B

agi seorang pelaku bisnis online, branding sangat penting untuk dilakukan karena dapat membuat bisnis yang dijalankan semakin berkembang. Ada beberapa trik jitu branding supaya bisnis online yang kamu rintis bisa meroket tajam.

Untuk urusan bisnis online, penerapan digital branding apik adalah kunci sukses yang tak bisa dibantah. Pasalnya, kini sudah zaman serba digital di mana mayoritas masyarakat memiliki akses internet untukkegiatan sehari-hari.

Sebagai pemilik bisnis online, kamu pun tidak boleh ketinggalan menerapkan strategi branding yang apik. Ini perlu dilakukan supaya produk atau jasa yang kamu tawarkan mendapat tempat di benak calon konsumen, atau syukur-syukur bisa menjadi top of mind di kala mereka membutuhkan sesuatu.

Apa yang dimaksud dengan strategi Branding?

Supaya tidak lagi gagap dalam penerapannya, sebaiknya lebih dulu pahami dengan baik definisi dari branding. Jadi, branding merupakan proses kreatif guna menyampaikan informasi kepada audiens mengenai bisnis kamu, sehingga menghasilkan kesan mendalam bagi audiens. Sebelum menerapkan strategi branding,sebaiknya kamu memiliki jawaban dari pertanyaan-pertanyaan berikut ini:

●     Apa bisnis yang kamu punya?

●     Apa yang membuat bisnis kamu unik dibanding bisnis yang lain?

●     Apa tujuan dan misinya?

●     Apa nilai-nilai yang bisnis kamu punya?

●     Siapa pelanggan ideal/target pasarnya? 

Menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut perlu dilakukan supaya bisa menciptakan strategi branding yang tepat dan ideal. Kamu pun akan memiliki pedoman berbisnis yang sudah pasti.

Di era informasi seperti sekarang ini, digital branding menjadi alat jitu untuk memberi tahu audiens produk atau jasa apa yang kamu tawarkan. Digital branding sendiri merupakan usaha membangun brand secara online di platform digital seperti media sosial, aplikasi, website, dan lain sebagainya.

Dengan menggunakan strategi digital branding,kamu bakal menjadi lebih mudah memberi tahu audiens soal eksistensi bisnis.Melalui platform online, berbagai strategi pemasaran akan lebih mudah dan efisien.

Kenapa Harus Memprioritaskan Digital Branding?

Digital branding menjadi penting di tengah era digital seperti sekarang ini. Ada banyak manfaat jika bisnis kamu memprioritaskan digital branding.

●     Brand Jadi Lebih Mudah Diingat

Media sosial bisa dipakai sebagai media pemasaran bisnis online kamu. Jangan juga lupa untuk memantau tren yang sedang berlangsung di jagad maya supaya memahami apa yang perlu dieksekusi.

●     Berinteraksi Secara Aktif

Strategi pemasaran secara digital memungkinkan bisnis berinteraksi langsung dengan konsumen. Dengan begini, ikatan emosional akan terjalin dan terbangun dengan sendirinya.

●     Perluas Jaringan

Jika memiliki digital branding yang kuat, konsumen akan lebih dekat dengan produk atau layanan kamu. Selain itu, aktif di dunia digital juga memungkinkan kamu menjalin relasi dengan relasi bisnis yang memiliki visi dan misi serupa.

●     Bisnis Jadi Viral

Inilah yang diidam-idamkan para pelaku bisnis online yaitu viral. Meskipun terkadang yang menyebabkan suatu hal menjadi viral adalah keberuntungan, bukan tidak mungkin produk yang kamu tawarkan menjadi viral karena banyak dipakai oleh konsumen.

Nah, supaya produk atau layanan yang bisnis kamu tawarkan semakin mudah diingat oleh calon konsumen, berikut tips-tips strategi branding yang pas untuk bisnis online! 

1.      Kenali Target Pasar

Seperti yang sudah disebutkan di atas, penting untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan esensial termasuk siapa target pasar yang kamu tuju. Yang bisa kamu lakukan pertama kali adalah dengan membuat segmentasi konsumen berdasarkan usia, jenis kelamin,domisili, sampai profil detail seperti profesi dan status pernikahan.

Untuk mengetahui target pasar, salah satu metode yang bisa dilakukan adalah menggunakan STP yaitu segmenting, targeting, dan positioning. Dengan begitu, kamu akan mampu mengevaluasi kebiasaan belanja dari calon konsumen.

2.      Buat Brand Identity

Setelah mengenali target pasar dan memahami kebiasaan belanjanya, yang perlu dilakukan berikutnya adalah membuat brand identity.Membuat brand identity perlu dilakukan supaya konsumen bisa mengenal produk atau layanan yang kamu tawarkan layaknya karakteristik manusia.

Brand identity dapat dibentuk lewat logo/simbol, nama, iklan, warna, desain, istilah, tagline, hingga istilah yang biasa dipakai dalam setiap komunikasi eksternal. Brand identity yang baik dan relevan dengan target pasar, akan menjadi lebih dekat dengan konsumen.

3.      Pesan Brand

Sebagai brand, bisnis kamu perlu menyampaikan pesan atau iklan lewat platform yang digunakan sehari-hari oleh konsumen. Sekarang sudah banyak media yang dapat dipakai untuk menyampaikan pesan dari bisnis kamu.

Karena dalam kasus ini kamu sedang menjalankan bisnis online, tentunya kamu perlu menyampaikan komunikasi lewat media digital seperti website, media sosial, aplikasi, dan lain-lain.

4.      Optimalkan Channel Digital

Ada banyak channel digital yang bisa kamu manfaatkan ketika sedang merintis bisnis online seperti media sosial. Atau bisa juga menggunakan platform e-commerce. Sebisa mungkin memanfaatkan channel digital tersebut untuk meningkatkan brand awareness bisnis online kamu.

Untuk media sosial, buatlah kalender konten yang merupakan jadwal untuk membuat dan posting konten untuk membawa pesan bisnis untuk calon konsumen. Kalau memungkinkan, buat juga video yang berisi video interaktif dan rich content untuk semakin meyakinkan konsumen.

Dengan strategi branding yang tepat, bisnis kamu dapat lebih dikenal oleh masyarakat luas. Ditambah dengan strategi promosi yang juga tepat, maka bisnis kamu bisa berkembang dengan pesat.

Nah, buat kamu yang sedang menjalankan bisnis, kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu bersama Kuncie. Di Kuncie, kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi website Kuncie  sekarang!

 

 

Referensi:

dreambox.id/blog/5-strategi-branding-penting-untuk-bisnis-online-anda/

merchant.id/mindset/10-strategi-efektif-untuk-membangun-brand-untuk-bisnis-online/

niagahoster.co.id/blog/digital-branding/

jubelio.com/2020/4-langkah-strategi-branding-untuk-memulai-bisnis-online/

Diakses pada: 9 September 2021

Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All