S

aat ini memang belum banyak yang menyadari manfaat bisnis berkelanjutan, baik bagi perusahaan maupun kelangsungan hidup manusia. Untungnya, gagasan tentang bisnis berkelanjutan atau sustainable business semakin banyak diterapkan oleh perusahaan di Indonesia. Meski angkanya masih di 40%, kecenderungan untuk meningkat masih ada.


Gagasan ini pun membangkitkan secercah harapan. Dengan semakin banyaknya perusahaan yang menerapkan konsep bisnis berkelanjutan, masa depan bumi dan manusia akan semakin terjamin.

Dapatkan Modal Usaha Dari Kuncie dan KoinWorks

cari modal usaha

Mau mengembangkan bisnismu namun tidak memiliki modal? Belajar di Kuncie, bisa dapat modal usaha! Daftarkan diri kamu di Kelas Cari Modal dan kamu berkesempatan untuk dapat pinjaman modal usaha sekaligus kelas pengembangan bisnis bersama mentor berpengalaman.

Dapatkan Modal Usaha!


Apa Itu Sustainable Business?

Sustainable business pada dasarnya terdiri dari dua kata, yakni sustainable yang berarti berkelanjutan dan business yang berarti bisnis. Mengacu pada dua kata tersebut, secara harfiah sustainable business bisa diartikan sebagai bisnis yang berkelanjutan, baik dalam menghasilkan manfaat jangka pendek maupun jangka panjang.


Manfaat yang dimaksud disini tidak hanya berhenti pada keuntungan materi atau profit. Sebuah bisnis baru bisa dikatakan sustainable jika perusahaan tersebut mampu mencapai tujuan bisnisnya, meningkatkan nilai dalam jangka panjang dan secara konsisten mampu menjaga itu semua.


Selain itu, sustainable business juga harus bisa mengimplementasikan nilai sosial, ekonomi dan lingkungan dalam strategi bisnisnya. Setidaknya ada 3 patokan dalam sustainability bisnis. Ketiganya terangkum dalam 3P yang terdiri dari people, profit dan planet.


Tujuan dan Karakteristik Sustainable Business

Gagasan tentang sustainable business kerap dikaitkan dengan isu lingkungan. Ada yang mengatakan bahwa bisnis yang sustainable adalah bisnis yang bisa menjaga kelestarian lingkungan. Meski lingkungan tetap menjadi isu utama, tujuan dari sustainable business tidak hanya terbatas pada aspek lingkungan semata. Aspek-aspek lain, seperti hukum, ekonomi, sosial, perilaku hingga materi juga menjadi perhatian dalam sustainable business.


1. Meningkatkan Efisiensi

Tujuan dari sustainable business pada dasarnya adalah untuk menjamin kelangsungan bisnis. Untuk mewujudkan hal tersebut, salah satu cara yang bisa ditempuh adalah dengan melakukan efisiensi di beberapa lini. Efisiensi membawa dampak yang sangat besar bagi kelangsungan bisnis.


Dengan efisiensi, perusahaan dapat menghemat banyak uang dengan menekan pengeluaran yang tidak diperlukan. Dengan efisiensi, dampak buruk pada lingkungan juga berkurang. Karena itulah, efisien selalu menjadi karakteristik yang selalu bisa dijumpai di perusahaan-perusahaan yang menerapkan sustainable business.


2. Meningkatkan Keuntungan

Beberapa orang mungkin menganggap bahwa sustainable business itu mahal. Dengan menerapkan sustainability saja, biaya yang perlu dikeluarkan tidak sedikit. Jadi bagaimana mungkin praktik sustainable business dapat meningkatkan keuntungan bisnis?


Dengan menerapkan sustainable business, perusahaan pada dasarnya sudah membangun reputasi baik. Reputasi seperti ini akan mendorong kepercayaan masyarakat, bahkan menarik simpati.


Saat menerapkan praktik sustainable business, perusahaan juga akan terdorong untuk mencari alternatif bahan baku yang lebih ramah lingkungan. Bahan-bahan seperti ini umumnya sustainable dan dapat direproduksi. Dari aspek bisnis, hal tersebut tentu lebih menguntungkan dalam jangka panjang.


3. Menjaga Keberlangsungan Lingkungan

Bisnis tidak mungkin bisa berjalan jika lingkungan rusak. Agar bisa tetap berbisnis, perusahaan juga harus ikut menjaga lingkungan di mana ia menjalankan bisnisnya. Di sinilah gagasan tentang sustainable business bermuara.


Sustainable business mendorong perusahaan untuk melakukan upaya-upaya yang dapat menjaga kelangsungan bisnis dalam jangka panjang. Hal ini bisa meliputi adopsi sistem yang lebih baik, teknologi baru ataupun daur ulang limbah.


Saat perusahaan memperbaiki diri dengan mengadopsi sistem yang lebih baik ataupun teknologi yang lebih ramah lingkungan, dampak buruk terhadap lingkungan akan berkurang. Hasilnya, lingkungan pun akan lebih terjaga.


Perkembangan Sustainable Business di Indonesia

Hingga saat ini, jumlah perusahaan yang menerapkan sustainable business memang masih sedikit. Jumlahnya masih 40% atau kurang dari setengah total perusahaan yang beroperasi di Indonesia. Angka tersebut memang masih terbilang kecil.


Meski demikian, tren sustainable business di tanah air tergolong bergerak positif. Semakin banyak perusahaan yang peduli dengan praktik bisnis yang dapat memberi dampak positif bagi lingkungan, masyarakat dan karyawannya. Menurut B Corp, yakni lembaga nirlaba yang aktif mengampanyekan bisnis demi kebaikan, sebanyak 52 indikator SDGs (Sustainable Development Goals) mengalami kemajuan.


Sebanyak 18 indikator semakin membaik dan menyisakan 30% dari total 280 indikator yang perlu diperhatikan. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan dalam praktik sustainability bisnis di Indonesia.


Pentingnya Prinsip Sustainable Business

Tanpa menerapkan sustainable business, perusahaan memang bisa tetap berjalan dan mencetak keuntungan. Akan tetapi, hal tersebut tidak akan bertahan lama. Saat tidak ada nilai tambah yang diberikan pada lingkungan, masyarakat dan karyawan, fondasi yang menopang perusahaan akan semakin terkikis.


Di sisi lain, lingkungan yang rusak akibat praktik bisnis yang tidak bertanggung jawab juga bisa menjadi penyebab jatuhnya perusahaan. Praktik sustainable business sendiri tidak hanya penting untuk menjaga keberlangsungan lingkungan.


Sustainable business juga turut mempengaruhi kesuksesan bisnis. Saat gagasan ini diterapkan, reputasi perusahaan juga akan meningkat, terlebih di mata masyarakat. Dengan demikian, potensi untuk meraup keuntungan akan semakin besar.


Buat kamu yang memiliki bisnis, sustainable business bisa menjadi rencana jangka panjang atau roadmap kerja. Roadmap kerja inilah yang akan menjadi panduan dalam perencanaan dan implementasi sustainable business. Karena itu, roadmap sebaiknya dibuat dengan perspektif yang lebih luas dan jauh ke depan.


Perusahaan juga perlu membentuk tim untuk mengawal praktik sustainable business. Jika diperlukan, kamu juga bisa mengadopsi teknologi penunjang. Untuk memantau perkembangan sustainable business, komunikasikan kesuksesan kepada para pemangku kepentingan, seperti pelanggan, karyawan hingga para pemegang saham.


Prinsip sustainable business menjadi salah satu hal penting dalam perkembangan sebuah perusahaan dan dapat berpengaruh pada kesuksesan sebuah perusahaan. Nah, buat kamu yang memiliki bisnis, kamu juga bisa mendukung perkembangan bisnis kamu melalui tips-tips dan rahasia sukses bisnis bersama Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para pebisnis berpengalaman di manapun dan kapanpun.


Kamu bisa memilih beragam kelas bisnis yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.


Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

jojonomic.com/blog/sustainable-business/

hijauku.com/2012/06/19/manfaat-riil-praktik-bisnis-berkelanjutan/

cashlez.com/blog/mengenal-konsep-bisnis-berkelanjutan-yang-penting-untuk-masa-depan_691.html

trimagnus.com/sustainability-bisnis-itu-penting-mengapa/

sosial79.com/2021/10/Sustainable%20Business.html

bisniswisata.co.id/baru-40-perusahaan-adopsi-prinsip-prinsip-sustainable-business/

ekonomi.bisnis.com/read/20210531/9/1399492/manajemen-dan-tren-bisnis-berkelanjutan-kian-diminati

soocadesign.com/blog/strategi-berkelanjutan-perusahaan-di-indonesia/

beritasatu.com/ekonomi/395058/5-langkah-wujudkan-bisnis-berkelanjutan

Diakses pada: 1 Desember 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All