D

alam menjalankan sebuah bisnis, menyusun strategi bisnis menjadi hal yang sangat penting. Strategi bisnis harus dirumuskan sejak awal, bahkan sebelum bisnis mulai dijalankan.

Secara umum, strategi bisnis mendefinisikan pendekatan, taktik, serta rencana strategis agar bisnismu bisa mencapai tujuan yang telah ditentukan. Untuk itu, penting bagi setiap pelaku usaha untuk memahami apa itu strategi pengembangan bisnis dan bagaimana cara menyusunnya.

Secara singkat, strategi bisnis dapat diartikan sebagai serangkaian keputusan dan tindakan yang diambil oleh perusahaan untuk mencapai tujuan bisnisnya. Setiap tindakan harus terintegrasi dan tidak boleh saling tumpang tindih. Hal ini dilakukan demi membangun keunggulan perusahaan dalam persaingan bisnis.

5 Strategi Bisnis untuk Kembangkan Usaha

Sebagai pelaku usaha, kamu tentu ingin bisnismu berkembang menjadi besar. Setiap upaya yang dilakukan diharapkan bisa membawamu lebih dekat pada hal tersebut. Namun tanpa jenis strategi bisnis yang tepat, harapan tersebut hanya akan menjadi mimpi yang tidak akan pernah terwujud. Ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk mengembangkan sebuah bisnis. Agar bisnismu lebih berkembang, berikut beberapa strategi yang bisa dicoba.

  1. Kenali Target Pasar

Siapa orang yang akan membeli produk atau jasa yang kamu tawarkan? Kamu mungkin memiliki produk atau jasa yang bagus secara kualitas. Tapi kalau tidak ada yang membutuhkan atau mau menggunakan, semua itu tidak akan bisa menghasilkan keuntungan.

Dalam bisnis, mengenali target pasar adalah hal yang sangat penting. Namun untuk memahami siapa target pasarmu, kamu juga perlu menempatkan diri sebagai konsumen. Setidaknya, pikirkan apakah kamu membutuhkan produk atau jasa yang kamu tawarkan.

Target pasar ini dapat dibagi dalam beberapa kategori. Misalnya saja dari segi kelas ekonomi, target pasar dapat dibagi menjadi ekonomi bawah, tengah dan atas. Setiap kelas memiliki karakternya masing-masing. Hal tersebut juga berlaku untuk kategori lain, misalnya gender, usia atau tingkat pendidikan.

  1. Inovasi dan Kreativitas

Dunia terus berubah. Selera pasar juga demikian. Apa yang populer saat ini belum tentu akan populer di masa yang akan datang. Agar bisnis bisa terus berjalan hingga nanti, inovasi adalah harga mati.

Seorang pelaku usaha harus aktif berinovasi. Inovasi inilah yang menggerakkan perusahaan untuk melaju ke depan. Tanpa inovasi, rasanya sulit untuk bertahan di zaman yang terus berubah.

Untuk bisa berinovasi, kamu butuh yang namanya kreativitas. Namun di sisi lain, kreativitas juga harus dikontrol dengan baik. Inovasi yang dibuat harus selaras dengan perubahan pasar. Untuk itu, kamu juga harus peka terhadap perubahan yang tengah terjadi.

  1. Buat Rencana ke Depan

Kamu tidak bisa mengembangkan usaha tanpa memiliki rencana bisnis yang jelas. Namun untuk membuat sebuah rencana, kamu juga harus tahu apa yang ingin dituju. Tujuan inilah yang akan menentukan rencana seperti apa yang paling tepat untuk dijalankan.

Sebagai contoh, jika kamu ingin bisnis warung makanmu berkembang dan memiliki 2 cabang baru, rencana yang dibuat harus mendukung tujuan tersebut. Apa saja yang perlu dilakukan agar bisa membuka 2 cabang baru? Inilah pertanyaan paling mendasar yang harus dijawab saat membuat rencana bisnis.

Meski dibuat dengan menggunakan data, rencana bisnis tidak bisa sepenuhnya lepas dari asumsi. Padahal, asumsi tidak selalu merepresentasikan realita di lapangan nanti. Rencana bisnis sebaiknya dibuat secara garis besar saja.

Kamu tidak perlu membuatnya dengan sangat detail dengan langkah-langkah yang terperinci. Ingat, kondisi di lapangan bisa saja sangat berbeda dengan bayanganmu sebelumnya. Untuk itu, kamu juga harus siap berimprovisasi.

  1. Strategi Pemasaran

Kamu mungkin memiliki produk yang kualitasnya tinggi. Tapi kalau tidak ada yang tahu kalau produkmu itu benar-benar ada, tidak akan ada yang membeli. Selain itu, apapun bisnisnya, kompetitor pasti akan selalu ada. Jadi agar bisnismu terlihat lebih menonjol, kamu harus memiliki strategi pemasaran yang tepat.

Strategi pemasaran bisa dibuat setelah kamu menentukan target pasar. Berbekal profil target pasar, kamu bisa mengetahui apa yang menarik bagi target pasar tersebut. Inilah yang kemudian dikembangkan untuk merancang strategi pemasaran.

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat membuat strategi pemasaran. Misalnya saja seperti media yang digunakan dan jenis konten yang dibuat. Cara dalam menyampaikan pesan juga harus disesuaikan dengan target pasarmu. Dalam hal ini, carilah cara yang paling menarik dan paling mudah mereka terima.

  1. Manfaatkan Teknologi

Pemanfaatan teknologi dapat meningkatkan efisiensi. Dengan pemanfaatan teknologi yang tepat, efektivitas kerja juga turut meningkat. Teknologi dapat mengotomatisasi proses-proses yang berulang. Dalam pemasaran, teknologi juga bisa membantu menjangkau pasar yang lebih luas.

Namun agar pemanfaatan teknologi lebih optimal, sebelumnya pastikan bisnismu sudah tersistem dengan baik. Kamu memang bisa menjalankan bisnis tanpa strategi bisnis. Namun tanpa strategi, sulit untuk mengembangkan bisnis menjadi lebih besar. Strategi bisnis inilah yang akan membantu menentukan arah pengembangan bisnis.

Dengan menerapkan strategi bisnis yang tepat, kamu bisa mengembangkan bisnis dengan lebih baik. Strategi bisnis dapat membantu menentukan arah perusahaan. Mulai dari mengidentifikasi pasar, pelanggan hingga pesaing, semua dapat dilakukan dengan berbekal strategi bisnis yang matang.

Strategi bisnis merupakan hal penting dan perlu juga didukung dengan berbagai hal penting lainnya dalam menjalankan bisnis agar selalu lancar. Nah, buat kamu yang ingin mendapatkan rahasia sukses lainnya dalam berbisnis, Kuncie bisa menjadi pilihanmu!

Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun. Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi halaman website Kuncie sekarang! 


Referensi:

gobiz.co.id/pusat-pengetahuan/strategi-bisnis/

jurnal.id/id/blog/strategi-bisnis-untuk-mencapai-keuntungan-maksimal/

blog.investree.id/bisnis/5-strategi-bisnis-tetap-bertumbuh-di-tengah-pandemi-covid-19-95/

harmony.co.id/blog/5-jenis-strategi-bisnis-dasar-yang-efektif

Diakses pada: 31 Agustus 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All