Sebuah perusahaan pasti punya banyak data-data terkait bisnisnya. Dari data karyawan, produk, sampai keuangan. Bayangkan, jika semua data itu tidak ada yang mengolah? Bisa-bisa, bisnis perusahaan mogok di tengah jalan. Maka dari itu, lahirlah jurusan Sistem Informasi. 

Jurusan Sistem Informasi adalah bidang keilmuan yang menggabungkan ilmu komputer dengan bisnis dan manajemen. Mereka belajar mengidentifikasi kebutuhan perusahaan berdasarkan data-data yang ada.

Output dari jurusan Sistem Informasi adalah merancang sebuah sistem yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Maka dari itu, mereka juga harus mengerti tentang dasar-dasar bisnis dan manajemen. 

Melihat manfaat yang bisa diberikan, nggak heran kalau lulusan Sistem Informasi banyak dicari oleh perusahaan. Bagi kamu lulusan jurusan Sistem Informasi, berikut prospek kerja yang bisa kamu pilih. 

Tentang Jurusan Sistem Informasi yang Harus Diketahui

Sebelum mengetahui prospek kerja Sistem Informasi, mari kita pahami jurusan ini secara lebih mendalam. Tujuannya agar kamu tidak salah dalam memilih jenis pekerjaan yang akan kamu tekuni. Jurusan Sistem Informasi mempelajari teknologi informasi, manajemen, bisnis, keuangan, administrasi, bahasa pemrograman, hingga desain perangkat lunak. Tujuannya untuk mempermudah proses bekerja dalam suatu perusahaan, 

Jurusan Sistem Informasi cocok bagi kamu yang menyukai teknologi. Itu karena jurusan ini berhubungan erat dengan rekayasa komputer. Maka dari itu, memang dibutuhkan ketertarikan yang kuat terhadap perkembangan teknologi. Dengan begitu, sistem yang diciptakan bisa aplikatif dan efektif. 

Jurusan Sistem Informasi juga mengasah kemampuan problem solving atau pemecahan masalah. Itu karena pekerjaan mereka adalah memecahkan masalah menggunakan data-data yang ada. Dengan begitu, perusahaan bisa menemukan solusi terbaik dan bisa terus berkembang. 

Pilihan karier jurusan Sistem Informasi juga sangat luas. Jadi, kamu tidak perlu bingung saat sudah lulus. Ada banyak profesi yang bisa kamu pilih. Apa saja? Berikut prospek kerja jurusan Sistem Informasi. Simak dengan baik, ya!

Prospek Kerja Jurusan Sistem Informasi

prospek jurusan sistem informasi

  1. Konsultan IT

Teknologi informasi selalu berkembang dari masa ke masa. Untuk itulah dibutuhkan seorang ahli atau konsultan yang bisa membantu kita untuk menyesuaikan diri dengan perkembangan tersebut. 

Sebuah teknologi pasti bertujuan untuk mempermudah hidup manusia, bukan? Maka dari itu, manusia selalu ingin memakai setiap penemuan teknologi baru yang muncul. Bayangkan jika perusahaan tidak menyesuaikan diri dengan teknologi terbaru, pasti lambat laun akan ditinggalkan oleh pasar. 

Untuk itu, perusahaan sangat membutuhkan seorang konsultan IT dan jurusan Sistem Informasi sangat cocok untuk profesi itu. Gaji konsultan IT sendiri rata-rata adalah Rp9-15 juta per bulan. 

  1. Software Developer

Software developer adalah orang yang bertugas membuat perangkat lunak yang membantu memudahkan sistem kerja di sebuah perusahaan. Perangkat lunak tersebut mencakup sistem operasi, network distribution, sampai software compiler.

Selain membuat, software developer juga mengembangkan dan menguji perangkat lunak untuk memastikan itu bekerja dengan baik. Dengan demikian, seluruh pekerjaan menjadi lebih terstruktur dan produktivitas perusahaan bisa meningkat. Gaji software developer sendiri adalah sekitar Rp5-20jt per bulan. 

  1. Database Administrator

Database administrator bertugas untuk mengelola dan merapikan data-data perusahaan. Mungkin kamu berpikir ini adalah pekerjaan yang mudah dan bisa dilakukan oleh siapa pun. Namun, pada kenyataannya profesi ini butuh kemampuan manajemen data yang tinggi. 

Data perusahaan yang akan diolah bukanlah data biasa yang jumlahnya sedikit, melainkan sebuah big data. Apa itu big data? Itu adalah kumpulan data yang jumlahnya sangat banyak. Maka dari itu, dibutuhkan lulusan Sistem Informasi untuk mengolah data tersebut. Gaji database administrator sendiri rata-rata adalah Rp5-7 juta per bulan.

  1. Programmer

Seorang programmer bertugas menciptakan program-program digital yang dibutuhkan perusahaan. Selain itu, mereka juga harus memastikan bahwa program yang dibuat beroperasi dengan benar. Ketika ada masalah, programmer juga harus melakukan analisis untuk mencari solusi. Gaji rata-rata seorang programmer adalah Rp5-17 juta per bulan.

  1. Application Engineer

Application engineer bertugas untuk merancang, mengembangkan, dan menguji aplikasi perangkat lunak. Selain itu, mereka juga bertugas untuk mengevaluasi aplikasi dan menindaklanjuti feedback atau umpan balik dari user atau pengguna aplikasi. Gaji rata-rata application engineer adalah Rp5-16 juta per bulan. 

  1. Data Scientist

Data scientist bertugas mengumpulkan, merapikan, dan mengolah data. Selain itu, mereka juga bertanggung jawab untuk menyajikan data dalam suatu format dan menyampaikan atau menceritakan data tersebut dengan baik dan mudah dipahami. 

Seorang data scientist harus mempunyai kemampuan coding dan mathematical modeling. Itu karena mereka juga harus membuat algoritma, menemukan pola, merancang eksperimen untuk menemukan solusi dari sebuah masalah yang rumit. Gaji rata-rata data scientist adalah Rp7-22 juta per bulan. 

  1. Data Analyst

Data analyst tidak jauh berbeda dengan profesi data scientist. Keduanya sama-sama mengolah data menggunakan bahasa pemrograman. Akan tetapi, data analyst lebih terfokus untuk menganalisis data yang ada. Nantinya, hasil analisis tersebut akan diberikan kepada top level management, agar mereka bisa membuat keputusan dengan tepat. Gaji rata-rata data analyst adalah Rp5-17 juta per bulan. 

Soft skill yang harus dikuasai oleh seorang data analyst adalah kemampuan berkomunikasi, bekerja sama dengan tim, manajemen proyek, dan analytical thinking. Sedangkan, hard skill yang harus dikuasai adalah statistika, visualisasi data, machine learning, menguasai bahasa pemrograman, mengoperasikan Microsoft Excel, dan SQL. 

Demikianlah penjelasan tentang jurusan Sistem Informasi dan prospek kerja yang bisa menjadi pilihan. Jika kamu merupakan lulusan jurusan Sistem Informasi, kamu bisa memilih di antara profesi yang telah dijelaskan. 

bootcamp data analyst
Bootcamp Data Analyst

Akan tetapi, jika kamu tertarik dengan salah satu profesi tersebut, namun kamu bukan lulusan jurusan Sistem Informasi, hal itu tidaklah mengapa. Kamu masih punya kesempatan untuk bekerja di bidang data. Profesi di bidang data bisa dipelajari di platform e-learning, tidak harus di bangku kuliah. Buktinya, banyak orang yang sukses bekerja di bidang data, tanpa mempunyai latar belakang di bidang data sebelumnya. 

Misalnya saja jika kamu tertarik untuk menjadi seorang data analyst, kamu bisa mengikuti Bootcamp Data Analytics di Kuncie. Dengan mengikuti bootcamp, kamu bisa belajar secara terstruktur dan intensif. Kamu juga akan diajar dan dibimbing oleh mentor yang berpengalaman. Selain itu, kamu bisa memperluas koneksi dengan para peserta bootcamp. Sistem belajarnya pun fleksibel dan hemat waktu. Kamu bisa menjadi seorang data analyst dengan cepat dan punya kualitas untuk bersaing di dunia kerja!

Posted 
 in 
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

 category

View All
No items found.