P

emasaran produk adalah hal yang sangat penting dalam berbisnis. Ada banyak strategi pemasaran produk yang dapat diterapkan oleh para pengusaha maupun perusahaan di jaman yang serba canggih seperti sekarang ini. Meski demikian, beda perusahaan, beda juga cara memasarkan produk yang bisa diterapkan. Untuk itu, penting untuk membuat strategi pemasaran yang sesuai dengan perusahaan.

Pentingnya Strategi Pemasaran Produk Bagi Perusahaan

Tidak peduli sebaik apa kualitas produk yang kamu jual, hal tersebut tidak akan banyak berarti jika tidak ada yang tahu eksistensi produk tersebut. Di sinilah peran pemasaran. Dengan pemasaran, orang bisa tahu produkmu.

Tujuan pemasaran pada dasarnya untuk menarik perhatian orang. Saat orang tertarik, mereka akan mencari tahu lebih banyak tentang produk yang ditawarkan. Jika tahu saja tidak, rasanya mustahil membuat orang mau membeli produkmu. Itulah kenapa pemasaran sangat penting bagi sebuah perusahaan.

Bagaimana Menentukan Strategi Pemasaran yang Efektif untuk Bisnis

Perlu dipahami, tidak ada strategi baku untuk pemasaran. Semua tergantung pada beberapa parameter. Produk yang berbeda butuh strategi pemasaran yang berbeda. Cara yang sukses diterapkan oleh perusahaan tertentu belum tentu memberi hasil yang sama saat diadopsi oleh perusahaan lain.

Ada beberapa komponen yang bisa membantu menentukan strategi pemasaran yang efektif untuk bisnis. Beberapa diantaranya adalah produk itu sendiri dan target pasar yang diincar. Selain itu, evaluasi juga harus dilakukan secara konsisten. Karena pasar terus berubah, perbaikan juga harus terus dilakukan.

5 Strategi Pemasaran Produk yang Efektif untuk Bisnis

Membuat strategi pemasaran produk memang tidak mudah. Meski ada banyak contoh strategi pemasaran produk di luar sana, kamu tidak bisa sekedar meniru dan memodifikasinya begitu saja. Untuk membantu merancang strategi pemasaran yang tepat, berikut tips yang bisa kamu coba terapkan.

  1. Kenali Target Market

Sebelum memasarkan sebuah produk, hal pertama yang harus diperhatikan adalah siapa target market yang diincar. Kamu harus menentukan target pasar dari produk tersebut. Saat mencari target market, pertimbangkan siapa saja yang kemungkinan membutuhkan produk tersebut.

Setelah menentukan target market, kamu bisa mulai mengenal lebih dalam target tersebut. Ada beberapa parameter yang perlu diperhatikan di sini, mulai dari yang paling umum, seperti gender dan usia hingga ke hal-hal yang lebih spesifik seperti kelas ekonomi, profesi dan minat.

Kamu bisa membuat profil target market untuk lebih memudahkan. Dengan lebih mengenal target market, kamu akan lebih mudah merancang strategi pemasaran yang dapat menarik perhatian mereka.

  1. Digital Marketing

Pemasaran digital atau digital marketing sudah bukan hal yang baru lagi dalam dunia bisnis. Penerapannya juga demikian. Mengingat hampir semua pelaku bisnis sudah menerapkannya, menerapkan strategi digital marketing kini bukan lagi sekedar pilihan.

Kamu harus ikut menerapkannya jika ingin memenangkan persaingan. Digital marketing tidak hanya sebatas melakukan promosi di media sosial atau aplikasi instant messenger. Search Engine Optimization (SEO) juga termasuk di dalamnya.

Pemasaran media sosial atau Social Media Marketing (SEM) juga harus dikonsep dengan baik. Karena karakter yang berbeda, pemasaran melalui media sosial biasanya dilakukan dengan membuat konten-konten yang menarik dan lebih soft selling.

  1. Manfaatkan Influencer

Peran influencer dalam pemasaran terbilang besar. Jumlah follower-nya juga banyak. Dengan pengaruh seperti itu, pemasaran dengan influencer seakan sudah menjadi hal yang biasa.

Mengingat pengaruh influencer yang besar, kamu sebaiknya berhati-hati dalam menentukan siapa yang akan diajak kerja sama. Setidaknya, pilihlah influencer yang “nyambung” dengan produkmu. Jumlah follower memang perlu dipertimbangkan. Meski demikian, kamu juga harus ingat kalau jumlah follower atau subscriber tidak selalu berbanding lurus dengan pengaruh influencer tersebut.

Lakukan riset mendalam untuk menemukan influencer yang tepat. Karena influencer bergerak di ranah media sosial, sebaiknya hindari pemasaran yang hard selling. Buatlah konsep yang natural namun tetap bisa membuat orang merasa penasaran.

  1. Coba Giveaway

Untuk menarik perhatian orang, cobalah untuk melakukan giveaway. Namun karena giveaway di sini adalah bagian dari pemasaran, pastikan jangan hanya sekedar memberi barang secara cuma-cuma. Buatlah konsep giveaway yang bisa membantu memasarkan produkmu.

Konsep giveaway sebaiknya dibuat agar lebih natural. Idenya di sini adalah menerapkan strategi pemasaran dari mulut ke mulut. Karena itu, usahakan agar tidak terkesan terlalu “mempromosikan”.

  1. Jalin Hubungan Baik dengan Pelanggan

Karena terlalu fokus pada akuisisi pelanggan baru, cukup banyak pelaku bisnis yang justru mengabaikan pelanggan lama. Padahal dari pelanggan lama inilah konsistensi pendapatan perusahaan sebenarnya berasal. Hubungan baik dengan pelanggan adalah investasi jangka panjang.

Saat pelanggan merasa nyaman, mereka cenderung loyal dan konsisten membeli produkmu. Pelanggan seperti ini jelas harus dijaga agar tidak pindah ke merek lain. Jalin hubungan baik dengan mereka. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjalin hubungan seperti ini. Misalnya saja dengan membuat konten interaktif atau dengan program loyalitas pelanggan.

Strategi pemasaran produk yang terkonsep dengan baik akan menarik calon pembeli potensial sekaligus mempertahankan pelanggan lama. Didukung dengan strategi bisnis yang tepat secara keseluruhan, maka kamu bisa mengembangkan bisnis lebih besar lagi.

Nah, buat kamu, para pebisnis, yang ingin bisnismu semakin berkembang? Kamu bisa mendapatkan tips dan trik dalam menjalankan dan mengembangkan bisnismu bersama Kuncie, di mana kamu bisa belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi halaman website Kuncie sekarang!



Referensi:

daya.id/usaha/artikel-daya/pemasaran/jenis-strategi-pemasaran-produk-yang-efektif-dijalankan

xendit.co/id/blog/strategi-pemasaran-produk-yang-efisien/

harmony.co.id/blog/7-strategi-pemasaran-produk-yang-efektif-dan-efisien

accurate.id/marketing-manajemen/strategi-pemasaran-produk-efektif/

jurnal.id/id/blog/strategi-pemasaran-produk-yang-harus-anda-coba/

Diakses pada: 31 Agustus 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All