S

aat ini keberadaan makanan tidak hanya berfungsi sebagai pengisi perut dikala lapar saja. Perkembangan teknologi yang begitu pesat menjadikan makanan sebagai salah satu objek seni menarik untuk difoto dan diunggah ke media sosial, khususnya Instagram. Tak hanya itu, smartphone yang semakin maju dengan kualitas kamera yang lebih baik dan teknik foto yang tidak terlalu rumit menjadikan siapa pun bisa terjun dalam food photography.

Saat ini pun food photographer menjadi profesi paling dicari oleh pebisnis kuliner  yang dapat mendatangkan keuntungan besar. Hal ini membuat banyak food photographer berlomba-lomba menghasilkan foto Instagramable dengan teknik foto tertentu supaya dapat dilirik oleh pebisnis kuliner. Tidak hanya jenis fotografi lainnya, food photography pun mempunyai teknik foto tertentu agar foto makanan yang diambil terlihat Instagramable.

Lantas bagaimana sih cara memfoto produk kuliner yang kamu jual dengan mudah untuk menaikan nilai jual? Dengan menerapkan tips teknik foto berikut ini, kamu hanya perlu menggunakan smartphone saja untuk menghasilkan foto yang instagramable.

  1. Tentukan Posisi Tempat Pengambilan Foto

Teknik foto pertama yang perlu diketahui adalah menentukan di mana kamu akan mengambil food photography sebagai latar belakang. Hai ini dapat menjadikan hasil dari foto makanan kamu semakin indah dan menarik untuk dilihat. Carilah latar belakang yang terlihat natural atau sederhana supaya foto yang diambil terlihat natural dan menarik untuk dilihat.

  1. Siapkan Makanan yang Akan Kamu Foto

Tentunya kamu perlu menyiapkan makanan yang akan kamu foto sebagai objek utamanya. Tanpa adanya objek makanan, maka food photography tidak akan pernah terjadi. Selain itu, porsi makanan yang menjadi objek foto pun harus disiapkan karena teknik foto yang satu ini sangat mempengaruhi keindahan dalam food photography. Semakin sedikit porsi makanan yang dihidangkan akan semakin lebih baik foto makanan yang kamu ambil.

  1. Siapkan Dekorasi Pendukung

Teknik selanjutnya adalah dengan menyiapkan dekorasi pendukung misalnya sendok kayu ataupun alas meja agar mempercantik hasil foto. Jika foto yang kamu ambil hanya menggunakan objek makanan saja, foto tersebut akan terlihat sepi dan monoton.

  1. Memanfaatkan Pencahayaan Alami dengan Baik.

Teknik foto yang satu ini menjadi salah satu hal penting untuk hasil foto yang semakin lebih baik, yaitu pencahayaan alami. Pencahayaan alami yang baik untuk food photography adalah cahaya di pagi hari atau sore hari. Umumnya kamera yang ada pada smartphone akan menghasilkan gambar lebih baik apabila cahaya sedikit gelap. Hindari menggunakan flash karena hasil foto akan menjadi lebih terang dan susah untuk diedit.

  1. Gunakan Lembaran Kertas Putih Untuk Pantulan cahaya

Pencahayaan yang terlalu banyak dari satu arah akan membuat bayangan menjadi gelap. Gunakan lembaran kertas putih untuk mengurangi bayangan tersebut. Teknik foto ini akan menjadikan cahaya dari hasil food photography kamu menjadi lebih lembut.

  1. Gunakan Lensa Wide atau Mode Portrait

Teknik foto selanjutnya agar hasil foto kamu menjadi lebih lezat adalah dengan memanfaatkan lensa wide atau mode potrait. Kamu bisa menggunakan kedua mode tersebut tergantung dari angle, tema atau komposisi yang kamu inginkan agar bisa terlihat jelas detailnya.

  1. Gunakan Teknik Kanan-Kiri-Belakang (KKB)

Teknik foto ini merupakan pengambilan foto dengan jarak 9 cm dari arah kanan, 3 cm dari arah kiri, dan 12 cm dari arah belakang. Jarak ini dapat berubah sesuai dengan ketajaman dari cahaya yang didapatkan. Hindari menggunakan kamera depan agar hasil foto kamu lebih menarik.

  1. Pengambilan Gambar Dari Atas

Teknik foto untuk pengambilan gambar paling tepat adalah dari atas supaya hasil foto kamu terlihat lebih lezat. Kamu juga bisa menyesuaikan angle pengambilan barang dengan jenis makanan yang ada. Jika objek foto makanan kamu adalah burger, maka posisi pengambilan foto paling tepat adalah dari samping agar terlihat kelezatan makanannya.

  1. Menggunakan Fitur Grid yang Tersedia pada Smartphone

Dengan melihat gridlines, kamu bisa membagi objek yang akan kamu ambil secara lebih proporsional. Manfaatkan fungsi grid yang ada di smartphone kamu sebagai teknik foto untuk menghasilkan foto produk makanan yang instagramable.

  1. Manfaatkan Aplikasi Edit Foto

Teknik foto terakhir yang perlu kamu ketahui adalah dengan memanfaatkan aplikasi editing seperti, Lightroom, Photoshop, dan aplikasi editing lainnya. Sempurnakan hasil foto yang telah diambil menggunakan aplikasi-aplikasi tersebut. Dengan begitu hasil foto yang kamu ambil dapat terlihat lebih menarik. Warna yang terlihat pun akan terlihat lebih tajam dan dapat memanjakan mata.

Itulah 10 teknik foto yang perlu kamu ketahui dalam food photography. Tidak perlu menggunakan kamera profesional, kamu cukup menggunakan smartphone untuk menghasilkan foto makanan yang menarik dan instagramable.

Buat kamu yang sedang menjalankan bisnis makanan dan ingin showcase beragam jualan kuliner yang kamu miliki, kamu bisa mendapatkan beragam trik dan rahasianya untuk mendukung kesuksesan bisnismu melalui Kuncie. Tidak hanya teknik foto, tetapi kamu juga bisa mendapatkan beragam tips dalam berbisnis langsung dari para pakar bisnis dan ahli di bidangnya.

Ada beragam kelas bisnis yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif, dan bisa kenalan dengan pemilik bisnis lainnya.

Yuk, dapatkan kunci sukses untuk bisnismu bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kamu bisa langsung kunjungi halaman website Kuncie atau download aplikasinya untuk akses ke kelas-kelas yang kamu butuhkan!



Referensi:

99.co/blog/indonesia/tips-foto-makanan-instagramable/

rumah.com/panduan-properti/foto-makanan-34094

foto.co.id/10-tips-jitu-untuk-menghasilkan-food-photography-yang-keren/

Diakses pada: 8 November 2021


Posted 
 in 
Bangun Bisnis
 category

More from 

Bangun Bisnis

 category

View All