Kamu pernah dengar istilah statistika? Statistika adalah sebuah ilmu yang mempelajari bagaimana cara merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, lalu menginterpretasikan, dan akhirnya mempresentasikan data.  Pada umumnya, statistika direpresentasikan menggunakan diagram atau tabel. 

Dalam kehidupan sehari-hari, pasti kamu sering menemukan diagram dan tabel, bukan? Hal itu karena diagram dan tabel dapat membantu mempermudah kita dalam memahami sesuatu. Misalnya saja diagram umur dan jenis kelamin pada bidang data kependudukan. 

Karena bermanfaat bagi kehidupan manusia, orang yang menguasai ilmu statistika sangat dibutuhkan. Maka dari itu, Jurusan Statistika punya prospek kerja yang cerah. Apakah kamu penasaran, apa saja pilihan profesi bagi lulusan Jurusan Statistika? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

bootcamp data analytics

Apa Yang Akan Dipelajari Jurusan Statistika

Sebelum kita membahas prospek kerja lulusan ilmu statistik, mari kita mengenal jurusan ini secara lebih mendalam terlebih dahulu. Apa sih, yang dipelajari di ilmu cabang matematika ini?

Mata kuliah yang umumnya dipelajari di Jurusan Statistika adalah kalkulus, metode numerik, metode survei sampel, analisis regresi, komputasi statistika, proses stokastik, statistika nonparametrik, statistika multivariat, analisis data kategori, analisis runtun waktu, dan teknik simulasi.

Sedangkan, menurut University of Toronto, ilmu statistika mengidentifikasi hubungan dan trend dalam data serta faktor yang dapat mempengaruhi hasil penelitian; melaporkan hasil analisis statistik dalam bentuk grafik, bagan, dan tabel; menganalisis dan menafsirkan data statistik untuk mengidentifikasi perbedaan signifikan dalam hubungan.

Selain itu, ilmu statistika juga mengadaptasi metode statistik untuk memecahkan masalah spesifik di banyak bidang; mengembangkan aplikasi, software, atau pemrograman yang digunakan untuk pemodelan statistik; mengembangkan dan menguji desain eksperimen, teknik pengambilan sampel, dan metode analisis.

Lebih lanjut, ilmu statistika menyiapkan data untuk diproses dengan mengatur informasi, memeriksa ketidakakuratan, dan menyesuaikan bobot pada data mentah; merencanakan metode pengumpulan data untuk proyek tertentu dan menentukan kelompok sampel; memproses data dalam jumlah besar untuk pemodelan statistik dan analisis grafik melalui komputer; mengevaluasi metode dan prosedur analitis untuk validitas, penerapan efisiensi, dan akurasi. 

Prospek Kerja Jurusan Statistika

prospek kerja jurusan statistika

Data Analyst

Tugas utama seorang data analyst adalah mengumpulkan, mengolah, dan menerjemahkan data ke bentuk yang dimengerti user. Nah, agar hasil analisis data bisa mudah dimengerti, bahkan oleh orang awam sekali pun, dilakukanlah visualisasi data. 

Skill yang harus dikuasai data analyst adalah yang pertama tentu saja statistik, lalu matematika, dan pemahaman terkait bisnis model. Sedangkan, tools yang dipakai biasanya adalah SQL, Microsoft Excel, Tableau, dan PowerBI. 

Data Scientist

Tugas utama seorang data scientist adalah menyelesaikan masalah perusahaan menggunakan data dan machine learning. Nantinya akan dihasilkan sebuah insight yang bisa dipakai pemimpin untuk mengambil keputusan. 

Skill yang harus dikuasai data scientist adalah sama seperti data analyst, yaitu statistik dan matematika. Namun, ada skill tambahan yang harus dikuasai yaitu pemrograman. Biasanya tools yang dipakai adalah SQL, R-Studio, Python, dan Scala. 

Data Engineer

Tugas utama seorang data engineer adalah membangun suatu infrastruktur untuk data-data yang sudah dikumpulkan dan diolah oleh data analyst dan data scientist. Output-nya adalah sebuah platform atau database.

Skill yang harus dikuasai data engineer adalah logika matematika, programming, big data, dan cloud. Sedangkan, tools yang biasa dipakai adalah SQL, NoSQL, Python, Java, dan Cloud Vendor yang dipakai oleh perusahaan. 

Aktuaris 

Aktuaris bertugas sebagai ahli di bidang manajemen risiko serta ketidakpastian dalam bidang usaha. Seorang aktuaris bisa berkarier di sektor keuangan, perusahaan investasi, dan perusahaan asuransi. Misalnya saja untuk mempelajari tingkat kematian individu pada usia tertentu, sehingga bisa membantu perusahaan dalam memahami jangka waktu pembayaran asuransi. 

Market Researcher

Tugas market researcher adalah menganalisis kondisi industri untuk memperkirakan penjualan produk dan layanan. Mereka juga bertugas memantau dan meneliti pasar secara kuantitatif maupun kualitatif, agar hasilnya bisa dijadikan pijakan untuk membuat strategi pemasaran. Tidak ketinggalan, mereka juga mengevaluasi hasil kampanye pemasaran. 

Badan Pusat Statistik

Menurut bps.go.id, Badan Pusat Statistik (BPS) lembaga pemerintah non kementerian yang bertanggung jawab langsung kepada presiden. Menurut Peraturan Presiden, BPS melakukan tugas pemerintahan di bidang statistik sesuai peraturan perundang-undangan. 

Sedangkan, fungsi BPS di antaranya adalah, pengkajian, penyusunan, dan perumusan kebijakan di bidang statistik; pengkoordinasian kegiatan statistik nasional dan regional; penetapan dan penyelenggaraan statistik dasar; penetapan sistem statistik nasional; dan pembinaan dan fasilitasi terhadap kegiatan instansi pemerintah di bidang kegiatan statistik. 

  

Lembaga Survei

Kamu pernah melihat quick count hasil pemilu? Itu adalah salah satu hasil kerja dari lembaga survei. Di Indonesia ada banyak lembaga survei, contohnya saja Lembaga Survei Indonesia (LSI), sehingga peluang untuk bekerja di lembaga tersebut terbuka lebar. Selain politik, lembaga survei juga melakukan banyak penelitian di bidang lainnya. 

Kampus Terbaik untuk Belajar Statistik

Sekolah Tinggi Ilmu Statistika (STIS)

STIS atau Politeknik Statistika adalah salah satu sekolah kedinasan yang dikelola pemerintah. Sekolah tinggi ini mempelajari ilmu statistika secara khusus. Pembinaannya dilaksanakan oleh Kepala BPS. Sama seperti sekolah kedinasan lainnya, lulusan kampus ini tentu saja akan menjadi seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS).

Universitas Indonesia (UI)

Meskipun STIS mempelajari ilmu statistika secara khusus, bukan berarti kampus lain tidak memiliki Jurusan Statistika yang unggul. Banyak kampus di Indonesia yang punya Jurusan Statistika dengan kualitas jempolan, salah satunya adalah Universitas Indonesia. Visi mereka adalah tidak hanya memiliki lulusan yang diakui secara nasional, namun juga internasional.

Universitas Gadjah Mada (UGM)

Selain Universitas Indonesia, UGM juga punya Program Studi Statistika yang sudah mendapat akreditasi unggul. Jurusan tersebut juga sudah ada di Departemen Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) sejak tahun 1987. Maka dari itu, sudah cukup berkembang dan menghasilkan banyak lulusan yang berkualitas. 

Meskipun banyak kampus yang menyediakan Jurusan Statistika, untuk berkarier di bidang statistik seperti data analyst, kamu tidak harus punya latar belakang pendidikan statistika. Sejatinya, Ilmu statistika dasar telah kita pelajari di bangku SMP dan SMA. Maka dari itu, peluang untuk bekerja di bidang data masih terbuka lebar. 

Kamu bisa berkarier di bidang data dengan belajar di program pembelajaran seperti bootcamp. Kuncie sendiri mengadakan Bootcamp Data Analyst bagi kamu yang tertarik berkarier di bidang data. Di bootcamp, kamu akan dibimbing ahli yang berpengalaman secara intensif, sehingga bisa menjadi calon pekerja di bidang data yang unggul dan punya daya saing.

Posted 
Sep 16, 2022
 in 
Upskilling
 category
This is some text inside of a div block.

More from 

Upskilling

 category

View All