W

ord of Mouth (WOM) menjadi salah satu strategi pemasaran yang dianggap efektif untuk menggaet konsumen baru. Selain itu, WOM pun mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk dari bisnis tersebut. Di era digital seperti sekarang ini, WOM memiliki peranan yang penting untuk perkembangan suatu bisnis.

Word of Mouth (WOM) menjadi salah satu strategi pemasaran yang dianggap efektif untuk menggaet konsumen baru. Selain itu, WOM pun mampu meyakinkan mereka untuk membeli produk dari bisnis tersebut. Di era digital seperti sekarang ini, WOM memiliki peranan yang penting untuk perkembangan suatu bisnis.

Bahkan, kebanyakan konsumen mengandalkan feedback positif di Internet sebelum mereka memutuskan untuk mempercayai suatu bisnis. Lantas, apakah yang dimaksud dengan Word of Mouth itu? Bagaimana cara WOM membantu bisnis kamu untuk berkembang di era digital dan di tengah persaingan bisnis yang semakin ketat?

Pengertian Word of Mouth

Menurut Word of Mouth Marketing Association (WOMMA), WOM merupakan upaya pemasaran yang mengandalkan konsumen untuk membicarakan, mempromosikan, merekomendasikan, dan menjual produk/merek kepada calon pelanggan lainnya. Sedangkan menurut Kotler dan Keller, WOM adalah upaya komunikasi tertulis, lisan, dan elektronik antar masyarakat yang terkait dengan pengalaman membeli atau menggunakan suatu produk.

Dari penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa word of mouth mengandalkan review atau rekomendasi dari konsumen lain. Review tersebut bisa dihasilkan dari komunikasi secara personal atau melalui media lain baik secara lisan maupun tertulis. Review tersebut biasanya bersifat persuasi dan meyakinkan yang berisi hal-hal positif dari suatu bisnis.


Sementara itu, menurut Sernovitz, terdapat lima elemen dasar dalam word of mouth yang disebut sebagai 5T. Artinya:

  • Talker (pembicara), konsumen yang membicarakan tentang suatu produk atau merek, dikenal juga sebagai influencer.
  • Topic (topik); berkaitan dengan apa yang dibicarakan oleh Talker, berupa diskon, tawaran spesial, produk baru, pelayanan yang memuaskan, dll.
  • Tool (alat); alat penyebaran Topic yang digunakan oleh Talker sehingga informasi tersebut bisa tersebar.
  • Talking part (partisipasi); kelompok orang yang berpartisipasi dalam percakapan sehingga usaha word of mouth akan terus berlangsung.
  • Tracking (pengawasan); tindakan suatu bisnis untuk mengawasi respon konsumen sehingga mereka dapat mempelajari feedback negatif atau positif dari konsumen.

Kemajuan teknologi tentunya bisa dimanfaatkan untuk menjalankan strategi word of mouth. Berbeda dari cari tradisional di mana rekomendasi diberikan pada orang terdekat saja, WOM di era digital bisa menjangkau lebih dari itu.

Kamu bisa memanfaatkan platform online seperti website, media sosial, fitur review di marketplace, dll. Asalkan produk yang kamu tawarkan memberikan kepuasan agar mereka tidak keberatan untuk memberikan review positif dan rekomendasi pada orang lain.


Keuntungan Word of Mouth bagi Suatu Bisnis

Berikut ini keuntungan yang bisa kamu dapatkan dari strategi word of mouth sebagai sumber informasi untuk mempengaruhi keputusan pembelian.


  1. Berlangsung Terus-Menerus

Setiap konsumen yang merekomendasikan produk kamu, mereka berpotensi untuk menarik calon konsumen baru. Itu sebabnya, word of mouth merupakan strategi pemasaran yang berlangsung terus-menerus selama konsumen selalu puas dengan produk yang kamu tawarkan. Selain itu, ulasan pun akan terus bertambah asalkan produk tersebut laku terjual.


  1. Mampu Mempengaruhi Konsumen

Jika banyak konsumen yang menyukai produk kamu, semakin besar pula kesempatan bagi mereka untuk mempengaruhi orang lain agar membeli produkmu. Ingat ya, word of mouth menjadi faktor penting yang dapat mempengaruhi keputusan calon konsumen dalam membeli produk.


  1. Membantu Bisnis Baru

Word of mouth bisa menjadi jurus pemasaran jitu dengan biaya yang minim. Bahkan, 85% pelaku bisnis kecil menganggap WOM sebagai strategi pemasaran paling efektif untuk menggaet konsumen. Untuk bisnis yang baru dirintis dengan budget yang terbatas, strategi ini merupakan strategi efektif yang perlu diperhitungkan.

Itulah beberapa keuntungan dalam menjalankan strategi word of mouth. Nah, untuk mendapatkan keuntungan tersebut, ada beberapa tips yang perlu kamu terapkan. Apa saja tipsnya?


Tips Efektif dalam Melakukan Strategi Word of Mouth

Agar kamu meraih word of mouth yang positif dari pelanggan, perhatikan strategi berikut ini:


  1. Beri Layanan Terbaik

Bagi setiap bisnis, kepuasan konsumen sangatlah penting. Bisnis kamu pun akan mendapatkan loyalitas konsumen dengan memberikan kesan dan pengalaman terbaik. Selain loyalitas, mereka dengan senang hati akan memberikan rekomendasi pada keluarga, teman, kerabat, atau rekan kerja. Jadi, hadirkan produk berkualitas terbaik dan berikan layanan yang cepat dan sesuai harapan konsumen. Dengan begitu, strategi word of mouth pun dapat menguntungkan bisnis kamu.


  1. Siapkan Media Komunikasi

Agar strategi word of mouth dapat bekerja, berikan ruang untuk berkomunikasi pada konsumen. Melalui media tersebut, mereka dapat memberikan masukan atau review terhadap bisnis kamu dengan mudah. Tidak hanya menyediakan aplikasi chat atau kontak telepon saja, kamu juga bisa menyediakan fitur ulasan dan menyediakan kolom masukan yang bisa dilihat oleh banyak orang.


  1. Libatkan Pelanggan pada Media Sosial

Mention atau tag konsumen yang telah menggunakan produk kamu di media sosial. Jangan lupa untuk memberikan ucapan terima kasih karena mereka telah menggunakan produk kamu. Mereka pun akan merasa senang karena merasa dilibatkan dalam bisnis kamu. Word of mouth dari mereka pun akan membuka peluang untuk mendapatkan konsumen baru.


  1. Konsep Bisnis yang Out of the Box

Karena persaingan bisnis yang semakin ketat, kamu perlu menghadirkan konsep yang out of the box untuk menarik perhatian audiens. Pastikan kamu mengikut tren bisnis kekinian untuk mencari konsep yang berbeda dari yang lain. Bila menarik perhatian konsumen, word of mouth dari mereka akan membuat bisnismu semakin populer.

Bingung cari konsep bisnis yang out of the box? Atau kamu perlu strategi pemasaran lain untuk mengembangkan bisnis? Yuk, perkaya pengetahuan bisnismu dan dapatkan berbagai macam tips dan rahasia sukses untuk berbisnis bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!


Referensi:

accurate.id/marketing-manajemen/word-of-mouth-adalah/

goukm.id/pengertian-word-mouth-marketing/

glints.com/id/lowongan/word-of-mouth-adalah/#.YdQMVRPP1hA

kajianpustaka.com/2017/11/pengertian-manfaat-dan-elemen-word-of-mouth-wow.html

jurnal.id/id/blog/2017-5-tips-menjalankan-strategi-word-of-mouth-dengan-baik/

idcloudhost.com/

niagahoster.co.id/blog/word-of-mouth-adalah/

Diakses pada: 27 Januari 2022





Posted 
 in 
Strategi Bisnis
 category

More from 

Strategi Bisnis

 category

View All