Kamu baru lulus kuliah dan sedang mencari kerja? Selain mental siap berjuang, ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan biar usaha kamu mendapatkan sumber mata pencaharian ini lebih mulus. Nah, salah satu hal yang penting banget kamu siapkan untuk dapat pekerjaan adalah Curriculum Vitae alias CV.

Baca Juga: Hal Yang Harus Diperhatikan Dalam Persiapan Masuk Ke Dunia Kerja

Mungkin kamu merasa nilai akademismu masuk kategori aman. Pengalaman organisasi juga nggak asal-asalan, tapi kalau hal ini nggak bisa kamu tuangkan ke dalam CV dengan baik, jangan heran kamu nggak dilirik!

Sebaliknya, kalau CV kamu oke, seenggaknya kamu udah maju selangkah lebih dekat menuju perusahaan atau pekerjaan yang kamu impikan.

Sekadar Info aja nih, kadang HRD (Human Resources Development) cuma butuh waktu 15 detik buat nentuin apakah CV kamu layak untuk diproses atau tidak. Nah, biar kamu nggak di-skip pas proses screening, yuk pelajari cara bikin CV yang menarik sebagai bahan persiapan dunia kerja di artikel ini!

Apa Itu CV?

CV yang merupakan singkatan dari curriculum vitae diambil dari bahasa latin yang artinya kurang lebih “jalan hidup”.

Dalam dunia profesional, CV berarti rangkuman riwayat hidup yang berkaitan dengan keperluan perekrutan pekerja seperti daftar pendidikan yang pernah ditempuh, kegiatan organisasi yang pernah diikuti, begitu juga dengan pengalaman kerja.

Di sini, kamu bisa memberikan informasi mengenai data pribadi berupa nama lengkap, alamat, tempat dan tanggal lahir, daftar prestasi, dan sebagainya.

Alasan Mengapa CV Penting

CV itu media kontak pertama antara kamu sebagai job seeker dan perusahaan, makanya perlu dibuat sedemikian rupa untuk menarik perhatian.

Walau tidak ada batasan baku mengenai panjang tulisan, tapi sebaiknya CV dibuat tetap ringkas atau sederhana. Terlebih pengalaman organisasi atau kerja kamu masih bisa dihitung jari. Berikut penjelasan lebih lengkap kenapa CV jadi hal yang penting: 

1.    Mempermudah Perusahaan Untuk Mengetahui Potensi Kamu

Mendapatkan posisi sesuai keinginan di perusahaan yang diimpikan itu seperti perjodohan. Nggak bisa kalau cuma satu pihak yang jatuh cinta. Perusahaan juga butuh kenal sama kamu biar bisa mengukur kecocokan.

2.    Menunjukan Kesan Pertama

Sebelum kamu dipanggil interview, rekruter akan melihat CV kamu terlebih dahulu. Pihak perusahaan secara singkat akan menilai kepribadian dari selembar kertas. Dari sini rekruter dapat melihat diri kamu meskipun belum bertemu atau melalui sesi interview.

3.    Ajang Self-Branding

Saat melamar pekerjaan, kamu bakalan bersaing dengan kandidat lain. Mereka mungkin punya latar belakang akademis dan prestasi yang setara sama kamu. Kalau kamu bisa menunjukkan dan menggambarkan keunikan yang kamu punya di CV, kesempatan kamu buat lolos ke tahapan selanjutnya lebih besar.

4.    Menunjukkan Profesionalitas

Buatlah CV yang mereprentasikan diri dan kemampuan yang kamu punya dan sesuai bidang pekerjaan yang diminati. Ini bisa jadi daya tarik dan memberikan kesan pertama positif bagi perusahaan.

Agar kelebihanmu lebih terlihat, hindari menulis kelemahanmu. Tulislah dengan jujur, tapi jangan sampai terlalu berlebihan, ya!

 

Poin yang Penting Dicantumkan dalam CV

Berikut ini merupakan beberapa poin penting yang wajib dicantumkan ke dalam CV.

1. Data Diri

Tulis informasi berupa nama lengkap, tempat dan tanggal lahir, nomor yang bisa dihubungi, serta e-mail.

2. Riwayat Pendidikan

Biasanya perusahaan butuh mengetahui catatan akademis yang kamu tempuh selama 10 tahun terakhir. Isi dengan info nama sekolah atau universitas beserta tahun pendidikan dan lokasinya.

3. Pengalaman Kerja atau Magang (jika ada)

Ini adalah poin plus yang menjadi daya tarik tersendiri bagi HRD untuk membaca CV kamu lebih lanjut. Jangan lupa cantumkan juga jobdesc atau pencapaian yang telah kamu raih di sini.

4. Prestasi atau Pencapaian Khusus

Kamu langganan ranking, punya IPK tinggi, atau pernah memenangkan lomba atau kompetisi tertentu, jangan sungkan untuk mencantumkannya. Ini bisa jadi bukti bahwa kamu adalah orang yang berdaya saing tinggi.

5. Keahlian

Kasih tau juga skill yang kamu punya dan relevan untuk bidang pekerjaan yang kamu lamar. Sekali lagi, tulis dengan jujur dan hindari melebih-lebihkan, ya.

6. Keterlibatan dalam Organisasi atau Kegiatan Sukarela

Dari sini bisa dilihat juga apakah kamu cukup terbiasa untuk bekerja dalam suatu tim atau tidak. Begitu pula dengan karaktermu yang mudah beradaptasi dengan berbagai lingkungan tertentu.

7. Riwayat Pendidikan Nonformal, Seminar, dan Sertifikasi

Ini juga bisa jadi nilai tambah bagi kamu. Nggak cuma belajar secara pasif, kamu juga aktif menggali ilmu di luar kewajiban akademis. Perusahaan bisa melihat kamu sebagai orang yang mau belajar dan berkembang bersama.

Jika kamu belum memiliki riwayat pendidikan nonformal dan sejenisnya, kamu bisa ikutan beberapa kelas yang ada di Kuncie, lho! Cek disini untuk menemukan kelas online yang sesuai dengan passionmu.

8. Minat, Hobi, dan Personal Project

Sebagai perkenalan tambahan, kamu boleh mencantumkan ketiga hal ini untuk bahan pertimbangan ekstra. Dari sini, rekruter bisa makin mendapat gambaran soal kepribadian dan niat kamu untuk bereksplorasi sesuai minatmu.

 

Tips Biar CV Kamu Menarik

Selain mencantumkan data diri secara lengkap, kamu juga wajib untuk membuat CV kamu lebih menonjol dari kandidat lainnya. Berikut ini beberapa tips agar CV kamu lebih menarik dan membuat HRD terpukau olehnya:

1.    Buat Singkat, Padat, Jelas

Masukkan data diri dimulai dari nama, alamat dan detil kontak, dilanjutkan dengan daftar riwayat hidup sesuai dengan bahasan di atas. Usahakan membut CV seringkas mungkin. Cukup 1 – 2 halaman.

2.    Buat highlight profil

Beri ringkasan mengenai pengalaman yang bisa kamu tawarkan pada posisi yang kamu lamar beserta ketertarikanmu.

3.    Sesuikan Format CV dengan Kebutuhan Perusahaan

Jika kamu mau melamar untuk bekerja di perbankan, CV yang ringkas dan formal akan lebih sesuai. Sebaliknya, melamar jadi desainer grafis, kamu mungkin bisa lebih berekspresi untuk menunjukan kreativitasmu.

Untuk pengguaan template desain demi menambah daya tarik, kamu bisa membuatnya secara online atau berkreasi sendiri menggunakan software semacam Adobe Photoshop, Canva dan sebagainya.

4.    Pilih Kata Yang Persuasif dan Powerful

Daripada memperkenalkan diri kamu sebagai “orang yang suka bekerja keras”, di mana ini bisa dianggap klise dan membosankan, kamu bisa menyebutkan diri kamu sebagai “orang yang suka belajar dan kreatif”. Hal ini memberikan kesan bahwa kamu siap diajak berkembang.

Pro Tips Agar CV-mu dilirik Rekruter

Lebih lanjut, ini adalah tips membuat CV like a pro yang membuat rekruter lebih mudah untuk menemukanmu dan tertarik untuk membaca CV yang kamu buat hingga selesai.

tips membuat CV yang menarik
  1. Sesuaikan CV pada posisi yang dilamar

Keperluan CV itu beda-beda di tiap perusahan. Kamu bisa pakai format baku untuk instansi pemerintahan, agak kasual buat perusahan yang cukup modern, hingga CV kreatif yang tentunya sesuai dengan bidang pekerjaan tertentu.

  1. Gunakan keyword yang tepat

Biar CV kamu terdeteksi secara online, sebaiknya kamu menulis keyword lebih spesifik. Misalnya, daripada menulis ‘marketing’, tulis ‘strategic digital marketing’.

  1. Beri highlight pada skill yang relevan sesuai posisi

Kamu melamar sebagai seorang marketer, skill analisis atau strategi bisa ditonjolkan dibanding kemampuan bermain photoshop.

  1. Sebaiknya hindari penggunaan akronim pada organisasi atau pengalaman

Tulis nama kampus, UKM, atau kegiatan yang pernah kamu ikuti secara lengkap. Misalnya: Universitas Indonesia, Cinematography Club, Festival Musik Indie, Koordinator Lapangan.

  1. Sertakan kontak yang lengkap

Nomor handphone dan e-mail wajib disertakan dan dicek ulang agar rekruter bisa menghubungi kamu.

  1. Cantumkan link profil Linkedin

Ini mempermudah rekruter untuk lebih mengenal kamu

  1. Pastikan tidak typo dan gunakan font basic ukuran 10 - 12 pt

Hal ini perlu dilakukan agar CV kamu makin enak dibaca

  1. Simpan dengan format pdf, doc, atau pun docx

Beberapa kantor mempunyai batasan size e-mail yang bisa terdeteksi. Sebagian HRD atau user mungkin ngecek CV kamu dari HP. Dengan format ini, CV kamu jadi lebih mudah diakses.

Gimana? Udah makin tercerahkan, ya? Semoga tulisan ini bisa membantu kamu untuk untuk bikin CV yang menarik biar rekruter mau melirik. Selamat menjemput karier impian!

Posted 
Aug 2, 2022
 in 
Dunia Kerja
 category

More from 

Dunia Kerja

 category

View All