebabnya, fokus adalah prinsip yang wajib kamu terapkan dalam bekerja supaya segala rencana yang telah kamu siapkan sebelumnya untuk menggapai tujuan bisa berjalan lancar dan sesuai harapan. Ingat, kamu harus tetap teguh pada prinsip kerja dan fokus pada tujuan yang ingin kamu gapai.


  • Terus Belajar dan Eksplorasi

Prinsip dalam bekerja selanjutnya yang perlu kamu terapkan adalah memiliki keinginan untuk terus belajar dan mencari tahu hal-hal baru. Selain bisa meningkatkan keterampilan dan kemampuanmu, hal ini pun dapat menjadikanmu pribadi dengan wawasan yang luas. Dengan begitu, kamu dapat dengan mudah untuk beradaptasi dengan segala perubahan yang terjadi di lingkungan kerjamu.


  • Membangun Relasi Sebanyak-banyaknya

Membangun jejaring atau relasi yang luas juga bagian dari prinsip dalam bekerja yang penting untuk menuju kesuksesan. Terlepas apapun pekerjaan yang kamu lakoni, membangun relasi akan membuka banyak kesempatan dan solusi dari masalah-masalah yang kamu hadapi.


Lebih jauh lagi, relasi ini juga bagus untuk perkembangan karirmu di masa depan. Kamu bisa membangun relasi dengan orang-orang yang punya visi sama denganmu. Hal ini tidak hanya teman, tapi juga bisa rekan kerja, atasan, atau bahkan client.


  • Berani Berkata Tidak

Menjadi orang yang selalu berkata ‘ya’ di semua kesempatan tidak selalu menandakan kamu adalah orang yang giat dan loyal. Sebagai manusia biasa, tentu kita memiliki keterbatasan untuk melakukan sesuatu.


Inilah sebabnya, kamu harus punya prinsip berani mengatakan tidak dalam bekerja. Apalagi jika kamu sendiri tidak yakin untuk menjalaninnya. Tidak perlu khawatir hal tersebut akan memperburuk citramu atau menutup kesempatan karirmu.


Selama kamu tahu kapasitasmu dalam bekerja, berani berkata tidak justru akan menunjukkan kualitas dirimu sebenarnya karena kamu memiliki prinsip dan standar diri.


Itulah lima prinsip dalam bekerja yang perlu dimiliki oleh para pekerja. Untuk menambah wawasanmu dalam dunia kerja dan bisnis, serta tips dan rahasia untuk bisa sukses, ada Kuncie yang bisa kamu andalkan.


Melalui Kuncie, kamu bisa memilih beragam kelas yang sesuai dengan kebutuhan atau minat, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa menambah kenalan atau memperluas networking kamu.


Yuk, dapatkan kunci suksesmu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

glints.com/id/lowongan/prinsip-kerja/#.YaYMXPHP1hA

lifepal.co.id/media/6-prinsip-kerja-generasi-milenial/

idntimes.com/life/career/ltyf-albhr/meraih-sukses-agp-c1c2/7

ajaib.co.id/prinsip-kerja-yang-bisa-diterapkan-agar-sukses-berkarir/

blog.klikcair.com/prinsip-kerja-yang-diterapkan-agar-lebih-bahagia-sukses/

Diakses pada: 6 Desember 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All