T

eknik copywriting masih dianggap sebagai elemen yang penting dalam strategi pemasaran. Meski awalnya disajikan dalam media tertulis, kini copywriting bisa diterapkan dalam bentuk podcast, naskah video, postingan media sosial, dan media digital lainnya yang membuat tampilannya semakin menarik. Kamu pun bisa menggunakan copywriting iklan dalam landing page, headline, meta description, artikel blog, deskripsi video online, dan iklan berbayar di Google.


Apa itu Copywriting?

Copywriting merupakan suatu metode pemasaran berupa ujaran yang mampu mengajak audiens untuk melakukan tindakan yang kamu harapkan, misalnya membeli produk, menghubungi sales, atau berlangganan newsletter. Bagian utama penulisan dalam copywriting disebut copy. Awalnya teknik copywriting diterapkan pada sales letter, advertorial, billboard, dan media pemasaran lain yang bersifat tertulis. Itulah mengapa teknik ini disebut sebagai copywriting.


Menerapkan teknik copywriting yang benar dapat meningkatkan penjualan dan trafik yang tinggi. Selain itu, copywriting pun bisa meningkatkan engagement atau keterlibatan pelanggan sekaligus membuat mereka semakin ingin tahu lebih dalam tentang brand kamu.

Ada beberapa jenis copywriting yang bisa kamu pelajari. Antara lain:


  • Direct response copywriting; teknik copywriting yang bertujuan untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen dan biasa digunakan dalam homepage, iklan media sosial, dan landing page. Misalnya berlangganan ebook, membagikan konten, mengklik tombol CTA.
  • Marketing copywriting; copywriting iklan yang menjelaskan suatu produk, mulai dari kegunaan serta bagaimana produk tersebut dapat menjadi solusi terbaik bagi penggunanya. Tujuannya yaitu untuk meyakinkan audiens agar membeli barang atau jasa yang ditawarkan. Biasanya teknik copywriting ini diterapkan di homepage dan email marketing.
  • Brand copywriting; teknik copywriting yang bertujuan untuk memaparkan identitas suatu brand dan membedakannya dengan kompetitor. Contohnya tagline atau slogan brand. Biasanya diterapkan dalam halaman “About Us” atau  logo.
  • SEO Copywriting; bertujuan untuk menarik perhatian audiens melalui konten dengan menerapkan teknik SEO. Teknik copywriting ini umumnya digunakan dalam kategori produk, landing page, dan deskripsi produk.
  • Technical copywriting; teknik copywriting yang berfokus pada memberikan informasi mendalam tentang cara kerja suatu produk. Teknik ini diterapkan dalam produk kesehatan, kecantikan, dan teknologi.


Membuat copywriting memerlukan teknik khusus agar bisa menarik perhatian calon pelanggan. Lalu bagaimana sih cara membuat copywriting yang menarik itu?


Tips Membuat Copywriting yang Menarik dan Efektif

Berikut ini ada tujuh cara menciptakan copywriting untuk meningkatkan bisnis kamu. Di antaranya:


  1. Pelajari Produk dengan Detail

Mempelajari produk atau layanan yang ditawarkan menjadi bagian dari teknik copywriting. Setelah mempelajarinya, kamu perlu menuangkan informasi yang kamu dapatkan dalam suatu deskripsi yang menarik. Caranya ketahui apa saja keunikan, fitur unggulan, dan manfaat dari produk yang kamu tawarkan. Alhasil, kamu pun bisa menciptakan copywriting iklan yang lebih menjual.


  1. Identifikasi Masalah yang Dialami Audiens

Cari tahu dulu apa sih masalah yang seringkali dialami oleh audiens atau calon pelanggan. Setelah itu, berikan gambaran situasi dan solusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Dengan menerapkan teknik copywriting ini, kamu bisa menarik perhatian audiens karena mampu menawarkan solusi dari permasalahan mereka.


  1. Gunakan Rumus 4C

Dalam teknik copywriting, kamu perlu menerapkan rumus 4C yang berarti clear (jelas), concise (ringkas), compelling (menarik), dan credible (terpercaya). Dengan adanya 4C ini, kamu bisa lebih fokus untuk membuat copy yang tepat bagi audiens. Selain itu, copywriting iklan yang kamu buat pun akan lebih jelas dan ringkas namun tetap menarik dan dapat dipercaya.

 

  1. Gunakan Teknik ‘Click Bait

Biasanya, sesuatu yang mengandung clickbait dapat menarik lebih banyak audiens. Kamu pun bisa menggunakan cara ini dalam pembuatan copywriting. Gunakan kata-kata yang dapat menarik perhatian dan membuat penasaran audiens, seperti “Sst…diskon ini khusus untuk kamu…”, “Rahasia Cepat…”.


  1. Buat Headline yang Kreatif dan Memikat

Headline atau judul yang kreatif dan memikat dapat menarik perhatian audiens pada copy yang kamu buat. Headline yang memikat tentunya didukung juga oleh konten yang menarik. Tujuannya untuk memaparkan suatu fakta atau meningkatkan rasa penasaran penikmat konten tersebut. Dengan begitu, mereka pun akan melakukan tindakan yang sesuai dengan keinginanmu.


  1. Gunakan Kalimat Persuasif

Teknik copywriting yang benar selalu diakhiri dengan kalimat persuasif berupa ajakan untuk melakukan suatu aksi. Aksi tersebut berupa berlangganan newsletter, membeli produk, atau membagikan konten. Ajakan ini dapat kamu tuangkan dalam CTA atau call-to-action yang berupa tombol, formulir, atau banner.


Namun, untuk menarik minat audiens, kamu juga perlu menawarkan sesuatu jika mereka melakukan aksi yang kamu harapkan. Misalnya mendapatkan konten premium gratis selama 30 hari atau tawaran diskon khusus.


  1. Tulis Copy yang Berkualitas

Selain headline, copy atau bagian utama penulisan juga menjadi bagian yang penting. Kamu bisa membuat copy yang berkualitas dengan menggunakan kalimat atau kata yang sederhana dan mudah dipahami oleh audiens. Copy tersebut juga perlu memaparkan manfaat dan solusi bagi audiens.


Teknik copywriting menjadi bagian penting dalam strategi pemasaran. Dengan copywriting yang berkualitas, kamu pun mampu menarik minat audiens untuk melakukan tindakan yang diharapkan.


Nah, buat kamu yang tertarik untuk menjadi copywriter atau sedang bergelut di dunia copywriting, kamu bisa mendapatkan tips dan rahasia sukses lainnya dalam hal copywriting di Kuncie yang akan membantu kamu untuk belajar dari para ahli yang berpengalaman di manapun dan kapanpun.


Kamu bisa memilih beragam kelas yang sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa bertemu banyak orang dan memperluas networking.


Yuk, dapatkan kunci sukses kamu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

accurate.id/marketing-manajemen/copywriting-adalah/

glints.com/id/lowongan/teknik-copywriting/#.YXuo355BzIU

Diakses pada: 15 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All