M

enjalankan tugas sebagai seorang pemimpin memang bukan hal yang mudah. Selain harus mampu membawa perusahaan ke arah yang lebih baik, kamu juga harus bisa memimpin anggota tim untuk menuju ke arah tersebut. Tentu saja, semua itu tidak mungkin bisa dilakukan tanpa pemahaman akan arti kepemimpinan yang baik. Untuk itu, ada beberapa hal yang perlu dipahami untuk menjadi pemimpin teladan.

Susah Gampang Menjadi Seorang Pemimpin

Topik tentang pemimpin teladan memang selalu menjadi bahasan yang menarik. Saat mendengar kisah para pemimpin yang menginspirasi, ada kesan yang begitu membekas dalam hati.

Banyak yang mengagumi, bahkan tidak sedikit yang ingin mengikuti jejaknya. Namun mengingat tantangan yang harus dihadapi, banyak juga yang merasa takut untuk memilih jalan pemimpin. Pemimpin bukan sekedar pemegang pucuk kepemimpinan. Pemimpin bukan hanya sosok yang memerintah anak buah.

Seorang pemimpin harus bisa membimbing orang yang ia pimpin menuju ke tempat yang lebih baik. Meski terkadang ada rintangan dan orang yang membangkang, pemimpin yang baik selalu mendorong dirinya sendiri agar mampu mengatasi hal tersebut.

Hal-Hal Penting dari Seorang Pemimpin

Banyak yang menilai bahwa karisma adalah salah satu hal yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Meski hal tersebut tidak sepenuhnya salah, karisma sebenarnya adalah buah dari perjalanan panjang dalam menapaki jalan pemimpin.

Ada beberapa kualitas yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Seorang pemimpin harus bertanggung jawab, bisa berpikir dengan tenang, sabar dan inovatif. Selain itu, pemimpin juga harus kreatif dan penuh dengan energi positif. Ditambah dengan kejujuran, kemampuan komunikasi dan pengambilan keputusan yang baik, kamu bisa menjadi pemimpin yang baik.

Untuk mencapai kualitas yang dibutuhkan, ada satu hal harus kamu miliki. Hal tersebut adalah keinginan kuat untuk belajar hal baru. Selama kamu tidak berhenti belajar, kualitas tersebut pasti akan kamu dapatkan.

5 Tips Menjadi Pemimpin Teladan

Tidak ada cara instan untuk menjadi pemimpin teladan. Ada proses panjang yang harus dilalui hingga kualitas seorang pemimpin terbangun dalam diri seseorang. Meski demikian, ada beberapa hal yang bisa kamu coba untuk membantu membangun kualitas tersebut. Berikut tips menjadi pemimpin teladan yang bisa mulai kamu terapkan.

  1. Jadi Role Model

Pemimpin tidak bisa sekedar hanya memberi perintah. Pemimpin teladan juga harus bisa memberi contoh yang baik kepada orang-orang yang ia pimpin. Perlu diingat, pada dasarnya orang menilai dari apa yang kamu lakukan, bukan dari apa yang kamu katakan. Karena itu, kamu harus bisa mempraktekkan apa yang kamu katakan sebelum bisa memimpin orang lain.

Jadilah role model bagi orang lain. Siapapun orang yang kamu pimpin, berusahalah untuk menjadi role model bagi mereka. Role model harus bisa memberi contoh yang baik. Saat orang melihat kalau kamu benar-benar melakukan apa yang kamu katakan, orang pasti akan menghargai bahkan mau mengikuti.

  1. Jadi Pemimpin, Bukan Bos

Ada perbedaan yang sangat besar antara pemimpin dengan bos. Perbedaan tersebut bisa dilihat dari cara berpikir dan pendekatan yang dilakukan. Misalnya jika bos umumnya lebih sering memerintah, pemimpin menggunakan pendekatan dengan cara mengajak.

Jadilah pribadi seperti ini. Pahami bahwa pemimpin tidak sama dengan bos. Karena itu, kamu tidak bisa menggunakan cara-cara ala bos untuk menjadi seorang pemimpin teladan.

  1. Proaktif dan Punya Visi

Saat menjadi seorang karyawan, orang umumnya hanya mengerjakan apa yang diperintahkan. Pekerjaan-pekerjaan tersebut datang dari atasan dan harus diselesaikan sesuai dengan perintah. Untuk menjadi seorang pemimpin, kamu tidak bisa menggunakan cara berpikir yang sama. Pemimpin harus proaktif dan peka pada hal-hal yang perlu dikerjakan.

Sifat proaktif dapat membantu seorang pemimpin terhindar dari krisis. Sebelum krisis benar-benar datang, masalah tersebut bisa diatasi sebelum berubah menjadi lebih serius. Seorang pemimpin juga harus memiliki visi yang jelas. Apa yang ingin dituju, inilah yang menjadi pegangan dalam memimpin sebuah tim. Tanpa visi, tim dan perusahaan hanya akan berjalan tanpa tujuan.

  1. Jalin Hubungan Saling Menguntungkan

Seorang pemimpin tidak boleh hanya ingin menang sendiri. Ia harus bisa menjalin hubungan yang saling menguntungkan dengan bawahan. Meski tim digerakkan oleh visi seorang pemimpin, pahami juga kalau setiap individu dalam tim juga memiliki tujuannya sendiri.

Kamu harus bisa membuat bawahan merasa yakin jika apa yang mereka kerjakan untuk mencapai tujuan perusahaan juga akan membantu mereka mendapatkan apa yang mereka inginkan. Saat bawahan merasa bahwa hubungan yang terjalin adalah hubungan yang saling menguntungkan, mereka pasti mau berusaha keras untuk mencapai tujuan perusahaan.

  1. Mau Mengakui Kesalahan dan Memberikan Apresiasi

Tidak ada yang bisa luput dari kesalahan. Baik disengaja atau tidak, kesalahan pasti pernah dilakukan. Pemimpin yang baik mau mengakui kesalahan yang mereka buat. Dengan mengakui kesalahan dan berani bertanggung jawab atas kesalahan yang dibuat, hal tersebut bisa menjadi contoh yang baik bagi bawahan.

Selain mau mengakui kesalahan, seorang pemimpin juga harus bisa memberikan apresiasi kepada bawahan. Dengan memberikan apresiasi, bawahan akan merasa lebih dihargai. Semangat bekerja pun jadi lebih tinggi.

Untuk menjadi pemimpin teladan, ada proses yang harus dilalui dan beragam hal yang perlu kamu lengkapi dan pahami. Untuk itu, pada dasarnya menjadi pemimpin adalah sebuah proses pembelajaran.

Nah, untuk kamu yang ingin belajar atau ingin melengkapi dirimu dengan wawasan dan pengetahuan untuk menjadi pemimpin, kamu bisa mendapatkan rahasianya bersama Kuncie, di mana kamu bisa belajar dari para mentor berpengalaman di manapun dan kapanpun.

Kamu bisa memilih beragam kelas yang sesuai dengan kebutuhanmu, selain itu kamu juga bisa merencanakan pembelajaran yang pas, dan dapat sesi mentoring pribadi yang eksklusif. Yuk, dapatkan kunci sukses untuk menjadi pemimpin yang kamu idamkan bersama Kuncie! Untuk informasi lengkap, kunjungi halaman website Kuncie sekarang!



Referensi:

ekrut.com/media/cara-menjadi-pemimpin-yang-baik

sodexo.co.id/cara-menjadi-pemimpin-yang-baik/

smartpresence.id/blog/pekerjaan/8-hal-penting-menjadi-pemimpin-yang-baik

cermati.com/artikel/5-tips-menjadi-pemimpin-ideal-yang-disukai-bawahan

diplomatsukses.com/4-tips-leadership-untuk-menjadi-pemimpin-yang-baik

Diakses pada: 1 September 2021


Posted 
 in 
Leadership
 category

More from 

Leadership

 category

View All