Apa yang kamu pikirkan ketika mendengar kata “matematika”? Teringat memori penuh perjuangan di masa sekolah, pusing, atau malah jatuh cinta?

Bagi sebagian orang, bidang ilmu yang satu ini memang se-PR itu, tapi untuk kamu yang punya bakat dan kemampuan menganalisis yang kuat, membenamkan diri pada lautan angka dan bermain aneka rumus bisa mendatangkan rasa senang dan keuntungan tersendiri.

Matematika adalah subjek dasar bagi banyak ilmu pengetahuan dan teknologi. Banyak sekali hal di sekitar yang mungkin tanpa kita sadari berlandaskan matematika. Jika kamu punya minat lebih pada bidang ini, kamu sudah berada di jalan yang benar karena matematika juga memiliki banyak prospek pekerjaan yang menjanjikan.

Baca Juga: Prospek Jurusan Sistem Informasi

Bahkan, menurut World Economic Forum, lulusan jurusan matematika bisa menggeluti profesi paling bersinar di tahun 2025. Berminat mengambil pendidikan matematika dan mendalaminya untuk meraih kebaikan di masa depan? Yuk kita bahas lebih dalam pada artikel ini!

kursus data analyst

Apa Saja yang Akan Dipelajari di Jurusan Matematika?

Terdapat beberapa peminatan atau penjurusan jika kamu mengambil kuliah ilmu matematika, di antaranya:

  • Matematika murni

Fokus untuk memperdalam, menguji, serta mengembangkan teorema dan hipotesis matematika. Jurusan matematika yang satu ini mengedapankan pembelajaran dengan konsentrasi yang berfokus pada kemampuan berpikir logis juga sistematis.

  • Matematika terapan

Fokus pada pengaplikasian ilmu matematika yang ada di dalam kehidupan dan digunakan sebagai alat bantu untuk menyelesaikan masalah sehari-hari. Mengarahkan pada kegiatan pengumpulan, analisis, juga intepretasi sebagai langkah penerapan dari teori matematika yang dipelajari

  • Matematika komputasi

Merupakan salah satu cabang matematika yang mempelajari penyelesaian persoalan matematika secara komputasi. Manfaat yang didapatkan adalah menyeselaikan masalah secara cepat berbantuan komputer.

Jika mengambil jurusan ini, kamu akan diperkenalakan dengan konsep-konsep pemograman yang sering digunakan, tools untuk melakukan perhitungan, dan beragam algoritma pada matematika komputasi.

  • Statistika dan aktuaria

Ini adalah cabang ilmu matematika yang paling banyak diterapkan dalam bidang ekonomi sosial. Nantinya, ilmu di sini bisa digunakan untuk menemukan solusi dari berbagai persoalan konkret sesuai dengan bidang yang membutuhkannya.  Di beberapa perguruan tinggi, statistika dan aktuaria jadi jurusan terpisah dengan matematika.

Statistika dipelajari untuk menganalisis suatu prediksi dan pengambilan keputusan daru suatu permasalahan dengan berdasarkan data dan fakta yang ada. Penerapannya sering kita temukan untuk keperluan survei data. Sementara, aktuaria lebih spesifik ke arah analisis pengelolaan risiko dan data finansial.

Prospek Kerja

Data Analyst

Bertanggung jawab untuk melakukan riset dan analisis data dengan menggunakan tools tertentu. Di dunia bisnis, data analyst  melakukan riset untuk keperluan pengembangan produk atau pemasaran melalui pemantauan aktivitas target pasar di internet.

Akademisi

Profesi ini cocok sekali untuk kamu yang memiliki jiwa senang berbagi kebaikan dan menurunkan ilmu bagi yang membutuhkan. Kamu bisa menjadi dosen, guru, pengajar di berbagai bimbingan belajar atau les privat, dan sebagainya.

Data Scientist

Berbeda dengan data analyst, data scientist lebih cenderung bekerja di pengolahan data dengan skala besar baik tersusun maupun acak. Seorang data scientist juga melakukan eksperimen terhadap berbagai data yang dikumpulkan untuk membuktikan dan memberikan solusi terbaik untuk perkembangan suatu bisnis.

Peneliti dan Konsultan

Kamu suka dengan angka, memiliki kemampuan analisis yang baik, dan gemar mengulik ilmu statistika? Jika ya, konsenstrasi matematika ini bisa menjadi kunci dari pintu rezeki yang menjanjikan di hari depan. Tidak mudah untuk menjadi peneliti atau konsultan, tapi jika kamu memiliki kemampuan, kamu dapat bekerja di berbagai lembaga penelitian atau konsultasi yang membutuhkan banyak tenaga ahli seperti di LIPI, LAPAN, BMK, BPPT, lembaga konsultan, dan sebagainya.

Software Engineer

Kuliah di jurusan matematika dapat membantu mengasah logika dan kemampuan berpikir sistematis yang sangat berguna dalam dunia software engineering. Untuk menjadi seorang software engineer, kamu butuh kemampuan dalam melakukan analisis, membuat rekayasa, menyusun spesifikasi, serta mengimplementasikan dan memvalidasi suatu rancangan sistem perangkat lunak untuk menjawab suatu permasalahan teknologi.

Application Developer

Profesi ini kian diminati seiring dengan perkembangan teknologi di mana setiap orang semakin mengandalkan teknologi dalam genggaman tangan di kehidupan sehari-harinya. Seorang application developer memiliki tugas untuk mengembangkan aplikasi mulai dari mengalisis permintaan klien, merancang desain, membuat aplikasi, hingga melakukan pengujian aplikasi yang sudah dibuat. Skill yang kamu butuhkan di antaranya: melakukan analisis permintaan klien, membuat mockup dan prototype aplikasi, dan menguasai bahasa pemrograman.

peminatan jurusan matematika


Memiliki kemampuan matematika merupakan berkah yang tidak dimiliki oleh semua orang. Namun, bukan berarti tidak bisa dipelajari. Jika kamu sudah memiliki bakat, sebaiknya jangan disia-siakan. Sebaliknya, jika kamu merasa belum begitu pandai, tetapi memiliki minat luar biasa pada ilmu yang satu ini, jangan menyerah ya! Terus belajar dan fokus pada peminatan yang kamu inginkan. Siap-siap menjemput masa depan yang cerah, deh!

Posted 
Sep 13, 2022
 in 
Upskilling
 category

More from 

Upskilling

 category

View All